Anak Sakit Kepala? Inilah 6 Penyebab Sakit Kepala Pada Anak

Anak adalah anugerah yang sangat berharga bagi orang tua dan melihat anak sakit, menjadi sebuah hal yang menyedihkan. Sakit kepala menjadi penyakit yang sering menyerang anak dan banyak orang tua yang menyepelekan penyakit sakit kepala pada anak. Ada banyak sekali penyebab anak sakit kepala dan tugas orang tua adalah dengan secepatnya mengobati sakit kepala yang dialami anak.

Anak yang mengalami sakit kepala, pasti mengalami hambatan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dan ada banyak gejala sakit kepala yang sering terjadi pada anak seperti muka yang terlihat pucat, kepala yang nyut-nyutan, mual, lesu sampai muntah. Sakit kepala harus bisa dicegah secepatnya dan para orang tua harus melakukan berbagai penelitian terhadap anak yang mengalami sakit kepala. Berikut ini adalah penyebab sakit kepala pada anak:

1. Tidak sarapan

Sarapan adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan anak setiap paginya dan dengan sarapan, kebutuhan nutrisi pada anak dapat terpenuhi dengan baik. Sarapan menjadi salah satu cara mencegah sakit kepala pada anak dan ada banyak menu sarapan sehat yang baik untuk anak. Dengan sarapan, berbagai aktivitas keseharian dapat dijalankan dengan baik dan menjauhkan berbagai penyakit yang mengintai kesehatan.

Ada berbagai makanan yang sangat cocok dikonsumsi anak-anak pagi hari seperti mengkonsumsi roti, susu, telur, daging dan buah segar. Anak yang tidak sarapan akan mudah lemas dan gampang terserang berbagai penyakit. Jangan sarapan yang berlebihan, karena bisa membuat tubuh anak jadi kenyang dan sulit melakukan aktivitas sehari-hari.

Hindari makanan yang menggunakan bahan pengawet, karena bisa menimbulkan sakit kepala pada anak dan hindari juga makanan yang mengandung soda, kopi dan cokelat. Beri perhatian pada anak, agar anak terjaga dari berbagai gangguan dan berikan makanan terbaik pada anak, agar terhindar dari penyakit yang berbahaya. Pola sarapan harus dilakukan secara rutin, agar kesehatan terjaga dengan baik.

2. Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi kekurangan air dalam tubuh dan kondisi ini tidak boleh terjadi pada anak, karena memudahkan berbagai penyakit masuk ke tubuh anak. Hindari dehidrasi dengan minum air putih secara rutin dan penuhi asupan cairan maksimal setiap harinya. Air putih menjadi salah satu jenis air yang baik untuk kesehatan dan tidak akan menimbulkan efek samping.

Anak yang aktif akan mudah mengalami dehidrasi dan anak dehidrasi akan mudah terserang sakit kepala. Sakit kepala pada anak terjadi akibat otak kekurangan pasokan oksigen dan sakit kepala akan membuat anak menjadi gelisah. Orang tua harus memiliki solusi tepat untuk mengatasi anak yang sakit kepala dan jangan biarkan anak mengalami dehidrasi.

Saat anak pergi ke sekolah, sebaiknya bekali anak air minum dalam botol dan ingatkan anak tentang pentingnya minum air putih. Jangan biarkan anak merasa haus saat lagi olahraga dan selalu penuhi cairan tubuh anak dengan air putih, jangan minum air yang menggunakan gula buatan. Air kemasan yang sudah diberi rasa, memiliki efek samping bagi kesehatan dan bisa membuat sakit kepala berlebih pada anak.

3. Stres

Stres juga bisa menyebabkan anak sakit kepala dan kondisi stres pada anak bisa terjadi akibat penumpukan tugas sekolah, mendapat hinaan, berkelahi, melakukan kesalahan, berbohong dan berbagai kondisi negatif lainnya. Memberikan suasana yang menarik di rumah, akan membuah anak senang dan nyaman berada di rumah.

Stres menjadi salah satu pemicu sakit kepala pada anak an stres menjadi penyakit yang sangat berbahaya bagi anak. Kondisi mental anak yang tidak sekuat orang dewasa, akan membuat anak sakit kepala berkepanjangan dan hal ini sangat merugikan dirinya sendiri. Jangan terlalu mudah menyuruh anak untuk mengkonsumsi obat, saat mengalami sakit kepala dan tenangkanlah pikiran anak dengan kata rayuan yang membuat anak luluh.

Saat kondisi anak sedang sedih atau kesepian, anak pasti mengalami fase sakit kepala dan hal ini bisa dihindari dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Ada banyak kegiatan seru yang biasa dilakukan anak-anak seperti bermain ayunan, bermain kucing-kucingan dan berbagai permainan anak lainnya. Jauhkan anak dari sakit kepala dan jangan biarkan anak mengalami sakit kepala dalam waktu yang lama.

4. Infeksi

Infeksi pada anak sering kali terjadi, karena anak rentan terhadap berbagai jenis penyakit dan ada banyak infeksi yang biasa menyerang anak seperti flu, pilek, sinus serta infeksi jenis lainnya. Infeksi yang terjadi pada anak seringkali menimbulkan sakit kepala dan kondisi ini seringkali membuat anak lemas serta cemas dalam melakukan berbagai aktivitas keseharian.

Infeksi bisa dicegah dengan melakukan pola hidup sehat dan menjauhkan anak dari kegiatan kotor seperti bermain di area penuh debu, bermain di area penuh polusi serta bermain di area yang penuh sampah. Infeksi pada anak tidak boleh dianggap sepele, karena bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya lainnya dan infeksi harus diatasi dengan cepat, agar anak tidak mengalami sakit yang menahun.

5. Cedera kepala

Kepala adalah bagian penting dari tubuh manusia dan kepala menjadi pusat manusia untuk berfikir. Kepala anak-anak memiliki kondisi yang lebih lunak, sehingga mudah terkena luka dan kepala anak sensitif terhadap berbagai benturan. Cedera di bagian kepala, menjadi salah satu penyebab anak mengalami sakit kepala dan luka pada kepala, harus ditanggani dengan cepat ke dokter ahli.

Ada beberapa faktor yang seringkali menjadikan anak cedera di kepala seperti terjatuh saat bermain, benturan keras dan berbagai kejadian lainnya. Sebaiknya saat anak mengalami benturan, jangan langsung panik dan tenangkan anak terlebih dahulu dengan pelukan hangat orang tua. Apabila cedera di kepala anak terlihat parah, sebaiknya segera periksakan kondisi ke dokter ahli.

6. Tumor

Tumor adalah penyakit yang sering terjadi pada masyarakat Indonesia dan banyak yang berpendapat bahwa tumor adalah pendarahan di bagian kepala. Tumor bisa terjadi pada anak-anak dan faktor utama tumor pada anak adalah faktor keturunan. Tumor pada anak akan menimbulkan sakit kepala dan anak akan mengalami kehidupan yang kurang sehat. Apabila melihat tumor pada anak, segeralah periksakan kondisi ini pada dokter.

Tumor juga bisa menimbulkan sakit kepala kronis dan sakit kepala yang disebabkan tumor biasanya tidak berdiri sendiri, karena selalu ada gejala lain yang terjadi. Anak yang mengalami tumor, akan mengalami gejala sakit kepala selama beberapa hari dan mengalami gangguan kesehatan. Sebaiknya orang tua bersikap tenang dan tidak membuat anak khawatir terhadap penyakitnya.

Pada kasus yang jarang, tumor atau perdarahan di otak dapat menyebabkan sakit kepala kronis, dan ini bisa terjadi pada anak. Walaupun demikian, sakit kepala yang mengarah ke tumor biasanya diikuti dengan gejala lainnya, seperti gangguan penglihatan dan sensasi pusing selama berhari-hari.

Demikian ulasan mengenai penyebab sakit kepala pada anak dan semoga artikel ini memberikan informasi terbaik bagi para pembacanya.

Artikel Terkait


Brain Food, Makanan untuk Kecerdasan Otak Anda

Ini Dia 8 Racikan Jamu Tradisional yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

7 Cara Mudah Dan Alami Ini Ternyata Dapat Mengencangkan Kelopak Mata Atas

Ini Dia Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat dan Aman

Ini Dia 7 Tips Untuk Mencegah dan Mengusir Nyamuk

9 Pantangan Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Ibu Selama Masa Kehamilan

Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Baik dan Sehat Untuk Dikonsumsi

Sulit Tidur Meskipun Tubuh Lelah? Ini 8 Tips Sederhana Untuk Mengatasinya

15 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Berikut ini Beberapa Cara untuk Meningkatkan Kesuburan Secara Alami

Olahraga yang Wajib Anda Coba untuk Menurunkan Berat Badan

Ini Dia 6 Tips Hilangkan Sakit Kepala Akibat Stres


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.