9 Pantangan Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Ibu Selama Masa Kehamilan

https://successiblelife.com/what-to-eat-and-what-not-to-eat-during-pregnancy/

Selama masa kehamilan, sudah seharusnya seorang ibu hamil emmenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan-makanan bergizi. Tentunya ibu ingin memberikan yang terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungannya. Karena itulah penting bagi ibu-ibu hamil untuk pintar memilih makanan yang dikonsumsi sehari hari. Mengingat setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu akan sangat berpengaruh bagi anak. Jika sampai anda mengkonsumsi makanan yang salah, bukan tidak mungkin jika ini akan berbahaya bagi janin di dalam kandungan. Ada beberapa pantangan makanan yang wajib dihindari oleh ibu hamil karena membahayakan untuk janin di dalam kandungan. Apa sajakah itu? berikut ini daftarnya yang perlu anda ketahui. 

1. Ikan Dengan Kandungan Merkuri Tinggi

img source: nongsanngon.com.vn

Salah satu pantangan makanan yang wajib dihindari oleh ibu selama masa kehamilan adalah beberapa jenis seafood. Meskipun ikan serta hewan laut lainnya merupakan sumber protein yang kaya akan omega-3, namun bahan-bahan makanan tersebut juga mengandung merkuri yang membahayakan. 

Sebenarnya hampir semua ikan serta hewan air memiliki kandungan mermuri. Karena senyawa kimia ini merupakan jenis limbah yang cukup banyak mencemari perairan. Namun terdapat jenis ikan-ikan tertentu yang memiliki kandungan merkuri cukup tinggi. Dan jenis ikan yang tinggi akan kandungan merkuri inilah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Seperti ikan Tuna Bigeye, ikan hiu, ikan makarel raja, ikan tuna sirip kuning, dan ikan todak atau pedang. 

Jenis seafood lainnya yang cukup umum di Indonesia dan memiliki kadar merkuri tinggi adalah salmon, tuna, udang, lele, sarden, ikan nila, ikan trout, dan ikan bilis. Semakin besar ukuran dari ikan tersebut, maka akan semakin tinggi pula kadar merkuri di dalamnya. 

Kadar merkuri tinggi dalam sebuah makanan bis amenyebabkan gangguan perkembangan otak janin dalam  kandungan. Akan lebih baik untuk membatasi konsumsi makanan laut, maksimal 2 kali saja per minggu. 

2. Daging Setengah Matang

img source: bukalapak.com

Meskipun daging merupakan salah satu sumber protein terbaik, namun jika tidak diolah dengan baik akan sangat berbahaya jika dikonsumsi ibu hamil. Seperti misalnya steak, mungkin sebagian orang senang dengan steak yang dimasak dengan tingkat kematangan medium rare. Namun inilah yang harus dihindari oleh ibu hamil. Daging yang kurang matang saat dimasak kemungkinan masih terkandung parasit toksoplasmosis yang sangat berbahaya bagi janin dalam kandungan. 

Tak hanya daging sapi saja, namun daging babi dan unggas yang dimasak hanya setengah matang saja juga menjadi pantangan makanan bagi ibu hamil. Lebih baik untuk memasak daging hingga matang sempurna, sampai kering serta tidak memiliki cairan merah di dalamnya. Jika perlu anda bisa menggunakan termometer untuk memasak sehingga tingkat kematangan daging bisa dipastikan. 

3. Telur Setengah Matang

Telur mata sapi dan telur rebus setengah matang ataupun hanya 3/4 matang adalah makanan lainnya yang wajib dihindari bagi ibu hamil. Mengapa? Hal ini karena telur yang belum matang sempurna serta masih terdapat bakteri Salmonella aktif bisa menginfeksi ibu hamil. 

Infeksi Salmonella ini bisa menyebabkan ibu mengalami muntah dan diare. Bahkan pada beberapa kasus dilaporkan jika bakteri salmonella bisa menyebabkan infeksi pada cairan ketuban. Meskipun infeksi ini jarang terjadi, namun kondisi ini dapat serius dan menjadi penyebab keguguran. 

Bagi janin, infeksi bakteri Salmonella juga dapat membahayakan. Salmonella bisa menembus plasenta dan kemudian menginfeksi janin. Akan lebih baik untuk memasak telur hingga benara-benar matang, sampai bagian putih dan kuning telur memadat. 

4. Sushi

img source: masakapahariini.com

Seperti penjelasan sebelumnya, makanan yang mentah ataupun setengah matang menjadi salah satu pantangan makanan bagi ibu hamil. Begitu pula untuk sushi maupun sashimi, akan lebih baik untuk menghindari makanan seperti ini selama masa kehamilan. Seafood mentah ataupun yang hanya dimasak setengah matang saja bisa membahayakan janin dalam kandungan karena kemungkinan masih terdapat cacing parasit di dalamnya. 

5. Keju Lembut

Mengkonsumsi keju lembut selama masa kehamilan bisa berakibat buruk bagi ibu hamil. Kemungkinan keju tersebut masih mengandung bakteri listeria yang bisa menyebabkan infeksi. Varian keju seperti keju biru denmark, gorgonzola, keju susu kambing, keju Camembert, Keju Brie, dan lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil. Jika ingin makan keju, akan lebih baik memilih keju keras yang telah melalui pasteurisasi atau proses mematikan organisme yang merugikan seperti bakteri. Konsumsi keju cheddar dan parmesan bisa menjadi opsi yang terbaik. 

6. Susu Yang Tidak Melalui Pasteurisasi

Meskipun susu adalah minuman yang sehat dan bahkan mampu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan ibu selama masa kehamilan. Namun susu hewani yang belum melalui proses pasteurisasi bukanlah makanan dan minuman yang direkomendasikan bagi ibu hamil. Susu yang tidak mengalami proses pasteurisasi bisa menyebabkan keracunan, karena masih terdapat kandungan bakteri yang ada di dalamnya. Karena itulah hindari mengkonsumsi susu murni mentah, baik itu susu sapi maupun kambing. Susu yang sehat dan diperbolehkan bagi ibu hamil adalah jenis susu pasteurisasi yang telah melalui proses pemanasan. 

7. Buah dan Sayuran Segar

img source: orbitdigitaldaily.com

Buah dan sayuran yang masih segar memang menyehatkan untuk dikonsumsi. namun jika tidak dicuci bersih, tentunya masih ada kandungan bakteri seperti Salmonella dan E.coli yang dapat membahayakan ibu hamil. Meskipun anda ingin mengolahnya sebagai jus, namun sayur dan buah yang akan dikonsumsi haruslah dicuci bersih. Cuci sayuran dan buah dengan air mengalir dan usap perlahan agar menghilangkan kandungan buruk yang ada di permukaan sayur dan buah. Jika perlu anda bisa menggunakan pembersih khusus agar memastikan kesterillannya. 

8. Kafein

Kafein menjadi pantangan makanan selanjutnya yang tidak diperbolehkan dikonsumsi bagi ibu hamil. Sebab kafein bisa menembus plasenta dan menyebabkan gangguan terhadap detak jantung bayi. Beberapa penelitian telah menemukan fakta jika mengkonsumsi kafein dalam jumlah tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan resiko keguguran, bayi lahir mati, dan berat badan bayi rendah saat lahir. Meskipun perlu dilakukan penelitian lanjutan, akan tetapi sebaiknya anda membatasi konsumsi kafein bahkan tidak sama sekali seperti kopi, teh, minuman berenergi, dan minuman bersoda selama kehamilan. 

9. Alkohol

sebenarnya tak hanya ibu hamil saja, bahkan orang biasa pun juga dapat mengalami dampak buruk saat mengkonsumsi alkohol. Ibu hamil yang mengkonsumsi alkohol bisa memiliki resiko tinggi mengalami keguguran hingga bayi lahir mati. Meskipun bukan makanan, namun alkohol menjadi pantangan makanan yang wajib dihindari ibu hamil karena bisa menyebabkan fetal alcohol syndrome. Dimana ini bisa menyebabkan kalinan bentuk wajah, keterbelakangan mental, dan kelainan jantung pada anak. 

Nah itu tadi beberapa daftar pantangan makanan yang wajib dihindari oleh ibu hamil. Sudah sebaiknya jika ibu benar-benar memilih makanan terbaik selama masa kehamilan karena berpengaruh besar bagi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalamnya. 

 

Artikel Terkait


Ini Dia 10 Tips Pola Hidup Sehat Bagi Orang yang Sibuk

Jangan Sampai Salah! Beginilah Cara Merawat Wajah Yang Baik Dan Benar

Tips Sehat Agar Mendapat Tidur yang Berkualitas

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anda Di Musim Pancaroba

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

Mengenal Angin Duduk, Penyebab, Dan Cara Mengobatinya

Ini Dia 8 Racikan Jamu Tradisional yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Beberapa Hal dalam Diri Kita yang Paling Mempengaruhi Kesehatan

Ini Dia 6 Tips Hilangkan Sakit Kepala Akibat Stres

Inilah 10 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ini Dia Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat dan Aman

7 Penyebab dan Cara Mencegah Mata Minus Pada Remaja


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.