9 Kriteria Mobil yang Cocok untuk Taxi Online

Apakah Anda sedang mencari kriteria mobil yang cocok untuk taxi online? Kendaraan roda empat seperti apa yang layak untuk ikut bekerja sebagai driver dari jasa angkutan online, seperti Gocar dan Grabcar?

Sebelum membahas mengenai mobil-mobil seperti apa yang cocok dan layak dipakai. Mari ulas lebih dulu mengenai bagaimana fenomena taxi online di Indonesia. Serta sekilas profil dan perbandingan perusahaan Gojek dan Grab yang bergerak di Indonesia.

kriteria mobil untuk taxi online

img source: metro.sindonews.com

Fenomena Taxi Online di Indonesia

Taxi Online menjadi sebuah fenomena transportasi publik dewasa ini. Ini adalah gejala sosial yang sangat mengejutkan, setidaknya untuk wilayah Indonesia. Bahwa ternyata, masyarakat Indonesia sangat antusias menyambut kiprah taksi-taksi online itu. Bahkan tiap pengguna jasa ini memiliki kriteria mobil yang cocok untuk taxi online tersendiri.

Padahal Indonesia terkenal sebagai negara dengan pemilik kendaraan pribadi yang sangat besar. Masing-masing keluarga di Indonesia memiliki minimal 1 kendaraan roda dua dan 1 mobil. Bahkan banyak yang lebih dari itu.

Kepemilikan kendaraan pribadi logisnya berimplikasi pada tingkat pertumbuhan armada transportasi publik yang lebih sedikit. Tapi kenyataan mulai berbanding terbalik. Walau orang-orang punya kendaraan pribadi, mereka sangat senang naik ojek online atau taxi online.

Mengapa? Tentu ini tak lain karena kemacetan parah yang terjadi kota-kota di Indonesia. Inilah celah besar yang dimainkan para perusahaan angkutan online. Mereka berusaha menawarkan sensasi berkendara tanpa macet. Walaupun mungkin ini berlaku hanya untuk ojek online saja. Karena kriteria mobil yang cocok untuk taxi online kan sama saja tidak bisa mengurai kemacetan.

Tapi setidaknya keberadaan perusahaan seperti Gojek, Grab dan Uber sangat membantu mengurai kemacetan di kota-kota besar di Indonesia. Ya, perusahaan-perusahaan ini memang masih bermain di kota-kota yang ramai begitu.

Selain faktor kemacetan, banyak orang memilih pakai taxi online karena lebih praktis dan murah. Mau pesan taxi, tinggal lewat aplikasi saja. Dan saat mau bayar bisa memilih metode tunai atau pakai e-currency seperti Gopay dan Ovo.

Pada artikel ini akan membahas dengan lebih terfokus pada layanan Taxi Online saja. Artinya adalah jasa angkutan online yang menggunakan armada berupa mobil. Seperti layanan Gocar dan Grabcar. Dan pada sub bab terakhir akan dibahas mengenai kriteria mobil yang cocok untuk taxi online.

Profil dan Perbandingan Layanan Taxi Online dari Gojek dan Grab

Gojek dan Grab adalah rival dalam hal bisnis taxi online. Armada angkutan online mereka jumlahnya sangat banyak dan tersebar di hampir seluruh kota besar di Indonesia.

Barangkali satu-satunya perbedaan mendasar dari mereka adalah manajemen perusahaannya. Gojek dianggap produk lokal, sedang Grab dipandang produk impor.

Tapi keduanya sama-sama memiliki customer fanatik yang tiap hari menggunakan berbagai layanan mereka melalui aplikasi smartphone.

Untuk membandingkan kriteria mobil yang cocok untuk taxi online agak sulit. Apalagi untuk membandingkan kualitas pelayanan dan tarifnya. Sebab dibutuhkan riset statistik di masing-masing lokasi.

Di mana kedua perusahaan taxi online ini mungkin saja kalah di kota A, namun menang di kota B. Untuk itulah dibutuhkan sebuah materi yang setara untuk dibandingkan.

Maksudnya sesuatu yang indikator dan variasi nilainya tidak akan berubah karena perbedaan lokasi.

Apa itu? Tentu ada pada aplikasinya sendiri. Fitur-fitur pemesanan Taxi Online yang ada pada aplikasi Gojek dan Grab, itulah yang seharusnya dinilai untuk mengamati bagaimana kedua perusahaan ini berbeda dan bersaing.

Dan untuk urusan kriteria mobil yang cocok untuk taxi online, baik Gocar maupun Grabcar memiliki kesetaraan dan kesamaan jenis. Mereka menghendaki driver-drivernya menggunakan armada mobil yang bagus, dilengkapi surat dan nyaman untuk para pengguna jasa.

Kriteria Mobil yang Cocok untuk Taxi Online

Akhirnya masuk juga ke sub bab pembahasan tentang kriteria mobil ini. Setidaknya ada 10 kriteria yang akan dibahas untuk membandingkan antara Taxi Online Go Car maupun Grab Car.

1. Menggunakan Mobil yang Layak Pakai

Bicara tentang layak pakai, maka indikator paling utama adalah keamanan. Jadi pastikan driver taxi online menggunakan armada mobil yang safety. Kemudian juga harus nyaman dan terkesan bagus.

Bisa dibilang, kebanyakan taxi online sudah memenuhi kedua kriteria layak pakai ini. Biar bagaimana pun, driver taxi online memang biasanya menggunakan mobil pribadi mereka untuk melayani penumpang. Makanya mobilnya jadi bagus-bagus dan terawat.

2. Tidak Boleh Memakai Mobil Tua, Tahun Produksi Mobil Ditentukan

Perusahaan Gojek mensyaratkan bahwa mobil yang berhak untuk didaftarkan oleh driver adalah jenis mobil yang diproduksi minimal tahun 2012. Sedangkan Grab tahunnya berada di kisaran 2011 ke atas. Namun khusus untuk Jakarta harus 2013. Dan kota-kota besar wajib 2012.

Jadi untuk nilai amannya, kriteria mobil yang cocok untuk taxi online adalah mobil-mobil keluaran tahun 2012. Untuk mereknya sendiri tidak dibatasi, selagi merupakan merek-merek yang legal dan lazim beredar di Indonesia.

3. Ada Nilai Minimal Kapasitas Mesin

Untuk kapasitas mesinnya, baik Gocar maupun Grabcar mensyaratkan agar minimal 1000 cc dan maksimalnya hanya 2000 cc. Jadi memang mobil-mobil keluaran 2012 itu biasanya sudah masuk ke dalam kriteria ini.

4. Merupakan Mobil yang Diasuransikan

Driver taxi online wajib memiliki asuransi mobil dan asuransi kecelakaan. Untuk program asuransi mobil ini biasanya diakomodir oleh perusahaan Gojek dan Grab. Namun bila sang driver sudah memiliki asuransi, maka tinggal diserahkan saja buktinya.

5. Memiliki BPKB

Sebenarnya BPKB ini hanya untuk jaga-jaga saja. Sebagai berkas bahwa mobil yang dipakai untuk taxi online benar-benar mobil pribadi dan tidak terlibat dalam suatu perkara hukum alias mobil bodong.

6. Driver Memiliki SIM yang Lengkap

Tentu saja menjadi driver online, maka kriteria mobil yang cocok untuk taxi online hanya bisa dipenuhi bila sang driver punya surat ijin mengemudi. Jadi pastikan SIM aktif.

7. Driver Tergabung Secara Resmi dan Memiliki Akun Resmi dari Perusahaan Gojek dan Grab

Jual beli akun Grabcar dan Gocar sangat marak terjadi. Apalagi semenjak ada pembatasan mengenai kuota driver sehingga pendaftaran kerap ditutup. Namun alangkah baiknya jika driver punya akun atas nama dirinya sendiri.

8. Lolos Uji KIR

Driver harus memiliki bukti bahwa kendaraannya telah lolos uji KIR di kepolisian. Kriteria mobil yang cocok untuk taxi online tak ubahnya kendaraan umum lainnya yang memang butuh uji KIR.

9. Memilih Jenis Mobil yang Menguntungkan

Setidaknya ada 4 jenis mobil yang berpotensi menguntungkan, yakni jenis-jenis mobil yang memang menjadi aturan, seperti jenis mobil MPV, SUV, sedan dan hatchback.

Untuk mereknya tentu bermacam-macam. Tapi jika ingin mendapatkan keuntungan, maka model MPV dan SUV sepertinya yang paling cocok untuk taxi online.
Karena percaya atau tidak, penumpang taxi online kebanyakan berjumlah rombongan.

Jadi mobil harus sedikitnya mampu menampung minimal 4 orang. Maka memang model MPV dan SUV yang paling menguntungkan dan cocok.

Artikel Terkait


6 Kendaraan yang Lazim Digunakan di Kota London, Inggris

Sejarah Vespa, Scooter Piaggio yang Tak Lekang Usia

Pengertian Otomotif: Ruang Lingkup, Cabang Ilmu, Teknik dan Sistemnya

Deretan Mobil Bekas Terbaik yang Bisa Anda Beli Dibawah 100 Juta

Catatan Penting yang Harus Diketahui Saat Beli Mobil Lewat Lelang

Cara Terbaik Merawat Aki Motor Agar Lebih Awet

11 Jenis Ban Mobil Terbaik Untuk Melengkapi Performa Dengan Harga Terjangkau

Cara Ampuh Merawat Mobil Supaya Tidak Sering Masuk Bengkel

13 Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Tahun 2019

6 Vespa Matic Termahal di Indonesia, Harganya Ratusan Juta

10 Rekomendasi Helm Stylish Untuk Perlindungan Saat Berkendara


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.