7 Wisata Pura Populer di Bali yang Wajib Dikunjungi

Photo source : instagram.com/thatbenhaller

Bali memiliki julukan pulau seribu pura. Wisata pura pun menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata Bali. Rasanya ada yang kurang jika belum mengunjungi pura saat liburan ke Bali.

Beberapa pura menjadi populer sebagai objek wisata karena keunikan dan kekhasan arsitekturnya. Ada pula yang terkenal karena pemandangan pura yang indah.

Anda yang sedang merencanakan liburan ke Bali ada baiknya memasukkan wisata pura ke dalam daftar. Berikut kami rangkum 7 wisata pura populer yang ada di Bali.

1. Pura Besakih

Pura terbesar di Bali ini menjadi tujuan nomor satu wisatawan yang tertarik dengan wisata religi. Pura Besakih juga disebut dengan Pura Agung Besakih, berada di kaki Gunung Agung, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Pura Besakih dibangun pada abad ke 8 dan terdiri dari 22 kompleks pura. Semua pura yang ada di Pura Besakih terpusat pada Penataran Agung. Pura Besakih secara garis besar terdiri dari tujuh mandala dan setiap mandala memiliki fungsi masing-masing sebagai tempat pemujaan.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua pura di Pura Besakih boleh dikunjungi wisatawan. Ada pura yang memang hanya boleh dimasuki oleh umat yang ingin sembahyang. Anda bisa menggunakan jasa guide yang akan mengantar Anda ke pura mana saja yang diizinkan dan tentunya Anda akan mendapatkan penjelasan menarik tentang pura-pura tersebut. Anda akan membutuh waktu setidaknya 60 menit untuk keliling areal pura.

Jika saat berkunjung hari sedang cerah, Anda akan bisa melihat keindahan Gunung Agung yang menjadi latar belakang Pura Besakih. Ketika Anda sudah naik ke tempat yang lebih tinggi, Anda pun bisa menyaksikan pemandangan hijau menyegarkan dari atas.

2. Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun terletak di Jalan Ayodya, Mengwi, Badung. Pura ini memiliki luas 4 hektar dan memiliki keunikan, yakni kolam yang mengelilingi areal pura sehingga pura seolah-olah tampak mengambang di permukaan air.

Pura Taman Ayun memiliki tiga bagian utama, terdiri dari ruang terbuka di bagian luar, bagian tengah dan bagian dalam pura. Ruang terbuka di bagian luar biasanya difungsikan untuk tempat beristirahat dan atraksi kesenian tradisional. Di sini wisatawan bisa melihat Meru atau pagoda dengan atap bertingkat khas arsitektur Bali.

Bagian tengah pura merupakan bangunan utama, dimana Anda bisa melihat Bale Pelik dan patung Nawa Sanga yang terdiri dari sembilan patung penjaga di setiap arah mata angin. Kemudian bagian dalam pura merupakan pelataran tertinggi yang difungsikan untuk pemujaan atau persembahyangan. Areal ini hanya dibuka pada saat upacara pemujaan berlangsung.

Lokasi Pura Taman Ayun tidak begitu jauh dari Kota Denpasar. Jika Anda kebetulan menginap di Denpasar, tidak ada salahnya mengunjungi Pura Taman Ayun.

3. Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan boleh jadi paling sering dijadikan objek foto oleh wisatawan. Pemandangan pura yang indah dikelilingi danau dan keunikan bentuk Pura Ulun Danu menjadi latar belakangan foto yang cantik.

Pura Ulun Danu berada di dataran tinggi, sekitar 1200 meter dari atas permukaan laut, menyebabkan udara di sana terasa sejuk. Selain arsitektur pura yang cantik, di sini Anda juga bisa menyaksikan pemandangan Danau Beratan yang indah dan jernih. Areal wisata ini juga asri dihiasi berbagai jenis tanaman bunga yang menyegarkan mata.

Anda sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang Pura Ulun Danu yang populer. Jika pengunjung sedang ramai, mungkin Anda perlu sedikit bersabar untuk mendapatkan foto terbaik.

4. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot cocok bagi Anda yang menyukai suasana romantis saat matahari terbenam. Momen sunset di Pura Tanah Lot memang salah satu yang paling dicari wisatawan. Sembari menikmati momen sunset, Anda juga bisa mendengar sayup-sayup deburan ombak.

Pura Tanah Lot memiliki keunikan berada di atas batu karang besar yang ketika air pasang Anda perlu menyeberang untuk sampai ke sana. Anda bisa melihat keindahan pura dari pelataran pura atau areal luar pura. Wisatawan tidak diizinkan masuk ke dalam pura karena hanya diperuntukkan bagi umat yang bersembahyang. Ketika berkunjung pastikan Anda sudah berpakaian sopan dan mengenakan selendang.

Di sini anda tidak hanya akan menyaksikan sunset dan mengagumi keindahan Pura Tanah Lot, tetapi juga suasana pantai Tanah Lot yang cantik. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan atraksi tari kecak di waktu tertentu. Tentunya atraksi sayang sekali untuk dilewatkan.

5. Pura Lempuyang

Pura Lempuyang belakangan populer karena bentuk gapuranya yang khas sering menjadi objek foto dan diunggah ke media sosial. Tidak mengherankan, foto yang dihasilkan sungguh cantik dengan latar belakang Gunung Agung yang puncaknya pas terlihat di tengah gapura.

Anda tidak perlu bingung jika ingin berfoto dengan latar belakang Pura Lempuyang. Di sini ada staf yang memang dikhususkan untuk memotret wisatawan yang ingin berfoto. Anda tidak ingin melewatkan kesempatan untuk berfoto di pura yang sedang hits ini kan?

Pura Lempuyang berada di lereng Gunung Lempuyang. Untuk mencapai pura Anda harus melewati jalur pendakian dengan tangga berundak dan cukup membuat energi terkuras. Namun, Anda akan mendapat bayaran setimpal ketika menyaksikan pemandangan dengan latar belakang Gunung Agung yang indah selama mendaki hingga sampai di areal pura.

6. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu terletak di ujung selatan Pulau Bali. Lokasi pura cukup unik, yakni berada di ujung tebing karang yang menjorok ke laut. Dari sini Anda bisa menyaksikan pemandangan birunya hamparan samudra Hindia dan momen matahari terbenam.

Hal menarik lainnya yang bisa Anda saksikan di Pura Uluwatu adalah atraksi tari kecak. Pertunjukkan ini diadakan di areal pura setiap sore antara pukul 18.10 sampai 19.00 atau saat menjelang matahari terbenam.

Anda akan merasakan suasana magis saat menyaksikan tari kecak yang ditarikan sekitar 50 hingga 100 penari dengan latar matahari terbenam. Maka dari itu, datanglah pada sore hari jika tidak ingin melewatkan pertunjukkan khas Bali yang populer ini.

7. Pura Tirta Empul Tampaksiring

Pura Tirta Empul Tampaksiring populer sebagai tempat untuk melukat atau ritual penyucian diri yang dilakukan oleh umat Hindu di Bali. Meski identik dengan ritual Hindu Bali, tradisi melukat di Tirta Empul ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Wisatawan domestik maupun internasional pun tertarik melakukan ritual penyucian diri ini sehingga Tirta Empul selalu ramai oleh pengunjung yang antre melukat.

Pura Tirta Empul terdiri dari tiga bagian, yakni jaba sisi, jaba tengah dan jeroan. Kolam berisi puluhan pancuran yang digunakan untuk melukat berada di jaba tengah. Masing-masing pancuran memiliki fungsi dan manfaat berbeda-beda. Jika Anda tertarik untuk melukat, Anda harus mengenakan kain dan selendang. Saat melakukan ritual tersebut jangan lupa untuk berdoa dan menyampaikan permohonan.

Pulau Bali memang tidak pernah kehabisan pesona. Dengan arsitektur pura yang khas dan pemandangan alam yang cantik sukses menarik perhatian wisatawan untuk datang berkunjung.

Jika Anda sedang berencana untuk liburan ke Bali, sebaiknya Anda memasukkan pura ke dalam daftar liburan Anda. Alokasikan waktu yang cukup agar Anda puas menikmati pesona keindahaan pura di Bali yang tidak bisa Anda rasakan di tempat lain.

Artikel Terkait


Tidak Perlu Jauh-jauh Ke Eropa, Little Venice Bogor Tempatnya

Inilah 15 Tempat Wisata Keren di Bandung 2019

The Lodge Maribaya, Wisata Hits Dan Instagramable Di Kota Bandung

Wisata Ala Perkebunan Eropa Di Farm House Susu Lembang Bandung

Inilah 13 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Tidak Boleh Terlewatkan

9 Pantai Di Blitar Ini Punya Pemandangan Yang Begitu Menakjubkan

Menikmati Indahnya Warna Warni Bunga Di Taman Bunga Nusantara

Inilah 13 Tempat Wisata Curug di Majalengka yang Pas Untuk Liburan

Wisata Belanja di Seoul Korea Selatan yang Harus Anda Kunjungi

11 Wisata Gratis di Korea Selatan Paling Populer

8 Spot Wisata Keren Yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Dingin Di Jepang

Mari Berwisata Sambil Belajar Di Kidzania Jakarta


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.