7 Taman Rumah Minimalis yang Keren Banget

Taman rumah minimalis yang keren banget. Tidak memakan tempat dan memberikan nuansa kesejukan dan keindahan. Tentulah semua orang menginginkannya, kan?

Walaupun halaman rumah sempit, hanya cukup untuk memarkir mobil atau menaruh jemuran pakaian mungkin. Tetap saja naluri kebanyakan manusia menghendaki kerindangan di rumahnya.

Jangankan mau menanam pohon perindang yang besar, terkadang ingin berkebun cabai saja sulitnya. Alih-alih menanam tumbuhan langsung di tanah, meletakkan pot saja sulitnya minta ampun.

taman rumah minimalis

img souce: hamparan.net

Jenis taman rumah minimalis ini bisa dibuat dengan konsep-konsep berikut ini:

  • Taman Terbuka (Outdoor): jenis taman yang membiarkan sinar matahari masuk dengan bebas.
  • Taman Tertutup (Indoor): jenis taman yang mencegah sinar matahari masuk dengan bebas, misalnya dengan dipasang kanopi anti UV.

Keunggulan dari taman terbuka yakni memberikan kesan asri jika dilihat dari luar. Rumah minimalis juga akan terlihat begitu sejuk dan anggun di mata orang lain. Namun kelemahannya adalah kita akan sulit duduk-duduk di sana saat siang karena matahari bersinar sangat terik.

Kemudian keunggulan taman tertutup adalah kita tidak akan silau jika duduk-duduk di sana. Anak-anak juga bebas bermain tanpa perlu tersengat sinar matahari. Apalagi kalau sedang hujan, bahkan kita masih bisa duduk-duduk di sana menghirup wangi aroma hujan.

Dengan melihat jenis taman di atas, kemungkinan besar para pemilik rumah minimalis mulai memikirkan untuk membangun taman. Nah, kalau sudah begini, mungkin saja bakal membutuhkan inspirasi taman rumah minimalis yang keren banget seperti ini:

1. Taman Rumput Minimalis

taman rumput minimalis

img source: suherlin.com

Ini adalah jenis taman rumah yang paling banyak dimiliki orang. Daripada halaman sisa di depan maupun belakang rumah minimalis hanyalah sehampar tanah. Tentu akan memberikan kesan bersih dan bagus, kalau ditanami rerumputan.

Ada banyak jenis-jenis rumput hias yang bisa dipakai untuk taman ini, seperti rumput Jepang misalnya atau rumput gajah mini. Memberikan rerumputan juga dapat mencegah terjadinya becek dan kotor saat hujan. Namun konsekuensinya juga harus rajin merawat rumputnya.

Fungsi taman rumah minimalis bernuansa rumput ini juga akan memberikan kesan nyaman yang lebih tinggi bagi penghuni rumah. Terutama bagi para anak, jadi lebih aktif saat bermain-main di halaman rumah. Mereka bisa duduk-duduk di sana, bahkan berbaring tanpa takut merasa kotor.

2. Taman Bunga Minimalis

taman bunga minimalis

img source: designrumah.co.id

Selanjutnya adalah jenis taman yang berkonsep bebungaan. Artinya nuansa bunga-bunga lebih dominan. Di mana tanaman bunga bisa ditanam di tanah langsung ataupun ditaroh dalam pot-pot.

Gaya taman rumah minimalis ini bisa dipadukan dengan taman rerumputan pula untuk membuat kesan lebih bersih. Namun jika memutuskan membuat taman bunga, maka harus lebih pandai pula memilih bunganya.

Cobalah datang ke nursery atau toko bunga hidup untuk melihat-lihat koleksi mereka hari ini. Membeli bunga Kamboja Jepang bisa menjadi solusi cerdas bagi yang inginkan konsep taman dengan pot-pot bunga.

Namun bila lebih suka dengan flower ground, maksudnya taman bunga tanah, maka membeli pohon Kamboja Kuning bisa menjadi alternatif pula. Selain itu bunga-bunga seperti bugenvil, matahari, mawar, melati juga dapat menambah rona kemewahan.

3. Taman Batu Alam Minimalis

taman batu alam minimalis

img source: batualam.net

Pernahkah terbayang sebuah taman yang begitu hidup bagaikan sungai, hutan atau alam bebas? Sayangnya jika kita hanya membuat taman berbasis tumbuhan, hal istimewa ini tidak akan tercapai.

Jenis taman yang begitu natural dan bisa memberikan kesan “menakjubkan” akan back to nature justru adalah taman bebatuan. Maksudnya, cobalah untuk menghias dinding-dinding di halaman rumah dengan batuan alam. Buatlah kolam ikan dengan alur yang terbuat dari batuan alam.

Hias dengan sistem irigasi yang jernih dan memiliki mobilitas yang bagus. Air yang mengalir di bebatuan kolam ikan ini bisa memberikan kesan hidup yang tinggi. Apalagi kalau di sekitarnya juga ditanam pohon perindang dan bunga-bunga yang warna-warni dan harum.

4. Taman Kebun Minimalis

taman kebun minimalis

img source: idntimes.com

Bercocok tanam di lahan sempit sedang menjadi tren dan akan selalu menjadi gaya hidup kaum urban maupun rural. Artinya, tidak di pedesaan maupun perkotaan, ternyata banyak orang yang memiliki hobi bercocok tanam.

Maka halaman rumahnya pun dijadikan lahan untuk membuat taman rumah minimalis bernuansa kebun mini ini. Mungkin masih banyak yang bertanya, apakah kita bisa berkebun di lahan sempit? Masa sih bisa bertani di halaman rumah minimalis?

Ya, tentu saja sangat bisa. Teknik Tabulampot atau menanam buah dalam pot dapat dipraktekkan. Menanam dalam polibag-polibag juga bisa menghemat ruang. Dan ini sangat praktis dan memungkinkan untuk halaman rumah yang cuma sisa 2 meter sekali pun.

5. Taman Pohon Minimalis

taman pohon minimalis

img source: destaman.blogspot.com

Ada banyak jenis pohon yang bisa dipakai untuk membangun taman rumah yang sederhana. Tentunya pohon-pohon yang memang diperuntukkan untuk taman, seperti cemara, palem dan pucuk merah.

Jangan ragu pula untuk coba membangun pohon perindang, seperti pohon buah rambutan, jambu dan mangga. Jenis pohon ini akan sangat menyesuaikan ruang yang ada. Manusia bisa senantiasa memangkas pohonnya untuk mencegah arah pertumbuhan yang tidak diinginkan. Seperti misalnya dahan dan ranting yang sudah meranggas mekar ke samping dan menyentuh atap rumah bisa dipotong.

6. Taman Anak Minimalis

taman anak minimalis

Tidak menutup kemungkinan untuk membangun taman bermain anak-anak atau playground pada halaman rumah minimalis. Ini semua tergantung pada niat dan kecerdikan sang orang tua, apakah benar-benar mau menyenangkan sang anak?

Jika ruangan terlalu sempit, misalnya hanya lebar 5 meteran sisanya, maka bisa dibangun taman rumput dulu sebagai basisnya. Kemudian di atasnya ditancapkan tiang penyangga dari bamboo atau besi untuk mengikat ayunan ban. Bila ingin lebih praktis, bisa membeli ayunan model besi yang sudah langsung jadi.

Namun jika belum memungkinkan memakai ayunan, maka bisa saja diganti dengan perosotan, jaring spiderman atau bahkan jungkat-jungkit untuk area taman bermain mini ini. Intinya, letakkan minimal satu wahana permainan, maka jadilah taman rumah sederhana dengan konsep playground ini.

7. Taman Gazebo Minimalis

taman gazebo minimalis

img source: didepokrumah.blogspot.com

Memang desain taman rumah ini sangat sederhana, yakni hanya menggunakan gazebo saja. Jadi sisa ruangan yang sedikit di halaman bisa ditanami rumput, pohon dan bunga-bunga. Kemudian diberi aksen gazebo.

Tapi agak membutuhkan uang banyak saat memutuskan mendirikan gazebo ini karena harga gazebo lumayan mahal pula. Dan pastikan membeli gazebo berbahan kayu yang bagus, sehingga awet dan tidak gampang lapuk.

Keunggulan taman gazebo bisa meningkatkan keindahan dan prestige pada rumah minimalis. Apalagi kalau di sekitar gazebo ini juga dibangun aquarium dengan gaya taman minimalis bebatuan. Sungguh ini membuat halaman yang terasa sempit jadi terkesan luas.

Dari 7 inspirasi taman rumah minimalis di atas, manakah yang paling cocok untuk halaman rumah Anda? Pastikan untuk mengukur dulu luas bidang halaman, agar nantinya bisa membuat perencanaan desain dan dekorasi dengan lebih baik.

Artikel Terkait


11 Langkah Penting Dalam Membeli Rumah Untuk Investasi

11 Variasi Pola Lantai Untuk Hunian yang Lebih Estetik

Ingin Menjadi Broker Properti Ketika Krisis? Ini Tipsnya!

Lebih Untung Mana, Beli Rumah Inden atau yang Sudah Jadi?

Tembok Rumah Dicoret-Coret Anak? Ini Cara Menghilangkan Noda Coretan Pada Tembok

10 Cara Memberikan Kesan Luas Pada Rumah Sempit Minimalis

8 Tips Aman Membeli Rumah Tipe 36, Agar Tidak Menyesal

Cara Cerdas Bisnis Properti, Anti Bangkrut!

Perbedaan Rumah Cluster dan Townhouse yang Wajib Dipahami Agar Tidak Menyesal

Inspirasi Rumah Minimalis Jepang yang Menenangkan, Cocok Untuk Hunian Mungil

Kelebihan dan Kekurangan yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memasang Lantai Teraso

Strategi Jual Properti Sukses Dengan Harga Tinggi dan Cepat Laku


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.