7 Snack Jadul Generasi 90an, Yang Ada Hadiahnya!

Snack Jadul memang enak, unik dan asik. Bukan hanya harganya murah, tapi banyak hadiahnya juga bila beruntung. Tapi sayangnya hanya anak-anak hoki saja yang bisa dapat keberuntungan itu.

Hingga hari ini sebenarnya beberapa cemilan jadul ini masih diproduksi, tapi distribusinya sudah tidak segencar dulu. Mengingat jajanan sekarang kan banyak sekali merek-merek barunya.

Keungggulan jajanan jadul memang ada pada harganya yang miring banget, cuma 500 perak. Sebut saja snack Tara yang merupakan imitasi dari Taro. Harga Tara cuma gope, padahal kalau mau beli Taro kudu sedia uang 1000. Meski begitu, soal rasa memang agak beda.

Nah, langsung saja disimak 7 snack jadul yang berhadiah bila beruntung. Apa kalian pernah dapat hadiahnya? Apaan tuh hadiahnya?

1. Aries

img source: bukalapak.com

Ini nih snack zaman old yang legend banget kalau urusan hadiah. Bahkan hingga hari ini Aries masih diproduksi dan dijual di warung-warung. Harganya pun masih sama, yaitu Rp500.

Snack jadul berbentuk makanan ringan ekstrudat warna kuning dan rasa kari ini punya sensasi bumbu yang sedap sekali. Bisa dibilang, dari semua jajanan jadul, Aries punya rasa sangat khas dan tidak ada yang menyamai.

Kalau untuk hadiahnya, Aries macam-macam sekali berdasarkan pengalaman banyak anak. Mereka biasanya menemukan uang koin 500 atau 1000. Bahkan sering juga ada yang dapat hadiah uang kertas pecahan 1000, 2000, 5000 hingga 10.000.

Dan ada tekniknya sendiri kalau mau dapat hadiah dari Aries, yaitu dikocok-kocok dulu. Kalau terasa berat maka biasanya dapat hadiah uang. Namun sayangnya terkadang pabrik Aries mengeluarkan versi kemasan renceng sehingga pembeli tidak bisa mengocok-ngocok.

2. Tiara

img source: pktultah.blogspot.com

Selanjutnya adalah Tiara. Pasti masih banyak di antara kita yang mengingat bentuk dan rasanya? Kalau bentuknya sih mirip dengan Taro, tapi dalam kualitas yang rendahnya. Jadi kerupuknya kurang sekokoh Taro.

Snack jadul berbentuk kotak net ini punya rasa cenderung plain, tidak asin namun juga tidak manis. Tapi agak sangat terasa micinnya. Untuk harganya sendiri sama saja dengan Aries, hanya 500 rupiah.

Jajanan berbungkus plastik warna merah dan putih ini punya isi cukup banyak sehingga kita mesti hati-hati membukanya karena bisa meluap. Sedangkan untuk urusan hadiahnya, bukan uang yang didapatkan. Melainkan mainan kecil-kecil sekali seperti figur robot plastik kecil.

Makanan ringan kuno ini sekarang sudah susah sekali dijumpai. Tapi tentu masih ada di pasaran. Mungkin distribusinya yang tidak merata di tiap pasar. Atau justru keberadaannya yang mulai terancam dengan banyaknya kemunculan snack baru di era sekarang yang harhanya juga masih 500-an.

3. Kenji

img source: bukalapak.com

Bentuknya mirip dengan Tiara dan Taro. Hanya saja Kenji tidak begitu teras micinnya, rasanya juga paling hambar. Namun keunggulan Kenji ada pada kerupuk netnya yang tebal. Namun ini membuat isi Kenji jauh lebih sedikit dari Tiara.

Meski begitu, kelas snack Kenji di atas Tiara. Ia setara dengan Taro karena masuknya ke dalam pasar ritel biasanya, seperti di minimarket atau mall. Jadi kalau mau jajan Kenji di warung sekolah itu sangat sulit.

Ngomong-ngomong hingga sekarang snack jadul Kenji masih ada loh! Tapi yang seringkali dijumpai adalah yang kemasan sedang agak besar dengan netto kisaran 40 gram. Untuk harganya, Kenji tergantung ukurannya.

Hadiah Kenji di masa lalu juga mainan kecil-kecil dalam beragam bentuk. Ada yang cuma stiker, mobil-mobilan kecil atau bahkan figur patung plastik kecil-kecil. Kenji zaman now masih ada tulisan berhadiah bila beruntung, loh! Yuk kita cari aja si Kenji di mall.

4. Komo

img source: tokopedia.com

Snack jadul ini berbentuk makanan ekstrudat terbuat dari jagung. Dia adalah versi KW dan murah dari Cheetos. Tapi kalau soal rasa, punya kekhasan dan keenakan tersendiri bagi anak-anak jaman old.

Harga Komo murah banget, dari dulu tidak pernah berubah, yakni hanya 500 perak saja. Dan hingga sekarang masih mudah ditemukan di warung-warung jajanan kecil di pedesaan Jawa.

Bungkus Komo juga masih sama seperti dulu. Namun jika pecinta Komo rasakan, memang sempat ada perubahan sedikit rasa pada Komo. Tapi ini hanya dapat disadari oleh pecinta Komo yang rutin membeli snack kuno ini. Jadi perubahan yang amat kecil sampai-sampai sulit dirasakan.

Dari dulu hingga sekarang di bungkus Komo masih tertera tulisan berhadian bila beruntung. Tapi sayangnya sejak bertahun-tahun makan Komo tidak ada laporan satu pun yang membuktikan snack jagung ini berhadiah.

5. Chiki Ball

img source: shopback.co.id

Salah satu snack premium khas Indonesia, Chiki sangat terkenal dengan dua temannya, yaitu Jet Z dan Cheetos. Tapi Chiki punya “nama” tersendiri bagi warga negara Indonesia. Terutama para orang tua.

Semua jenis makanan ringan di Indonesia mendapatkan label “Chiki-Chikian”. Maksudnya adalah snack dengan perisa bumbu-bumbu penyedap. Hingga sekarang Chiki masih diproduksi dan memiliki beberapa rasa, seperti ayam, keju dan coklat.

Perbedaannya, Chiki zaman dulu itu isinya banyak banget subungkusnya. Kalau sekarang, Chiki sangat sedikit isinya hanya beberapa butir saja. Walaupun harganya masih relatif sama, pada kisaran Rp1000.

Chiki Ball menjadi salah satu snack jadul berhadiah yang masih diingat banyak generasi 90an. Ya, jajan ini dulunya ternyata berhadiah, loh! Tidak seperti sekarang yang tanpa hadiah dan malah isi chikinya juga sedikit.

Hadiah Chiki Ball zaman dulu yaitu semacam kepingan kartu berbentuk segienam yang bisa ditancap-tancapkan atau ditempel rapatkan satu sama lain karena punya gerigi untuk menyusupkan. Mainan hadiah Chiki Ball ini namanya Tazoz.

6. Mie Gemez

img source: tokopedia.com

Ini dia mie gemez yang menjadi favorit anak-anak zaman dulu, selain Mie Anak Mas. Ketika era Anak Mas berakhir, Mie Gemez merajai pasaran. Dengan desain kemasannya yang ikonik bergambar kartun botak, seperti Boboho?

Enaknya makan Mie Gemez itu kita harus meremas-remas dulu mienya, kemudian ditaburi bumbu yang tersedia dalam plastik. Teknik menggado Mie Gemez yang paling enak tentu berbeda-beda untuk tiap anak. Ada yang suka mienya hancur sekali. Dan ada juga yang suka mienya tetap utuh atau potongan remasannya agak besar.

Dan ternyata, Mie Gemez ini adalah snack jadul yang berhadiah, loh! Masih ingat tidak apa hadiahnya? Biasanya berupa kartu-kartu mainan yang aneh dan sulit untuk dimainkan anak-anak 90an karena tidak mengerti fungsinya untuk apa.

7. Permen Cecek

img source: tokopedia.com

Entah cocok atau tidak memasukkan permen jadul ini ke dalam daftar snack jadul. Tapi anak zaman dulu memang makan permen seperti makan snack. Apalagi kalau permen cecek, tidak bakal dihisap, malah dikunyah dan bikin menyempil di gigi.

Snack jadul berwujud permen ini punya nama lain Permen Cicak, terbuat dari kedelai putih yang diberi lapisan cairan permen warna-warni. Dan tentu saja, makanan ini berhadiah.

Bungkus permen cicak adalah plastik rencengan bening. Hadiahnya itu sederhana banget, cuma tempelan tato. Sepertinya anak-anak 90an suka banget mainan tato ini.

Mereka akan menempelkan tatonya di tangan atau malah di dinding rumah, lemari dan kaca. Hal ini membuat para ibu jadi marah karena perabot rumahnya penuh dengan tato hadiah dari permen cicak. Banyak anak-anak yang mengoleksi stiker tato bagus dan saling memamerkan dengan teman.

Dari 7 jajanan jadul di atas, manakah yang paling menjadi favoritmu? Snack jadul di atas memang bikin kangen masa kecil. Kadang-kadang kita yang sudah dewasa masih suka melirik mencarinya di warung-warung desa. Walau kemungkinan untuk menemukannya sangat kecil.

Artikel Terkait


27 Makanan Ekstrem ini Terbuat dari Hewan, Miris!

9 Kuliner Khas Korea Selatan yang Paling Digemari di Indonesia

Wisata ke Thailand? Inilah 15 Makanan Nikmat Khas Thailand

Kuliner Lombok? Inilah 13 Kuliner Lezat Khas Lombok

17 Permen Jadul, Favorit Anak-Anak 90an

Rahasia Sukses Untuk Anda yang Ingin Membuka Restoran Pizza

Ini Dia 9 Kuliner Ekstrim di Vietnam, Berani Coba?

Kuliner Sehat di Bali untuk Anda Penyuka Menu Vegetarian

Liburan ke Turki? Inilah 15 Makanan Halal Khas Turki

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

Dessert Paling Enak di Berbagai Negara di Dunia, Wajib Anda Coba!

Rekomendasi Restoran Bento di Jakarta yang Unik, Nikmat dan Mengenyangkan


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.