7 Penyebab dan Cara Mencegah Mata Minus Pada Remaja

Saat ini cukup sering kita lihat anak-anak remaja yang sudah banyak  menggunakan kacamata. Hal itu mungkin saja karena tren, tetapi mungkin juga karena anak-anak tersebut memang menderita gangguan mata minus.

Sekarang ini, miopi atau yang sering disebut dengan mata minus menjadi salah-satu masalah besar di masyarakat. Bukan hanya orang dewasa dan remaja. Bahkan, anak-anak pun sekarang ini sudah banyak yang terkena miopi seiring dengan berbagai aktivitas yang dilakukan.

Mata minus akan terus meningkat seiring bertambahnya usia. Jika tidak diobati atau dirawat sejak dini, hal ini tentu akan membuat hidup Anda menjadi semakin sulit, terutama bagi anak-anak. Mengapa demikian? Rabun jauh bisa mengganggu penglihatan Anda. contohnya seperti penglihatan jadi tampak kabur, hingga terasa sakit kepala dan sejenisnya.

Mata minus dalam istilah kedokteran dikenal dengan istilah miopia. Ini merupakan kelainan mata dikarenakan bayangan optik jatuh dan tidak fokus pada retina, melainkan di depan retina sehingga membuat bayangan ke obyek terlihat kabur. Anak atau remaja penderita miopi ini biasanya menonton televisi, melihat papan tulis, atau membaca buku dengan jarak yang terlalu dekat, agar lebih terlihat lebih jelas.

Penyebab dan ciri mata minus Lalu apa saja sebenarnya penyebab mata minus?

Penyebab mata minus yang utama adalah kelengkungan kornea yang lebih pendek serta sumbu bola mata yang terlalu panjang. Kedua hal tersebut dapat diperoleh melalui orang tua atau memang karena factor keturunan. Namun apabila bukan keturunan, mata minus bisa diakibatkan karena aktivitas dengan jarak yang terlalu dekat terlalu lama, misalnya banyak membaca atau terlalu lama mengerjakan tugas dengan komputer. Namun masih banyak beberapa penyebab minus pada mata yang dialami oleh remaja selain hal diatas. Apa saja penyebab mata minus pada remaja ? Berikut adalah penyebab mata minus pada remaja antara lain :

  1. Pola Hidup Yang Tidak Sehat

Penyebab mata minus pada remaja adalah karena menjalani pola hidup yang tidak sehat. Ditandai dengan aktivitas yang dilakukan yang mengharuskan Anda untuk selalu melihat objek dari layar kaca, baik mengerjakan tugas sekolah di depan komputer, bermain game, atau menonton hiburan di layar kaca dengan jarak yang dekat.

  1. Kurang Istirahat

Penyebab mata minus lainnya pada remaja adalah karena kurangnya istirahat. Pola hidup yang buruk membuat mata menjadi kelelahan. Anda bisa berhenti sesaat untuk mengistirahatkan mata dari depan layar komputer selama beberapa saat, pejamkan mata Anda agar tidak selalu fokus depan obyek layar. Dan atur waktu tidur sehingga mata Anda yang lelah bisa beristirahat meski hanya beberapa waktu saja, jangan mendorong mata Anda untuk selalu terbuka karena bisa jadi mata sehat Anda akan berubah menjadi mata yang minus sehingga akan berbahaya dan mengganggu penglihatan Anda nantinya.

  1. Pola Makan Buruk

Penyebab mata minus pada remaja yang ketiga adalah karena pola makan buruk. Jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A bisa membuat kesehatan mata berkurang karena vitamin A penting bagi mata, apalagi jika Anda tipekal orang pencinta makanan cepat saji maka akan sangat berbahaya pada status minus pada mata Anda. Makanan cepat saji jarang sekali menambahkan sayuran di menu makanan mereka, itulah mengapa mata minus banyak diderita oleh orang perkotaan yang gemar makan di restoran menjadikan pola makan yang buruk.

  1. Kurang Mengonsumsi Makanan Sehat

Penyebab mata minus pada remaja yang keempat adalah kurang mengonsumsi makanan yang sehat. Pola makan yang sehat, yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Biasakan makan-makanan yang seimbang, baik antara karbohidrat dan sayur-mayur dan dilengkapi dengan buah-buahan yang mengandung vitamin C yang baik bagi kesehatan mata.

  1. Sering Berada Di Lingkungan Yang Kurang Sehat

Penyebab mata minus pada remaja yang kelima adalah sering berada di lingkungan yang kurang sehat, tentu dapat mempengaruhi kesehatan dan kebersihan mata, baik lingkungan udara, air, maupun makanan yang berpengaruh pada kesehatan mata. Misalnya sering berada di jalan raya yang berdebu dan penuh asap.

  1. Banyak Mengkonsumsi Gula Yang Terlalu Banyak

Mengonsumsi gula juga berbahaya pada mata kita, jadi kita harus seimbang mengonsumsi makan dan minum yang sehat untuk suplay tubuh kita, dan terutama untuk kesehatan dan ketajaman mata kita agar tidak terjadi hal yang diinginkan pada mata kita nantinya.

  1. Kurangnya Mendapat Cahaya Sinar Matahari

Kurangnya mendapat cahaya sinar matahari juga dapat menjadi salah satu penyebab mata minus pada remaja mungkin ini terkesan sepele. Maka, untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup, bisa disarankan untuk sambil berolahraga kecil pada pagi hari untuk jalan-jalan sekalian melihat tanaman yang hijau-hijau segar, juga mendapat sinar matahari untuk pemenuhan rangsangan cahaya alami pada mata agar mata tetap sehat dan terjaga.

Apakah mata minus bisa dicegah?

Mata minus memang bisa disebabkan karena faktor genetic dan juga pola hidup kita. Karena tidak diketahui penyebab mata minus yang paling utama, Anda hanya bisa menurunkan risikonya saja agar mata tidak menjadi minus. Beberapa hal yang dapat menurunkan risiko mata minus dapat dirangkum seperti:

  • Tidak membaca, menulis, dan melihat dalam jarak pandangan yang sangat dekat, misalnya seperti melihat ke layar computer dengan jarak yang dekat.
  • Sering melakukan aktivitas di luar ruangan.
  • Jika mata lelah, istirahatkan dulu mata Anda, jangan dipaksakan karena akan membahayakan mata.
  • Hindari membaca dan menulis di tempat yang gelap atau kurang cahaya karena tidak baik.

Biasanya, mata minus mulai terjadi ketika masa anak-anak dan berhenti saat masa remaja namun ada juga yang merasakannya saat dewasa. Namun, tak semuanya akan seperti itu jika Anda mengikuti tips yang diberikan. Tak jarang juga gangguan mata minus ini bertahan hingga dewasa. Bila memang Anda mulai merasa bahwa Anda mengalami tanda-tanda rabun jauh, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter dan cek mata Anda. Gejalanya tak hanya tidak bisa melihat kejauhan saja, tapi juga muncul gejala lainnya seperti:

  • Sering sakit kepala dan pusing
  • Mata cepat lelah
  • Mata terasa tegang

Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera periksakan mata Anda ke dokter mata. Pengobatan yang paling umum dilakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan pemberian lensa minus atau kaca mata. Anda juga bisa memilih melakukan LASIK, yaitu prosedur operasi dengan laser untuk memperbaiki minus Anda jika Anda menginginkan.

Mata minus memang wajar dihadapi setiap orang, namun alangkah baiknya kita menjaga kesehatan mata dimulai dengan hal-hal yang kecil sehingga mata tidak mengalami gangguan apapun yang menyebabkan mata menjadi minus bahkan silinder juga bisa timbul.

Itulah penyebab dan cara mengatasi mata minus pada remaja yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Artikel Terkait


Langkah Terbaik Menjaga Kesehatan Anda

Ini Dia 6 Tips Hilangkan Sakit Kepala Akibat Stres

Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Baik dan Sehat Untuk Dikonsumsi

9 Gerakan Yoga untuk Pemula yang Wajib Anda Coba

7 Cara Mudah Dan Alami Ini Ternyata Dapat Mengencangkan Kelopak Mata Atas

9 Pantangan Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Ibu Selama Masa Kehamilan

Inilah 10 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ternyata 11 Makanan ini Bisa Meredakan Sakit Kepala

Tanpa Perlu Obat-Obatan, 10 Cara Ini Ampuh Menurunkan Demam Anak Secara Alami Dan Cepat

Mengenal Angin Duduk, Penyebab, Dan Cara Mengobatinya

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anda Di Musim Pancaroba

Ini Dia 7 Tips Untuk Mencegah dan Mengusir Nyamuk


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.