6 Kendaraan yang Lazim Digunakan di Kota London, Inggris

Kendaraan yang lazim digunakan di kota London tentu sangat berbeda dengan kendaraan yang lazim digunakan di kota Jakarta. Karena antara London dan Jakarta ada perbedaan mendasar, yakni soal pembangunan infrastrukturnya.

Meski keduanya sama-sama kota metropolitan dan ramai orang merantau. Namun konsep smart city sudah lebih dulu diterapkan di London, daripada di Jakarta. Memang kini Jakarta telah berbenah dengan meningkatkan kualitas sistem transportasi publik. Dibangunnya MRT misalnya adalah terobosan yang amat hebat.

Transportasi London

img source: independenttravelcats.com

Namun London sudah bergerak lebih cepat dan lama daripada Jakarta. Mereka sudah melewati fase pembangunan infrastruktur kereta cepat sejak ratusan tahun yang lalu. Hal ini membuat perkembangan industri otomotif di London dan Inggris secara keseluruhan berjalan lambat.

Mengapa demikian? Ini karena produk-produk industri otomotif terutama mobil dan motor menjadi kurang laku di sana. Sebab permintaan akan alat transportasi pribadi sangatlah sedikit. Apalagi pasca diberlakukannya kebijakan Brexit, membuat banyak perusahaan otomotif global tutup kantor di sana, seperti Honda misalnya, konon sudah cabut dari Inggris.

Gaya Hidup Londoner, Pilihan Otomotif dan Transportasi Publik

Transportation Londoner

img source: timeout.com

Tentu terkadang kita bertanya-tanya, apakah orang London tidak suka naik motor atau bawa mobil? Apa benar mereka lebih suka jalan kaki? Sungguh ini pertanyaan yang agak konyol untuk dijawab. Sebab fakta menunjukkan bahwa para Londoner (julukan untuk warga kota London asli) memang lebih suka naik kendaraan umum, dibandingkan kendaraan pribadi.

Mereka yang sudah dapat adaptasi dengan bagaimana gaya hidup warga asli London, maka akan dijuluki Londoner. Dan bahkan para imigran asing dan orang-orang Inggris yang bukan dari London merasa cukup bangga saat mereka bisa meniru gaya hidup para Londoner.

Salah satu gaya hidup yang sangat khas dari Londoner adalah tentang pilihan otomotif dan transportasi publiknya. Konon , seseorang tidak bisa disebut Londoner kalau enggan naik Underground, salah satu moda transportasi publik di sana.

Dan seseorang tidak bisa disahkan menjadi Londoner, jika mereka belum memiliki kartu Oyster. Sebuah kartu sakti transportasi publik di sana. Bisa digunakan untuk menaiki seluruh public transportation di kota London. Dan Oyster Card ini bisa dimiliki pula oleh para turis untuk memudahkan hilir-mudik di kota cantik ini.

Jenis-Jenis Kendaraan yang Lazim Digunakan di Kota London

london transportation public

img source: findingtheuniverse.com

Terkadang saat membicarakan otomotif, seringkali kita masih terjebak hanya dengan mengulas kendaraan pribadi. Dan masih terpaku pada hal-hal yang terkait dengan teknik mesin, spesifikasi dan tren harganya di pasar.

Hal tersebut wajar saja karena Indonesia adalah negara yang masih memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi kepada kendaraan pribadi. Beda dengan Inggris misalnya, di mana mereka sudah sangat maju di bidang transportasi publik.

Sehingga kalau mau membahas otomotif di sana, sepertinya seru kalau mengulas mengenai tren-tren kendaraan yang lazim digunakan di kota London. Maksudnya, kendaraan apa aja yang biasanya dipakai para Londoner?

London memang sering dipandang sebagai pusat dari perkembangan Britania Raya. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa bagi warga Inggris keseluruhan, London hanyalah Jakarta belaka. Seperti orang Indonesia, di mana ada yang belum pernah menginjak Jakarta sama sekali. Maka orang Inggris pun ada yang sama sekali tidak pernah menginjak London.

Maksudnya, sebagai sebuah Ibukota, sebenarnya transportasi menuju London masih dianggap cukup sulit bila dijangkau dari luar kota London. Kecuali kalau menggunaan kendaraan pribadi seperti mobil. Sehingga dampaknya banyak orang-orang di wilayah UK lain belum pernah menginjak London sepanjang hidupnya. Baik karena keterbatasan biaya maupun kesulitan transportasi.

Namun saat mengkritisi bagaimana sistem transportasi publik internal di sana. Maka London adalah jagoannya. Kota ini memiliki begitu banyak moda transportasi publik. Apa sajakah kendaraan yang lazim digunakan di kota London, Inggris?

1. Sepeda

Kendaraan yang lazim digunakan di kota London yang pertama adalah sepeda. Sebagaimana di banyak negara dengan budaya pedestrian dan biker, maka London memang dipenuhi pula dengan sepeda.

Merek sepeda asal Inggris seperti London Taxi misalnya, juga merepresentasikan akan kesukaan para Londoner pada sepeda. Meskipun budaya naik sepedanya masih kalah dibandingkan Belanda. Namun London dan Inggris secara umumnya memang sangat menghargai sepeda sebagai kendaraan pribadi mereka.

2. Mobil

Pajak yang cukup tinggi membuat warga London berpikir berkali-kali lipat sebelum memiliki mobil. Tapj penggunaan mobil di kota ini juga sangat populer. Dan tentunya jalan raya di sana juga dibangun dengan bagus dan ada pula jalan tolnya.

Selain mobil pribadi, di London juga menjamur jasa-jasa rental mobil yang bisa mengantarkan turis keliling London dengan naik mobil-mobil mewah. Tapi jasa ini kebanyakan dipilih para artis yang kebetulan berkunjung ke sana. Ataupun mereka yang datang dengan rombongan jasa tour and travel.

3. Taxi Hackney

Hackney pada dasarnya adalah semacam kecamatan atau distrik di kota London. Namun Taxi Hackney yang beredar di sana juga menjadi kendaraan yang lazim digunakan di kota London. Tapi dengan tarifnya yang cukup mahal, sebaiknya para turis naik kendaraan lain saja yang lebih murah.

4. Double Decker

Inilah transportasi publik London yang paling terkenal dan sangat legend bagi para turis. Dialah si Double Decker. Kendaraan yang lazim digunakan di kota London ini berwujud bus dengan body besar dan tinggi. Warnanya merah dan melaju keliling London. Kalau mau naik bus ini harus bayar dengan kartu khusus. Biasanya orang-orang pakai Oyster Card.

5. London Underground

Inilah moda kendaraan yang lazim digunakan di kota London dan menjadi yang paling favorit. Namanya Underground atau dikenal pula dengan nama Tube alias kereta bawah tanah. Tersedia beberapa jalur Underground yang bisa dipilih, menghubungkan berbagai wilayah di kota London.

6. London Overground

Mungkin ada yang bertanya-tanya, apakah di London semua keretanya bawah tanah? Jawabannya adalah tidak… Ternyata ada juga model kereta konvensional atas tanah. Para Londoner lebih senang menyebutnya Overground. Jalur kereta Overground dibangunnya belum lama, baru pada tahun 2007.

Nah, itulah 6 kendaraan yang lazim digunakan di kota London. Keren banget, kan? Kira-kira jika kamu berkunjung ke London, mau pilih kendaraan seperti apa untuk mengantarkan acara melancongnya? Tapi tentu hal terbaik dari jalan-jalan di London adalah menikmati sensasi jalan kakinya. Pokoknya, datang ke London harus siap hidup bagaikan Londoner sejati. Buanglah jauh-jauh pikiran akan transportasi pribadi.

By the way, mungkin di masa depan Indonesia bakal seperti ini. Di mana ketergantungan yang tinggi pada alat transportasi pribadi bisa berkurang. Tapi tentunya ini akan sangat berdampak pada industri otomotif.

Biar bagaimana pun, permintaan yang tinggi terhadap kendaraan bermotor di Indonesia membuat industri otomotif tidak pernah surut di sini. Namun ini adalah tantangan zaman. Semakin banyak kendaraan, maka alam bisa makin rusak. Makanya kini banyak merek merek kendaraan berlomba-lomba dalam menggapai emisi kendaraan yang aman untuk lingkungan.

Artikel Terkait


6 Vespa Matic Termahal di Indonesia, Harganya Ratusan Juta

9 Kriteria Mobil yang Cocok untuk Taxi Online

Cara Ampuh Merawat Mobil Supaya Tidak Sering Masuk Bengkel

Cara Terbaik Merawat Aki Motor Agar Lebih Awet

11 Jenis Ban Mobil Terbaik Untuk Melengkapi Performa Dengan Harga Terjangkau

Sejarah Vespa, Scooter Piaggio yang Tak Lekang Usia

Deretan Mobil Bekas Terbaik yang Bisa Anda Beli Dibawah 100 Juta

10 Rekomendasi Helm Stylish Untuk Perlindungan Saat Berkendara

13 Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Tahun 2019

Pengertian Otomotif: Ruang Lingkup, Cabang Ilmu, Teknik dan Sistemnya

Catatan Penting yang Harus Diketahui Saat Beli Mobil Lewat Lelang


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.