6 Investasi Terbaik untuk Dana Pensiun Anda

img source: rawpixel.com

Mungkin sebagian dari Anda yang masih aktif bekerja belum memikirkan tentang bagaimana Anda menjalani masa pensiun kelak. Jika Anda seorang pegawai negeri, Anda sudah merasa aman dengan uang pensiun yang akan Anda terima nanti. Namun, jika Anda seorang pekerja swasta yang tidak memiliki uang pensiun, apa yang akan Anda lakukan?

Orang cenderung baru memikirkan hal tersebut menjelang masa pensiun. Padahal mempersiapkan dana pensiun sejak dini merupakan hal yang sangat penting dan justru baik dilakukan ketika Anda masih aktif bekerja. Hal ini dikarenakan Anda masih memiliki energi dan penghasilan untuk berinvestasi. Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk investasi dana pensiun? Berikut ini kami rangkum untuk Anda.

1. Investasi Saham

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang bisa Anda lakukan untuk masa tua. Investasi saham adalah penanaman modal berupa pembelian dan penyimpanan saham pada pasar modal. Sebagai investor, Anda akan mendapat keuntungan dari pembagian dividen atau laba dan kenaikan harga saham atau capital gain. Keuntungan tersebut bisa menjadi sumber pendapatan Anda nanti.

Nilai dividen umumnya selalu meningkat setiap tahun. Semakin besar nilai dividen, semakin besar pula risiko yang akan Anda tanggung. Maka dari itu, Anda perlu menjalankan investasi ini dengan bijak dan membekali diri dengan pengetahuan seputar investasi saham. Jangan sampai karena ingin mengejar keuntungan besar semata, Anda melakukannya tanpa strategi dan akhirnya justru mengalami kerugian. Sebagai permulaan, Anda bisa mulai dengan dividen kecil terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu, Anda akan semakin mengerti dan cerdik dalam berinvestasi dan tentunya memiliki strategi untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

2. Properti

Mungkin jenis investasi ini paling banyak dipilih untuk dana pensiun. Tidak heran, investasi properti bersifat lebih santai dan menghasilkan pendapatan yang stabil. Untuk menjalankan investasi ini, terlebih dahulu Anda bisa membeli tanah, rumah atau yang paling sederhana membuat kontrakan atau rumah kost. Dalam menjalankan usaha kontrakan atau rumah kost, Anda hanya perlu mengontrol uang sewa dan menjaga kondisi rumah.

Usaha ini akan lebih baik dan menghasilkan keuntungan yang lumayan jika Anda memiliki properti di lingkungan yang ramai seperti area kampus dan perkantoran. Jadi pemilihan lokasi sangat berperan penting, pilihlah lokasi yang strategis dan perhatikan fasilitas pendukung yang kira-kira akan dibutuhkan oleh penghuni kontrakan atau rumah kost. Jika usaha ini sudah berjalan dengan baik, Anda akan memperoleh pemasukan tetap dan bisa Anda andalkan untuk bisnis sampingan. Poin plusnya, Anda tidak perlu bingung ketika pensiun nanti karena penghasilan tetap dari investasi properti ini bisa Anda pakai untuk dana pensiun. Jika Anda tertarik, Anda bisa mempersiapkan investasi ini dari sekarang.

3. Reksadana

Reksadana juga bisa menjadi pilihan investasi dana pensiun untuk Anda. Jenis investasi ini terbilang cukup mudah karena dikelola oleh manajer investasi dan tentunya menguntungkan. Sebagai permulaan, Anda hanya perlu menyetor sejumlah dana, lalu manajer investasi akan mengelola dana Anda untuk mendapatkan return setinggi mungkin. Tugas manajer investasi tidak hanya mengelola dana, tetapi juga mencari instrumen reksadana yang menguntungkan untuk Anda.

Anda bisa memulai investasi ini dengan menjalankan reksadana yang memiliki risiko paling rendah, misalnya reksadana pasar uang. Reksadana pasar uang memiliki deposito berjangkan dan obligasi jatuh tempo di bawah satu tahun sehingga dapat dikatakan paling aman. Untuk berinvestasi, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar. Dengan modal awal ratusan ribu saja, Anda sudah bisa menjalankan investasi ini. Itulah sebabnya banyak yang tertarik melakukan investasi reksadana karena selain minim risiko, Anda hanya perlu sedikit modal tetapi menghasilkan keuntungan yang besar.

4. Emas Batangan

Investasi emas batangan mungkin terdengar kuno, tetapi kenyataannya masih banyak yang tertarik dengan investasi emas batangan karena menguntungkan dan terpercaya. Apalagi harga emas batangan selalu naik setiap tahun. Dengan investasi ini, Anda bisa melihat bentuk fisik dari investasi yang Anda lakukan. Anda bisa membeli emas batangan secara tunai dan disarankan untuk tidak membeli secara kredit untuk menghindari risiko gagal bayar. Bagaimana? Anda tertarik dengan investasi yang satu ini?

5. BPJS Ketenagakerjaan

Nah, jenis investasi yang satu ini adalah program pemerintah yang bisa Anda gunakan untuk tabungan pensiun. BPJS Ketenagakerjaan memiliki program Jaminan Hari Tua (JHT). Sistemnya, penghasilan Anda selama bekerja akan dipotong setiap bulannya oleh perusahaan untuk membayar iuran ke pihak BPJS Ketenagakerjaan. Jumlah iuran yang dibayarkan sebesar 3?ri gaji, terdiri atas 2% iuran pemberi kerja dan 1% iuran pekerja. Ketika Anda sudah berhenti bekerja atau pensiun, Anda bisa mencairkan dana tersebut. Anda bisa memilih, apakah akan menerima manfaat investasi saat berhenti bekerja dengan ketentuan paling lama tiga tahun setelah pensiun, atau menerima manfaat investasi saat mencapai usia pensiun. Tidak ada salahnya untuk mengikuti program pemerintah yang satu ini. Apalagi jika dilakukan di usia muda, Anda akan merasakan manfaatnya nanti dengan memiliki cukup bekal di hari tua.

6. Asuransi Investasi

Jangan terburu-buru alergi dulu mendengar kata asuransi karena Anda justru bisa memanfaatkan asuransi investasi ini untuk dana pensiun. Asuransi investasi ini juga dikenal dengan nama asuransi kesehatan plus karena di samping mendapat jaminan kesehatan, Anda juga akan mendapat jaminan hari tua. Jadi, dana premi yang Anda bayarkan tidak hanya berfungsi sebagai perlindungan kesehatan tetapi juga dapat digunakan dalam bentuk investasi yang menguntungkan di masa tua Anda nanti. Hal ini disebut sebagai anuitas, yakni manfaat asuransi yang hanya bisa diperoleh ketika Anda pensiun dan memiliki program pensiun, dan dibayarkan secara bulanan atau berkala.

Dengan menerima dana pensiun secara berkala, Anda dapat mengatur keuangan Anda di masa tua dan menghasilkan pendapatan tetap di masa pensiun dengan manfaat anuitas dari asuransi investasi ini. Selain itu, dengan mengikuti jenis investasi ini, boleh dikatakan Anda sedang mengasuransikan pendapatan masa depan Anda sesuai dengan kesepakatan waktu. Nah, dengan keuntungan ganda apakah Anda tertarik dengan jenis investasi ini?

Itu tadi jenis investasi yang bisa Anda coba untuk mempersiapkan dana pensiun di masa tua Anda nanti. Anda bisa mencoba jenis investasi yang paling mungkin Anda lakukan dan sesuaikan dengan kondisi dan kemampuan Anda. Menjalani investasi memang perlu proses belajar, mulai dari menjalankan investasi yang berisiko kecil hingga yang berisiko besar. Namun semuanya kembali ke diri Anda masing-masing, karena Anda sendirilah yang menentukan masa depan Anda di hari tua nanti. Walaupun uang yang Anda sisihkan untuk investasi tidak terlalu besar, tetapi jumlah itu nantinya akan terus bertambah dan akan berguna untuk bekal hari tua Anda.

Menariknya, hasil atau keuntungan dari investasi yang Anda lakukan, nantinya tidak hanya sekadar bekal pensiun, tetapi juga bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan usaha lagi sehingga sistem keuangan Anda terus berputar. Kuncinya adalah Anda harus konsisten dan disiplin dalam menginvestasikan uang, karena semakin bijak Anda dalam mengelola keuangan, akan semakin bisa Anda rasakan manfaatnya untuk hari tua nanti.

Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.