5 Wisata Hits di Nusa Penida Bali

Image source : instagram.com/crazindy

Anda pasti pernah melihat foto pantai yang unik berbentuk punggung dinosaurus, atau pantai yang terlihat aneh dengan lubang di dinding karangnya, berseliweran di media sosial. Anda mungkin bertanya-tanya, dimana lokasi pantai-pantai unik itu berada.

Jawabannya adalah Nusa Penida. Pulau di sebelah tenggara Pulau Bali ini sedang hits karena memiliki banyak spot foto menarik. Karakteristik daratan yang berbatu membuat pantai-pantai di Nusa Penida terlihat unik. Untuk menuju pulau ini, Anda bisa menyeberang dari Pantai Sanur, Pelabuhan Benoa, Dermaga Kusamba atau dari Padangbai.

Penasaran dengan wisata yang ada di Nusa Penida? Berikut kami rangkum objek wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur di Nusa Penida.

1. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking

img source: qubicle.id

Pantai Kelingking paling sering menjadi spot foto pencinta wisata hits. Jadi tidak heran foto-foto Pantai Kelingking banyak diunggah ke media sosial karena memang bentuknya yang unik.

Pantai Kelingking berada di bawah tebing karang tinggi dan sedikit tersembunyi. Ketika berada di atas tebing, Anda akan melihat permukaan tebing yang menyerupai punggung dinosaurus atau wisatawan sering menyebutnya punggung T-Rex. Untuk mencapai pantai yang ada di bawahnya, Anda harus berjalan hati-hati menyusuri 'punggung' T-Rex itu.

Sebagian wisatawan cukup puas dengan melihat pemandangan dari atas tebing. Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba ke bawah dan menikmati suasana pantai yang indah lebih dekat lagi.

Kondisi jalan menuju Pantai Kelingking cukup bagus dan petunjuk cukup jelas. Anda bisa mengendarai sepeda motor untuk keliling Nusa Penida atau dengan menyewa mobil.

2. Pantai Atuh (Diamond Beach)

Pantai Atuh Bali

img souece: infokebali.com

Jika Raja Ampat terlalu jauh, mungkin Anda bisa pemanasan dulu di Pantai Atuh atau yang dikenal wisatawan sebagai Diamond Beach. Pantai Atuh berada di sisi timur Nusa Penida. Ketika Anda berkunjung ke pantai ini, dijamin Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan yang spektakuler.

Sama seperti Pantai Kelingking, Anda harus menuruni tangga batu untuk menuju pantai. Tangga batu di bawah tebing inilah yang sering dijadikan spot foto oleh pengunjung, karena dari spot ini terlihat latar belakang pantai dengan gugusan pulau karang yang indah mirip seperti di Raja Ampat.

Ada satu pulau karang yang paling unik di Pantai Atuh, yakni Pulau Batu Melawang, pulau yang paling besar. Pulau ini memiliki lubang atau semacam terowongan di bawahnya dan dipercaya nelayan setempat sebagai akses yang harus dilalui ketika akan berlayar.

Spot foto lainnya yang menjadikan Pantai Atuh sebagai wisata hits adalah rumah pohon Batu Molenteng. Dari rumah pohon ini Anda bisa menikmati pemandangan indah Pantai Atuh dan mendapatkan latar belakang foto yang keren. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Untuk ke area Pantai Atuh Anda hanya dikenakan biaya Rp5000, sedangkan jika berniat foto di rumah pohon Batu Molenteng Anda cukup membayar Rp10.000. Jika Anda tertarik untuk menginap di rumah pohon, Anda harus membayar Rp300.000/malam.

3. Broken Beach dan Angel's Billabong

Broken Beach dan Angel's Billabong

img source: pinterest.com

Broken Beach dan Angel's Billabong berada di lokasi yang berdekatan. Umumnya wisatawan yang mengunjungi Broken Beach akan meneruskan jalan kaki ke Angel's Billabong.

Broken Beach menjadi pantai yang hits karena bentuknya yang unik. Broken Beach disebut juga dengan Pasih Uug atau pantai rusak karena memiliki lubang besar pada dinding karang. Air laut masuk melalui lubang itu dan membentuk kolam di tengahnya.

Akses ke Broken Beach cukup sulit karena jalan berbatu. Anda perlu berhati-hati jika mengendarai sepeda motor. Saat kunjungan wisatawan sedang ramai, mungkin Anda perlu bersabar untuk berfoto dengan latar belakang dinding karang Broken Beach yang berlubang itu.

Puas menikmati pemandangan Broken Beach, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Angel's Billabong. Anda masih perlu berhati-hati karena melewati jalan berbatu yang cukup tajam. Setelah melewati medan yang cukup sulit, Anda akan menemukan pemandangan yang menakjubkan.

Angel's Billabong bagaikan infinity pool alami yang terbentuk dari batu karang. Sebaiknya Anda membawa baju ganti karena dijamin Anda pasti akan ingin berenang di kolam alami tersebut.   

4. Crystal Bay

Crystal Bay Bali

img source: kintamani.id

Crystal Bay menjadi salah satu spot snorkeling favorit di Nusa Penida. Akses jalan yang sulit menuju Crystal Bay memang menjadi tantangan tersendiri, tetapi Anda tidak akan menyesal setelahnya.

Jalan menuju Crystal Bay dihiasi jejeran pohon kelapa yang menguatkan kesan bahwa Anda sedang berapa di pulau tropis yang cantik. Tidak jarang wisatawan mengambil foto dengan latar belakang deretan pohon kelapa ini. Tidak hanya pohon kelapa yang indah, posisi Crystal Bay yang berada di teluk pun menawarkan ketenangan dan eksotisme.

Bayangkan diri Anda sedang duduk santai dengan latar deretan pohon kelapa dan menyaksikan momen sunset yang indah dengan ditemani air kelapa muda dan tentunya pasangan Anda. Anda akan merasakan suasana yang sangat romantis dan pasti akan betah dengan atmosfer Crystal Bay yang begitu menenangkan.

Pemandangan alam bawah laut Crystal Bay juga wajib Anda nikmati. Cobalah untuk snorkeling di tengah air laut yang jernih.

Tidak heran jika Crystal Bay menjadi salah satu wisata hits di Nusa Penida. Dengan suasana yang tidak terlalu ramai, Anda seolah sedang berada di pantai pribadi yang bisa Anda nikmati dengan leluasa.

5. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies Bali

img source: bali.com

Nah, jika sebelumnya kita membahas tentang pantai, kali ini ada wisata hits lainnya yang berbeda, yakni Bukit Teletubbies. Disebut Bukit Teletubbies karena memang terlihat mirip dengan bukit yang ada di serial TV anak-anak Teletubbies. Gundukan bukit yang bergelombang dan hijau akan menyegarkan mata Anda dan akan menjadi latar belakang foto yang keren.

Awalnya, Bukit Teletubbies merupakan tempat mencari pakan ternak oleh warga sekitar. Namun siapa sangka, tempat ini kemudian menarik minat pengunjung dan makin populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Anda akan dikenakan biaya Rp10.000 untuk menikmati objek wisata hits ini. Udara yang bersih dan segar, pemandangan hijau yang unik, akan membuat Anda betah. Jangan sampai Anda melewatkan tempat ini dan tidak mengabadikannya dalam sebuah foto.

Nusa Penida memang menjadi primadona pariwisata di kalangan wisatawan yang menyukai sedikit tantangan dan petualangan. Meskipun akses jalan di Nusa Penida tidak selalu mulus, kenyataannya tidak menghalangi wisatawan untuk terus datang.

Anda tidak usah khawatir dengan penginapan dan fasilitas penunjang lainnya di Nusa Penida. Ada banyak penginapan mulai dari hostel hingga resort yang sudah dibangun di Nusa Penida. Anda juga bisa menemukan kafe dan restoran dengan berbagai macam menu.

Pilihan favorit untuk menyeberang ke Nusa Penida adalah dari Pantai Sanur yang berada di Kota Denpasar. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp75.000 untuk naik fast boat untuk satu kali perjalanan atau one way. Anda bisa berangkat pada pagi hari mulai pukul 08.00 WITA atau sore hari paling lambat pukul 16.00 WITA. Selamat mencoba!

Artikel Terkait


Ngopi Cantik di Bali Pulina Coffee Plantation Bali

Menikmati Kampung Eropa Di Devoyage Bogor

Menikmati Indahnya Tempat Wisata Taman Sari Yogyakarta

9 Pantai Di Blitar Ini Punya Pemandangan Yang Begitu Menakjubkan

Ini Dia 8 Tempat Wisata Hits di Bekasi 2019

7 Spot Snorkeling Terbaik Di Indonesia Ini Punya Keindahan Menakjubkan Yang Patut Dicoba

Barang Barang Penting dan Multifungsi untuk Travelling Anda

Inilah 8 Tempat Wisata di Sumedang yang Cocok Untuk Liburan

Inilah 16 Tempat Wisata Hits Di Bogor 2019

Hutan Pinus Mangunan, Wisata Alam Hits Di Kota Jogja Yang Wajib Dikunjungi

12 Wisata Labuan Bajo Yang Menawan Dan Bakal Memanjakan Mata

Tak Perlu Liburan Jauh-jauh, 9 Tempat Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri Ini Bisa Dikunjungi


Baca Juga

1 Balasan untuk artikel "5 Wisata Hits di Nusa Penida Bali"

  • mahfud
    29 July 2019 14:45
    sangat bermanfaat

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.