5 Wisata Gratis di Ubud yang Wajib Dikunjungi

Ubud tidak pernah kehilangan pesona sebagai salah satu destinasi wisata populer di Bali. Sampai saat ini, Ubud masih menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun domestik.

Bagaimana tidak, Anda bisa menemukan banyak hal di Ubud. Mulai dari wisata alam, budaya, seni, dan kuliner. Semua itu bisa Anda nikmati hanya dengan berputar-putar di Ubud.

Dengan keragaman wisata yang ditawarkan, wisata Ubud juga tidak selalu membuat isi kantong Anda terkuras. Jika Anda berlibur dengan budget terbatas, Anda masih bisa menikmati keindahan Ubud dengan mengunjungi objek wisata gratis, alias tidak dipungut biaya.

Nah, berikut adalah 5 wisata gratis di Ubud yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur di Bali.

1. Bukit Campuhan Ubud

Bukit Campuhan Ubud

img source: thistravellife.com

Bukit Campuhan menjadi destinasi wisata populer beberapa tahun belakangan. Bukan hanya karena tidak dipungut biaya, tetapi juga karena pemandangan alam yang sangat indah dan instagenic. Lokasi Bukit Campuhan atau yang dikenal juga dengan Bukit Cinta memang sedikit tersembunyi, tetapi dekat dengan spot populer lainnya di Ubud, yakni Monkey Forest.

Anda harus melewati jalan setapak yang berada di sebelah Hotel Ibah di Jalan Bangkiang Sidem. Pertama-tama Anda melalui jalan turunan kecil terlebih dahulu, kemudian setelah melewati jembatan, Anda harus melalui jalan setapak yang menanjak. Jalur ini cukup membuat napas tersengal. Namun rasa lelah akan terbayar setelah melihat pemandangan Bukit Campuhan yang cantik.

Bukit Campuhan menjadi unik karena berada di antara dua sungai. Bayangkan saja Anda tengah berjalan di punggung bukit dengan pemandangan kanan kiri yang sangat hijau. Tidak heran jika pemandangan Bukit Campuhan sering menjadi objek foto populer. Dengan kesejukan alamnya, dijamin Anda akan betak berlama-lama di tempat ini.  

2. Pasar Seni Ubud

Pasar Seni Ubud

img source: depositphotos.com

Pasar Seni Ubud bukan hanya sekadar pasar oleh-oleh. Berada di pusat Ubud, Pasar Seni Ubud menjadi tujuan favorit sebagian besar wisatawan justru karena pemandangan pasar yang instagenic. Kabar baiknya, untuk masuk ke areal pasar Anda tidak akan dikenakan biaya apa pun, kecuali jika Anda memang berniat untuk membeli oleh-oleh.

Barang-barang dagangan khas Bali yang dijajakan pedagang di Pasar Seni Ubud ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Barang dagangan dengan berbagai macam varian itu seringkali menjadi latar belakang foto dan hasilnya sangat artistik. Jika Anda ingin sedikit pamer di media sosial, tidak ada salahnya datang ke Pasar Seni Ubud dan berfoto dengan latar belakang unik di tempat ini.

Pasar Seni Ubud juga pernah menjadi lokasi syuting film Eat, Pray, Love yang dibintangi bintang Hollywood ternama, Julia Roberts. Ada adegan dimana Julia Roberts sedang berjalan-jalan di Pasar Seni Ubud bersama lawan mainnya di film itu, Javier Bardem.

 3. Puri Saren Ubud

Pura Taman Saraswati Ubud

img source: pinterest.com

Puri Saren Ubud terletak di tengah-tengah pusat kota Ubud, berdekatan dengan Pasar Seni Ubud. Dahulu Puri Saren Ubud merupakan tempat tinggal keluarga raja. Saat ini Puri Saren Ubud terbuka untuk wisatawan. Namun hanya areal tertentu yang boleh dikunjungi wisatawan. Untuk mengunjungi puri, Anda tidak akan dikenakan biaya apa pun.

Ketika memasuki areal puri, Anda akan dibuat takjub dengan arsitektur khas Bali mulai dari gapura, bale dan ornamen-ornamen yang indah. Anda akan terbayang bagaimana megahnya Kerajaan Ubud di masa lampau. Detail-detail ukiran dan ornamen pada dinding masih terjaga dengan baik. Saat ini, Puri Saren Ubud juga difungsikan sebagai musem yang menyimpan peninggalan sejarah Ubud dan sastra-sastra kuno.

Spot favorit untuk foto di Puri Saren Ubud adalah Kori Agung atau gapura khas Bali yang khas. Jam operasional Puri Saren Ubud antara pukul 08.00-19.00 WITA. Datanglah setelah berkunjung ke Pasar Seni Ubud atau sebaliknya karena lokasi yang berdekatan. Sebaiknya Anda tidak melewatkan spot ini ketika sedang jalan-jalan ke Ubud.  

4. Pura Taman Saraswati Ubud

img source: instagram.com/laura_barioz/

Pura Taman Saraswati terletak masih di pusat Ubud, tepatnya di Jalan Kajeng, belakang Cafe Lotus. Pura Taman Saraswati merupakan tempat pemujaan untuk Dewi Saraswati sebagai lambang ilmu pengetahuan. Pura ini dibangun atas perintah Pangeran Ubud, Cokorda Gede Agung Sukawati dan diarsiteki oleh I Gusti Nyoman Lempad pada tahun 1951.

Jam operasinal Pura Taman Saraswati antara pukul 07.00-17.00 WITA. Sebelum mengunjungi areal pura, ada beberapa aturan yang harus Anda ikuti. Anda diharuskan memakai kain sarung dengan selendang dan pakaian sopan. Ketika berada di areal pura diharapkan Anda menjaga kebersihan pura, tidak menaiki tempat-tempat pemujaan yang disakralkan dan tidak berkata-kata kasar. Anda tidak diperbolehkan masuk jika sedang datang bulan.

Pura Taman Saraswati memiliki taman yang sangat indah. Saat memasuki pelataran pura, Anda akan melihat kolam lotus yang cantik. Lotus atau teratai melambangkan ilmu pengetahuan yang suci. Selain taman yang indah, Pura Taman Saraswati memiliki tiga kori atau gerbang, dengan satu gerbang utama yang berada di tengah.

Wisatawan tidak diizinkan masuk ke areal dalam pura karena dikhususkan untuk umat Hindu yang sembahyang. Meski begitu, Anda tetap bisa mengabadikan pemandangan pura ini dari luar.

5. Threads of Life Ubud

Threads of Life Ubud

img source: pinterest.com

Masih di Jalan Kajeng Ubud, Anda bisa mengunjungi Threads of Life Ubud. Anda hanya perlu berjalan kaki dari Puri Taman Saraswati. Tempat ini cocok untuk Anda yang menyukai kain-kain tradisional.

Threads of Life Ubud merupakan suatu tempat produksi tekstil tradisional Bali dan Indonesia Timur. Di tempat ini kamu bisa melihat berbagai jenis kain khas nusantara dengan berbagai motif hasil kreasi ribuan wanita yang bekerja sama dengan Threads of Life. Kamu akan takjub melihat indahnya koleksi kain tenun khas nusantara yang dipajang di sini. Beberapa di antaranya adalah buatan pengrajin kain asal Sidemen, Seraya dan Nusa Penida. Sedangkan yang dari luar Bali, kamu bisa melihat kain tradisional khas Sumba dan Timor.

Kain-kain tradisional di Threads of Life dibuat dengan cara tradisional dan bahan alami, termasuk bahan pewarna yang tidak mengandung zat kimia. Threads of Life menjual kain-kain ini dengan tujuan mendukung pengrajin lokal, jadi tidak heran jika harga satu kain tradisional bisa sangat mahal. Namun, Anda tidak harus membeli kain tradisional yang dipajang di sini. Anda diizinkan untuk melihat-lihat tanpa harus membayar tiket.

Bagaimana? Anda sudah punya rencana untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut? Meskipun gratis, tempat-tempat wisata tersebut sangat layak untuk dikunjungi karena memiliki sesuatu yang khas.

Jika tertarik dengan wisata alam, Anda bisa datang ke Bukit Campuhan Ubud. Bagi Anda pecinta wisata budaya dan religi, Puri Saren Ubud, Pura Taman Saraswati dan Threads bisa menjadi pilihan. Bahkan Pasar Seni Ubud pun memiliki daya tarik yang tersendiri, terutama bagi Anda pencinta fotografi.

Jadi tidak usah bingung jika memiliki rencana untuk berlibur ke Bali. Masukkan Ubud ke daftar liburan Anda.

Artikel Terkait


8 Spot Wisata Keren Yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Dingin Di Jepang

Ini Dia 8 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Cocok Untuk Liburan

Inilah 15 Tempat Wisata Keren di Bandung 2019

Menikmati Indahnya Warna Warni Bunga Di Taman Bunga Nusantara

12 Wisata Labuan Bajo Yang Menawan Dan Bakal Memanjakan Mata

Inilah 8 Tempat Wisata di Jakarta yang Cocok Untuk Liburan

Wisata Belanja di Seoul Korea Selatan yang Harus Anda Kunjungi

The Lodge Maribaya, Wisata Hits Dan Instagramable Di Kota Bandung

7 Wisata Pura Populer di Bali yang Wajib Dikunjungi

Inilah 13 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Tidak Boleh Terlewatkan

Trik dan Tips Packing Praktis Saat Traveling

Tak Perlu Liburan Jauh-jauh, 9 Tempat Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri Ini Bisa Dikunjungi


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.