5 Tips Praktis Memulai Bisnis Online untuk Pemula

img source: pexels.com

Bagi Anda yang ingin membangun sebuah usaha, bisnis online mungkin metode yang tepat untuk Anda. Di zaman dengan perkembangan teknologi yang pesat, bisnis online merupakan sebuah usaha yang menjanjikan. Perkembangannya pun luar biasa, terbukti dari pesatnya pertumbuhan transaksi e-commerce mencapai 500?lam lima tahn dan menjamurnya market place Serta toko-toko online di Indonesia. Kini pelaku usaha tidak perlu pusing memikirkan lokasi strategis untuk membuka usaha karena sudah bisa menjual produk secara online bahkan dengan jangkauan yang lebih luas.

Mengetahui fakta tersebut, mungkin Anda tertarik memulai bisnis online. Namun Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Bisnis online memang menjanjikan dan memberi banyak keuntungan, tetapi jumlah kompetitor pun semakin banyak dan persaingan semakin ketat. Maka dari itu, Anda harus paham bagaimana cara dan trik menjalankan bisnis online ini agar Anda mampu bersaing dalam pertarungan usaha. Nah, berikut kami rangkum beberapa poin penting yang harus menjadi fokus Anda dalam membangun bisnis online.

1. Memahami Apa yang Anda Jual

Hal yang paling mendasar ketika akan memulai sebuah bisnis adalah memahami barang yang akan Anda jual. Kenali dulu barang apa saja yang ingin Anda jual dan pelajari secara detail kualitas produk tersebut. Intinya Anda diharuskan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai produk yang ingin Anda jual, tujuannya agar Anda bisa menetapkan harga jual yang pantas dan mampu menjelaskan kepada pelanggan apabila ada pertanyaan-pertanyaan mengenai produk tersebut. Lalu, Anda juga harus paham selera pasar. Kira-kira produk seperti apa yang sekarang diminati konsumen? Produk seperti apa yang saat ini ramai dijual dan booming? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu harus bisa Anda jawab melalui riset produk.

Riset produk merupakan tahapan yang penting dalam membuka bisnis online. Selain memahami selera pasar, ketahui juga produk apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan lakukan riset terhadap produk yang perputarannya cepat. Jadi pada intinya, carilah produk yang memiliki pasar luas, dibutuhkan banyak orang dan memiliki perputaran cepat. Sebagai pemula, Anda juga bisa memulai bisnis dengan menjual produk orang lain misalnya dengan metode dropship, reseller atau affiliate marketing.

2. Membuat Brand yang Menarik

Brand memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap bisnis Anda. Sebaiknya jangan membuat brand dengan asal-asalan. Pemilihan nama brand harus tepat, sesuai dengan bisnis Anda, menarik dan mudah melekat di ingatan orang. Buat logo yang berkarakter dan mudah dikenali. Brand merupakan hal penting sebab menunjukkan citra usaha Anda. Walaupun Anda masih pemula dan bisnis online masih kecil-kecilan, brand tetap merupakan hal yang harus diperhatikan karena brand yang dirancang dengan baik akan membuat calon konsumen percaya dan yakin dengan produk yang Anda jual. Kalau brand atau logo yang Anda buat asal-asalan, konsumen tidak akan yakin dengan usaha Anda dan malah menganggap Anda tidak serius dalam berbisnis.

3. Membuat Website atau Toko Online

Setelah tahu produk apa yang akan dijual dan brand yang ingin Anda tunjukkan, Anda bisa membuat website. Hal ini penting karena Anda sedang membangun bisnis online dimana pemasarannya melalui internet dan membutuhkan media untuk menampilkan produk secara online. Sebagai permulaan, gunakan website sederhana yang bisa Anda kerjakan sendiri karena yang terpenting adalah Anda bisa menampilkan produk Anda dengan jelas. Sekarang ini sudah banyak tutorial membuat website di internet yang bisa Anda pelajari. Jangan membuat website yang terlalu ramai, gunakan background polos berwarna putih, huruf sederhana yang jelas terbaca, tidak usah menggunakan berbagai macam model huruf dan jangan lupa tambahkan kontak Anda.

Selain membuat website, Anda bisa mencoba untuk menjual produk Anda pada market place atau pasar online, media sosial dan aplikasi chat. Cara-cara tersebut lebih mudah dibanding membuat website dan cocok untuk pemula. Apalagi saat ini sudah banyak pasar online yang bisa Anda coba seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lain-lain. Anda juga bisa mencoba berjualan di Facebook, Instagram, Line dan lain-lain. Metode ini bisa Anda lakukan secara gratis dan langsung Anda manfaatkan untuk promosi. Pilihlah media yang paling Anda kuasai. Penggunaan aplikasi chat seperti Line dan Whatsapp juga akan memudahkan Anda menjalin komunikasi dengan pelanggan. Suatu saat ketika bisnis Anda sudah berkembang, Anda pun bisa membuat website untuk menunjukkan keseriusan Anda.

Anda bisa menggunakan website yang gratis maupun berbayar. Di tahap awal mungkin Anda bisa menggunakan website gratis seperti Wordpress, Blogspot atau Tumblr. Namun selanjutnya untuk menunjukkan profesionalisme usaha, tidak ada salahnya mengeluarkan sedikit modal untuk menggunakan website berbayar.

4. Cari Tahu Kompetitor

Selain melakukan riset produk, Anda juga perlu melakukan riset kompetitor. Hal ini penting dilakukan agar Anda mengetahui bagaimana kompetitor Anda dalam menjalankan bisnisnya. Cari tahu produk apa yang mereka jual, seberapa banyak yang sudah mereka jual, bagaimana review mereka dan lain-lain. Untuk mencari tahu cukup mudah, Anda bisa melihatnya di market place atau pasar online dan mengobservasi toko online yang berjualan di sana. Dari situ pula Anda bisa tahu barang-barang seperti apa yang memiliki angka penjualan yang bagus. Anda pun bisa belajar bagaimana menjalankan bisnis online melalui market place dari apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda. Apakah mereka merespon dengan cepat? Apakah kualitas produk mereka baik? Semua itu bisa Anda analisis pada review pelanggan.

Nah, mungkin dari sekian banyak review yang masuk akan ada komentar yang kurang bagus ditujukan untuk kompetitor Anda. Informasi ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar Anda tidak melakukan hal yang sama. Belajar dari kompetitor merupakan hal praktis yang bisa Anda lakukan karena Anda hanya perlu mengeceknya melalui ponsel.

Selain kualitas produk dan pelayanan penjual, Anda juga bisa mencari tahu harga pasaran produk yang ingin Anda jual di market place. Tujuannya agar harga yang Anda tawarkan tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi.

5. Promosi Online

Nah, langkah ini sangat penting karena Anda harus memperkenalkan bisnis Anda secara luas untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Promosi online terbilang mudah, Anda bisa melakukannya secara gratis melalui media sosial atau dengan yang berbayar. Sebagai permulaan Anda bisa mempromosikan bisnis di Facebook atau Instagram. Apalagi jika Anda memiliki follower yang banyak. Makin baik lagi jika Anda rajin membagi tautan atau share akun toko online Anda di media sosial. Namun, apabila Anda menginginkan promosi yang lebih luas dan tertarget, Anda bisa mencoba promosi online berbayar. Anda bisa memanfaatkan konten marketing Instagram atau menggunakan Facebook Ad. Sesuaikan dengan kemampuan atau budget Anda.

Selain memanfaatkan konten marketing pada media sosial, ada cara lain lagi yang sering digunakan oleh pelaku usaha terutama pebisnis online, yakni dengan endorsement. Memanfaatkan popularitas influencer juga cukup efektif dalam mempromosikan produk yang Anda jual. Pilihlah influencer yang sesuai dengan image perusahaan dan jenis produk yang Anda jual, pertimbangkan pula jumlah dan karakter pengikut dari influencer tersebut. Jika Anda ingin mempromosikan produk fashion yang digemari anak muda, maka pilih influencer yang memiliki pengikut dominan anak muda untuk mempromosikan produk Anda.

Nah, itu dia langkah-langkah awal untuk memulai bisnis online untuk pemula. Semoga tips-tips yang kami berikan bermanfaat untuk Anda yang ingin memulai bisnis online. Namun terlepas dari semua itu ada satu hal yang harus Anda miliki, yakni keberanian untuk mencoba. Jadi jangan ragu ketika akan memulai sebuah usaha. Coba saja dulu.

Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.