5 Kuil di Kyoto Jepang dengan Pemandangan Mengagumkan

Photo Source:instagram.com/innov_a

Kyoto menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jepang. Berbeda dengan Tokyo yang padat dan modern, Kyoto justru menampilkan visual yang sangat tradisional dan kultur yang kuat. Dahulu Kyoto menjadi ibukota pemerintahan kekhaisaran Jepang, jadi tidak heran banyak peninggalan sejarah yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Kehidupan masyarakat Kyoto kelihatan lebih santai dibanding warga Tokyo yang serba cepat. Masyarakat yang ramah, kota yang tidak terlalu padat dan penampakan kota yang cantik menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Salah satu destinasi wisata yang paling ramai dikunjungi wisatawan saat di Kyoto adalah kuil-kuil yang cantik. Kuil-kuil di Kyoto memiliki pemandangan yang sangat indah dan sangat terawat. Menampilkan arsitektur tradisional Jepang, kuil-kuil ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.

1. Kiyomizudera Temple

Kiyomizudera menjadi salah satu kuil yang paling ramai dikunjungi wisatawan karena tampak cantik di semua musim. Kiyomizudera berada pada sebuah tebing yang di sekelilingnya adalah perbukitan hijau. Setiap musimnya, pemandangan di sekitar Kiyomizudera akan terlihat berbeda-beda. Wisatawan umumnya datang saat musim semi dimana bunga-bunga sedang bermekaran dan musim gugur yang menampilkan warna dedaunan yang cantik.

Kiyomizudera dirancang seperti rumah panggung dan memiliki tiang-tiang kayu penyangga yang besar yang fungsinya menopang bangunan. Struktur bangunan dibuat dengan metode tradisional Jepang, yakni tidak menggunakan paku untuk menyambung struktur yang keseluruhannya terbuat dari kayu. Secara berkala, pemerintah setempat melakukan restorasi pada bangunan kuil untuk menjaga kekuatan struktur tanpa mengubah gaya arsitektur kuil. Jadi pastikan Anda datang saat kuil ini tidak sedang direstorasi.

Untuk mencapai Kiyomizudera, Anda harus melalui jalan menanjak. Di sepanjang tanjakan terdapat jejeran toko souvenir, cafe hingga gerai es krim yang bisa Anda coba. Setelah sampai di atas, Anda akan memasuki sebuah gapura besar bergaya khas Jepang dan melihat beberapa bangunan kuil. Anda hanya perlu berjalan sedikit untuk masuk ke dalam kuil utama yang berada di pinggir tebing dan melewati jalan setapak untuk mencari spot foto terbaik. 

Pemandangan yang bisa Anda lihat dari Kiyomizudera sangat luar biasa. Jika Anda datang saat musim semi, Anda akan melihat bunga sakura berwarna merah muda menghiasi hamparan bukit. Seketika pemandangan cantik tersebut akan membuat Anda jatuh cinta.

2. Yasaka Shrine

Yasaka Shrine merupakan kuil Shinto yang berada di Distrik Gion. Berkunjung ke kuil Yasaka akan membuat Anda sedang melakukan perjalanan ke masa lalu, dimana lingkungan sekitar kuil masih terlihat tradisional dengan bangunan-bangunan kayu khas Jepang. Anda akan merasakan kehangatan suasana Kyoto saat berkunjung ke Gion.

Setiap tahun pada bulan Juli di kuil Yasaka akan diadakan Gion Matsuri yang merupakan festival musim panas terbesar di Jepang. Banyak orang berpartipasi dalam festival ini dan akan menjadi suguhan yang menarik bagi Anda. Selain musim panas, musim semi menjadi waktu favorit wisatawan untuk berkunjung karena menyajikan pemandangan yang sangat indah. Hal itu dikarenakan bunga sakura di sekitar kuil Yasakan sedang bermekaran.

Hal menarik yang bisa Anda temui di sini adalah panggung tarian dengan hiasan lentera yang terletak di tengah kuil. Saat malam hari, lentera-lentera ini akan menyala dan menyajikan visual yang sangat cantik. Spot inilah yang sering dibidik ke dalam sebuah foto oleh wisatawan.

3. Kinkakuji Temple

Kinkakuji menjadi kuil berikutnya yang memiliki pemandangan alam luar biasa. Kinkakuji berada di pinggir danau yang indah, dikelilingi taman bergaya khas Jepang dan pemandangan hijau di sekitarnya. Lingkungan yang asri dan terawat membuat Kinkakuji sangat nyaman dan layak untuk dikunjungi.

Tidak hanya pemandangan alam yang luar biasa, Kinkakuji juga memiliki visual yang indah. Pada tahun 1950, Kinkakuji sempat terbakar. Namun arsitek Jepang pada masa itu berhasil membangun Kinkakuji kembali. Kinkakuji terlihat luar biasa karena memiliki dinding yang dilapisi kertas emas. Oleh sebab itu kuil ini dijuluki Gold Pavillion.

Posisi Kinkakuji yang di pinggir danau tidak pernah luput dari bidikan kamera wisatawan. Dilihat dari sudut manapun, kuil tetap terlihat cantik dengan latar belakang pemandangan hijau yang menyegarkan. Jika Anda datang saat musim gugur, Anda akan melihat pemandangan momiji yang berwarna kemerahan, warna khas musim gugur. Ketika Anda berkunjung saat musim dingin sekalipun, Anda masih bisa melihat Kinkakuji berlapis salju yang ternyata sangat artistik.

Anda akan puas berkeliling di Kinkakuji, menyusuri jalan setapak berbatu dan taman Jepang yang asri. Tidak mengherankan kuil ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan.  

4. Ginkakuji Temple

Ginkakuji dikenal sebagai pasangan Kinkakuji. Kuil ini disebut sebagai Silver Pavillion karena dindingnya dilapisi kertas perak. Ginkakuji juga memiliki pemandangan luar biasa. Sama seperti Kinkakuji, Ginkakuji juga dibangun di tepi danau dan dikelilingi taman bergaya khas Jepang yang sangat cantik.

Melihat keindahan Ginkakuji dan taman yang mengelilinginya bagaikan melihat karya seni. Anda akan takjub ketika berkunjung ke kuil ini, terutama pada musim-musim tertentu. Kuil ini terlihat seperti lukisan ketika Anda mengabadikannya dalam sebuah foto.

Hal yang sedikit berbeda ketika berkunjung ke Ginkakuji adalah Anda akan melihat taman pasir khas Jepang, dimana tidak ada pohon sama sekali. Di taman itu Anda hanya akan melihat hamparan pasir dan batu yang dibuat dengan alur-alur yang konon memiliki makna.

5. Fushimi Inari Shrine

Fushimi Inari Shrine wajib menjadi destinasi Anda berikutnya. Anda mungkin sering melihat foto di media sosial dimana seorang traveler berfoto dengan latar belakang torii (gerbang) yang banyak. Spot foto populer itu adalah Fushimi Inari. Kuil Shinto ini memiliki ciri khas berupa deretan torii yang membentuk koridor. Tidak tanggung-tanggung, torii yang ada di kuil ini berjumlah 10.000 dan konon dibangun oleh para pengikut kuil Fushimi Inari.

Fushimi Inari merupakan kuil pemujaan Dewa Inari atau dewa pertanian. Kuil ini dipercaya oleh masyarakat setempat untuk mendapatkan berkah dan kesuksesan usaha atau bisnis. Dahulu para pengikut kuil Fushimi Inari memiliki tradisi membangun torii, bahkan kemudian perusahaan-perusahaan di Jepang ikut menyumbang torii. Itulah sebabnya ada ribuan torii di sini. Para wisatawan tidak pernah melewatkan kesempatan untuk berfoto di spot ini.

Selain ciri khas yang unik, lokasi kuil Fushimi Inari yang berada di kaki Gunung Inari membuat kuil ini memiliki pemandangan yang indah. Di sekeliling kuil adalah pepohonan hijau yang memberikan kesegaran bagi pengunjung. Warna hijau di sekitar kuil pun tampak kontras dengan bangunan kuil yang didominasi warna merah.

Saat Anda berkunjung ke Kyoto, sediakanlah waktu untuk mengunjungi kuil-kuil dengan pemandangan mengagumkan ini. Rasa lelah harus berjalan jauh di jalur menanjak tidak akan terlalu terasa karena di sekeliling Anda adalah pepohonan rimbun yang menyegarkan.

Keunikan dan keindahan kuil-kuil di Kyoto ini akan memberi kesan yang mendalam untuk perjalanan Anda. Bahkan, Anda mungkin akan merasa kangen dan ingin kembali ke Kyoto karena kehangatannya. Maka dari itu, mulai sekarang persiapkan diri Anda untuk berkunjung ke kota yang banyak memiliki situs bersejarah ini.

Artikel Terkait


Wisata Ala Perkebunan Eropa Di Farm House Susu Lembang Bandung

Inilah 13 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Tidak Boleh Terlewatkan

Menikmati Indahnya Warna Warni Bunga Di Taman Bunga Nusantara

Ini Dia 8 Tempat Wisata Hits di Bekasi 2019

Inilah 8 Tempat Wisata di Jakarta yang Cocok Untuk Liburan

Inilah 15 Tempat Wisata Keren di Bandung 2019

7 Wisata Pura Populer di Bali yang Wajib Dikunjungi

Menikmati Indahnya Tempat Wisata Taman Sari Yogyakarta

Tips Traveling Asyik ke Korea Selatan

Wisata Belanja di Seoul Korea Selatan yang Harus Anda Kunjungi

5 Wisata Hits di Nusa Penida Bali

Inilah 8 Tempat Belanja di Yogyakarta yang Murah Meriah


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.