17 Permen Jadul, Favorit Anak-Anak 90an

Permen Jadul menjadi jenis permen-permen kuno yang selalu dirindukan anak-anak yang lahir tahun 90an. Meskipun kebanyakan di antara mereka kini sudah berusia di atas 20 tahun, tapi selalu saja kangen ngemut permen jaman dulu.

Buat yang masa kecilnya tidak pernah dilarang makan permen sama mama, pasti pernah kan cobain ngemut permen legendaris seperti Hot-Hot Pop? Ya, walaupun efeknya terkadang bikin dijewer mama, tetap saja sembunyi-sembunyi beli.

Halo anak-anak 90an di manapun kalian berada. Apakah kalian ingat dengan permen-permen di bawah ini?

Permen Jadul

img source: youtube.com

1. Permen Dreamy

Ini nih permen yang menemani zaman SD dulu. Permen kecil-kecil sekali ukurannya tidak sampai 1 cm. Bentuknya kotak dan berisi beberapa butir saja dalam satu bungkusnya.

Ada banyak varian permen dreamy, seperti susu strawberry, coklat, vanilla dan mint. Dan kita akan paling senang jajan dreamy yang isinya warna-warni, biar semua rasa dimakan.

2. Permen Asem

Ini adalah permen jadul yang bukan hanya untuk generasi 90an aja sih. Bahkan generasi yang lahir tahun 70-80an juga demen banget makan permen asem. Entahlah kapan sejarah lahirnya permen ini.

Yang jelas, permen asem itu biasanya warnanya coklat atau merah keruh. Rasanya jelas asem dan ditaburin gula pasir di bagian luarnya. Bentuknya ada bulat dan ada pula yang lonjong.

3. Permen Cicak

Siapa yang suka makan permen cicak? Mungkin karena bentuknya yang mirip telor cicak, jadinya dikasih nama demikian. Permen jadul ini terbuat dari kedelai yang dilapisi bahan permen warna-warni.

Jangan tanya rasanya, permen cicak sungguh enak sekali. Biasanya dijual dalam bentuk rencengan, harganya Rp100 saja per bungkus, isi sekitar 7-8 butir saja. Kalau zaman now, permen cicak masih ada tidak, ya?

4. Permen Pindy Mint

Ini nih permen yang paling dikenang sepanjang masa karena jargonnya yang unik banget, yaitu “dingin-dingin empuk”. Kita yang lahir tahun 90-an mungkin lupa bentuk permen Pindy Mint. Tapi tidak bakal lupa jargonnya ini.

Kabar baiknya, permen jadul ini masih diproduksi hingga sekarang, loh! Pabrik Pindy Mint juga mengeluarkan varian Pindy Susu. Kalau mau beli gampang banget, bisa lewat Shopee dan marketplace lainnya.

5. Permen Ceker

Inilah permen ceker yang sangat terkenal di zaman kecil. Permen jadul berbentuk kaki ini punya merek Hot Hot Pop. Warna merahnya sangat terang sampai-sampai saat kita menjilatnya, pewarna merah akan menempel di lidah.

Namun justru karena warna merahnya inilah permen ini menjadi kesukaan anak-anak kecil zaman dulu. Rasa manisnya juga membuat ketagihan. Makan satu permen saja bisa kurang.

6. Permen Pagoda

Sepertinya jenis permen jadul ini masih ada. Permen elit Pagoda dijual dalam kemasan kaleng bulat tipis. Bisa dibilang hanya anak-anak 90an yang kaya yang biasanya beli karena harganya agak mahal. Kalau soal rasa, permen pagoda ini semwiring dengan perisa buah-buahan.

7. Permen Davos

Siapa yang pernah makan permen Davos? Hingga hari ini masih diproduksi loh, permennya! Konon kabarnya, pabrik permen jadul Davos terletak di Purbalingga, Jawa Tengah. Sedangkan distribusinya sepertinya merata di seluruh Jawa.

Permen Davos itu warnanya putih, tersedia berbagai varian. Ada yang kemasan kecil dengan bentuk bulatan-bulatan kecil. Dan ada yang besar dengan bulatan yang besar pula. Rasanya semriwing-semriwing mint.

8. Permen Sugus

Siapa yang tidak kenal dengan permen Sugus? Jenis permen empuk manis yang rasanya buah-buahan. Sepertinya hingga beberapa tahun kemarin masih sering nongol di swalayan dan warung-warung. Entah sekarang apakah masih ada atau tidak.

Jenis permen kuno Sugus yang suka dibeli anak-anak 90an adalah yang kemasannya kecil-kecil berbungkus plastik. Kecuali saat mereka membelinya di mall bareng mama papa, biasanya beli yang kemasannya besar bertumpuk panjang dengan bungkus kertas licin.

9. Permen Karet Yosan

Tak bisa dipungkiri inilah merek permen karet legendaris yang akhir-akhir ini booming lagi. Permen karet Yosan tersedia dalam 2 varian bentuk yaitu yang pipih persegi dan yang bulat. Masing-masing punya ciri khas.

Kalau yang pipih persegi dibungkus kertas undian berhadiah dengan cara mengumpulkan huruf-huruf untuk dirangkai menjadi tulisan YOSAN. Huruf N adalah yang paling sulit didapat. Varian Yosan persegi tersedia dalam 3 warna dan rasa, yaitu merah, hijau dan kuning.

Sedangkan kalau yang bulat itu warna-warninya lebih banyak, seperti ada oranye dan biru juga. Tapi permen ini kalau diemut sebentar saja warnanya bakal hilang. Dan tidak ada kertas undian huruf Yosan juga.

10. Permen Jahe

Rasanya pedas dan manis, biasanya sangat disukai orang dewasa. Tapi anehnya anak-anak 90an sangat suka makan permen jadul ini. Walaupun kepedesan, tapi cuek aja dan malah ketagihan.

Jenis permen jahe ini biasanya berwarna coklat, bentuknya persegi panjang kecil agak pipih. Cuma dibungkus plastik putih transparan. Sekujur permen ini dilapisi gula pasir dan kalau gulanya sudah habis, maka rasanya bakal pedas dan agak pahit lama-lama. Tapi enak banget tentunya.

11. Permen Peluit

Entah apa nama permen yang satu ini, tapi bentuknya seperti ring-ring kecil. Bulatan seperti kapur warna-warni dengan lubang di tengah. Kalau kita tiup dengan cara disusupkan ke bibir, maka bakalan bunyi seperti peluit.

Anak-anak 90an senang banget sama permen jadul yang satu ini. Terkadang mereka beli sampai beberapa biji sekaligus. Anehnya, beberapa anak kesulitan meniupnya. Mungkin karena gigi depannya masih ompong kali ya?

12. Permen Collin's

Ada dua varian rasa permen Collin's, yaitu kacang dan kelapa.Tapi yang jadi favorit anak kecil tahun 90an adalah yang rasa kacang karena manis dan pakai kacang asli. Sehingga kalau diemut lama-lama bakal bergerigi dengan kacang-kacangnya.

Varian yang kacang itu warnanya coklat. Sedangkan yang kelapa berwarna putih. Kalau jajan permen jadul Collin's ini tidak cukup 1, pasti bisa sampai 10 sendiri. Hayoo, ngaku?

13. Permen Dinamit

Yang tak boleh terlupakan adalah permen dinamit. Memang munculnya juga tidak setua Pindy Mint, tapi kalau urusan popularitas, permen jadul ini sangat terkenal dengan sensasinya.

Warnanya putih dan bentuknya oval agak pipih, dengan gerigi di tepiannya. Rasanya mint semriwing, kalau diemut 2-3 menit saja bakal menipis permennya dan tiba-tiba saja meledakkan coklat leleh yang enak banget. Apa permen kuno ini masih ada ya, sekarang?

14. Permen Jagoan Neon

Permen jadul lollipop yang muncul di tahun 2000-an ini, saat anak-anak tahun 90an hampir lulus SD. Ya, tentu kita masih ingat dengan si jagoan neon. Hampir mirip dengan permen ceker alias permen kaki, kalau di Jagoan Neon ini bentuknya bulat.

Jagoan Neon warnanya biru keunguan dan kalau dijilat akan meninggalkan jejak warna biru tua pula di lidah. Anak zaman dulu suka banget jajan ini. Bakal dimakan bareng teman-temannya sambil main melet-meletin lidah.

15. Permen Tape

Siapa yang suka makan permen tape? Jenis permen kuno ini sepertinya hanya dikenal segelintir anak tahun 90an. Karena distribusinya yang tidak merata di tiap daerah. Tapi kalau dilihat dari bentuknya, apakah permen tape ini sama dengan prem ya?

16. Permen Bolala

Siapa yang pernah makan permen berbentuk bulat dan warna-warni ini? Rasanya buah-buahan dan rasanya enak banget. Biasanya kita memakan dari yang warnanya paling jelek dulu. Barulah yang menurut kita paling bagus.

17. Permen Magic Pop

Rasanya tidak lengkap kalau kita tidak menyebutkan jenis permen jadul yang satu ini. Ya, Magic Pop muncul di awal tahun 2000-an dengan sensasi rasa yang luar biasa aneh. Belum lagi ditambah dengan sensasi meletusnya. Jadi kalau kita makan serbuk permennya, maka permen ini akan meletup-letup di lidah. Bikin kaget, deh!

Nah, dari sekian banyak permen di atas, manakah yang masih eksis hingga sekarang? Dan manakah permen jadul favoritmu? Sungguh ini memang nostalgia yang takkan terlupakan. Andai permen-permen itu masih diproduksi, pastilah bakal dikerubut pembeli.

Artikel Terkait


9 Kuliner Khas Korea Selatan yang Paling Digemari di Indonesia

Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

Inilah 16 Makanan Khas Daerah yang Populer di Indonesia

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

Kuliner Sehat di Bali untuk Anda Penyuka Menu Vegetarian

Varian Donat Unik di Berbagai Negara, Ada yang Berlapis Emas!

14 Jenis Sate Unik dan Nikmat Luar Biasa Asli Indonesia

10 Makanan Khas Bali Yang Wajib Kamu Coba Saat Berlibur Ke Bali

Liburan ke Banten? Ini Dia 8 Makanan Khas Banten

Ini Dia 14 Makanan Khas Papua yang wajib Diketahui

Serba Serbi Seputar Tip Makan di Restoran Seluruh Dunia dan Cara Terbaik Memberikannya


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.