15 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Belakangan terakhir ini buah manggis menjadi popular karena iklan ekstrak kulit manggis dimana soundtracknya mudah diingat siapa saja. buah manggis adalah buah yang memiliki rasa manis dan cenderung asam. Buah manggis adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. tidak hanya buahnya saja, bahkan kulit buahnya pun memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Siapa yang tidak kenal dengan buah manggis. Ya, siapa saja yang mencicipinya akan berfikir bahwa manggis adalah buah yang enak dan segar. Selain enak, buah ini memiliki banyak manfaat. Dan yang lebih memiliki banyak manfaat adalah di bagian kulitnya.

Buah manggis mengandung zat Xhatone, tannin dan astosionin yang menjadikan buah manggis sebagai buah yang memilliki kandungan antiinflamasi, antialergi, antibakteri, antifungsi dan antioksidan. Semua zat yang terkandung dalam buah manggis ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan merawat kulit.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memetik manfaat dari buah dan kulit buah manggis ini. Dimana anda bisa menggunakan kulitnya sebagai masker dan mengkonsumsi daging buahnya. Kemudian anda juga bisa mengkonsumsi ekstrak manggis baik dari produk kecantikan maupun kesehatan.

Lantas apa saja manfaat dari kulit manggis untuk kesehatan? Berikut manfaatnya.

  • Mengatasi jerawat

Kulit buah manggis bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Jerawat adalah masalah pada kulit yang biasa dialami oleh banyak orang. Jerawat seringkali sulit diatasi sehingga membuat setiap orang menyerah untuk mengatasinya. Namun, kini anda tidak perlu khawatir karena kulit manggis menjadi salah satu cara alternatif anda untuk mengatasi masalah jerawat.

Kulit manggis mengandung antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan pada jerawat. Sedangkan, kandungan antibakterinya mampu mencegah perkembangan bakteri penyebab jerawat itu muncul kembali.

  • Mengatasi alergi

Kulit buah manggis mampu mengatasi alergi seperti munculnya ruam pada kulit, kulit terasa gatal dan lain sebagainya. Kulit buah manggis mengandung antiinflamasi  dan antialergi yang membantu mengurangi gejala alergi atau mencegah alergi tersebut datang kembali.

  • Menghilangkan flek hitam

Selain bermanfaat untuk mengatasi jerawat, tentu aka nada flek hitam bekas jerawat tersebut hilang. Dan menghilangkan flek hitam menjadi cara yang cukup sulit dilakukan. Untuk itu, kulit manggis ini mampu membersihkan penyebab jerawat hingga flek hitam setelah jerawat tersebut hilang. Dengan rutin menggunakan kulit manggis, selain flek hitam menghilang, manfaat yang anda dapat selanjutnya adalah kulit anda akan tampak cerah.

  • Meregenerasi kulit

Kulit manggis memang memiliki banyak kesehatan untuk tubuh. namun, ternyata kulit manggis juga mampu meregenerasi kulit anda karena adanya kandungan antiinflamasi yang membantu proses regenerasi kulit anda. sel-sel kulit yang rusak akan dengan cepat tergantikan dengan sel kulit baru.

  • Mencegah penuaan dini

Tahukah anda bahwa ternyata kulit buah manggis mampu mencegah penuaan dini. Penuaan dini biasa muncul gejalanya pada usia 30 sampai 40 tahun. namun, tidak menutup kemungkinan bahwa penuaan dini juga muncul pada usia 20 tahunan. Penyebab penuaan dini biasanya karena seringnya terpapar sinar manatahari dan radikal bebas. Untuk itu perlu anda mencegah penuaan dini dengan kulit manggis. Kulit manggis mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan memperlambat munculnya penuaan dini.

  • Mengencangkan kulit

Banyak sekali manfaat kulit manggis untuk kesehatan kulit seperti salah satunya adalah mampu mengencangkan kulit yang berasal dari gejala penuaan dini. Dengan menggunakan kulit manggis maka anda dapat mempertahankan dan mengencangkan kulit anda.

  • Menurunkan berat badan

Siapapun yang mendengar salah satu manfaat ini pasti tertarik untuk mencoba konsumsi kulit manggis. Ya, kulit manggis mampu menuurnkan berat badan. Dan kulit buah manggis sangat baik dikonsumsi untuk orang yang sedang diet. Dan kulit manggis mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menyeimbangkan nafsu makan anda.

  • Menjaga kadar gula darah

Tahukah anda bahwa kulit buah manggis ternyata mampu menjaga kadar gula darah. Kadar gula darah berlebih bisa membuat orang menderita penyakit kencing manis. Dan kandungan kulit buah manggis ini sebanding dengan zat acarbose yang berfungsi menghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh anda terurai menjadi glukosa.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Selain itu, manfaat lain dari kulit manggis untuk kesehatan adalah mampu melancarkan sistem pencernaan. Untuk melancarkan sistem pencernaan, anda bisa mengkngkonsumsi daging buah manggis tersebut. buah manggis mampu menangkal sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

  • Mencegah penyakit jantung

Tidak banyak orang yang tahu manfaat penting dari buah manggis. Ternyata kulit buah manggis mampu mencegah penyakit jantung. Kandungan kulit buah manggis mampu mengontrol detak jantung dan tekanan darah anda. dengan demikian manfaat dari kulit manggis ini adalah memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Kulit buah manggis juga bermanfaat sebagai sistem imun, yakni mampu emnjaga sistem daya tahan tubuh anda. dengan sistem daya tahan tubuh yang kuat, maka anda tidak akan mudah terkena penyakit.

  • Mencegah diabetes

Selain mengurangi kadar gula darah, kulit buah manggis juga berfungsi untuk mencegah diabetes. Hal ini tentu menjadi salah satu manfaat yang baik untuk kita semua terutama bagi si penderita diabetes itu sendiri.

  • Meringankan asma

Tahukah anda ternyata kulit buah manggis juga bisa digunakan sebagai obat untuk meringankan gejala asma. Gejala asma biasa ditandai dengan sesak nafas. Dan ini akan sangat mengganggu bagi si penderitanya sehingga kulit manggis ini sangat bermanfaat untuk meringankan gejala asma tersebut.

  • Sebagai anti kanker

Kulit manggis memiliki banyak manfaat seperti salah satunya adalah sebagai anti kanker. Kandungan dalam kulit manggis ini mampu mencegah munculnya sel kanker dan dapat memperlambar pertumbuhan sel kanker yang ada dalam tubuh.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Tanpa anda sadari, kandungan antibakteri dan antiinflamasi dalam kulit buah manggis mampu mencegah terjadinya infeksi pada luka sekaligus dapat mempercepat proses penyembuhan luka itu sendiri.

Itulah 15 manfaat dari kulit manggis untuk kesehatan tubuh anda. bagaimana? Tentu anda tidak menyangkanya bahwa buah manggis yang biasa anda konsumsi daging buahnya ternyata kulitnya juga bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Selain itu, tentu bagi khususnya kaum wanita, kulit manggis akan sering digunakan untuk perawatan kulit wajah mengingat bahwa banyak manfaat yang didapat dari kulit buah manggis untuk kecantikan wajah.

Untuk memperolah manfaat dari kulit buah manggis ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berikut.

  1. Membeli produk yang memliki kandungan ekstrak kulit buah manggis
  2. Menghaluskan kulit buah manggis dengan cara diblender dan dikonsumsi
  3. Keringkan kulit buah manggis dan tumbuk hingga halus dan diseduh seperti the
  4. Menyayat kecil-kecil lalu dikonsumsi langsung

Itulah cara memanfatakan kulit buah manggis untuk kesehatan anda. anda bisa menambahkan varian susu, madu, gula dan sebagainya untuk membuat kulit manggis ini lebih nikmat dikonsumsi. namun penggunaan varian tersebut janganlah berlebihan agar manfaat yang terkandung didalamnya tidak berkurang. Semoga bermanfaat!.

Artikel Terkait


Inilah 13 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Retina Mata

Tips Sehat Agar Mendapat Tidur yang Berkualitas

10 Kebiasaan Pagi yang Membuat Anda Lebih Sehat

Mengenal Angin Duduk, Penyebab, Dan Cara Mengobatinya

Ini Dia 6 Tips Hilangkan Sakit Kepala Akibat Stres

Lakukan 7 Kebiasaan Ini untuk Jantung yang Lebih Sehat

Ini Dia 8 Racikan Jamu Tradisional yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Baik dan Sehat Untuk Dikonsumsi

Daftar Makanan Pemicu Asam Lambung, Sebaiknya Hindari Agar Maag Tidak Kambuh

Anak Sakit Kepala? Inilah 6 Penyebab Sakit Kepala Pada Anak

Berbagai Cara Mengatasi Asam lambung Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Brain Food, Makanan untuk Kecerdasan Otak Anda


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.