15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

Makanan Pengganti Nasi adalah jenis-jenis makanan alternatif yang bisa menggantikan karbohidrat nasi dan cenderung memiliki kadar glukosa atau indeks glikemik yang rendah. Namun terkadang seseorang memilih makanan ini bukan karena menghindari gula saja, melainkan juga untuk penyeimbang gizi. Agar variasi makanan yang dikonsumsinya lebih beragam.

Beberapa orang sangat sulit mencari pengganti nasi untuk kebutuhan dietnya. Maklum saja, sejak kecil orang Indonesia terlatih untuk selalu makan nasi sebagai menu pokok sehari-harinya. Saat harus berhenti makan nasi, tentu rasanya jadi lapar terus.

Memang nasi itu bisa bikin cepat kenyang, namun tenaga yang dihasilkan juga cepat lenyap. Untuk itulah banyak atlet olahraga yang disarankan untuk menghindari makan nasi putih. Mereka lebih disarankan makan nasi merah.

Untuk itulah, di bawah ini adalah contoh-contoh makanan pengganti nasi. Sehat dan cocok banget untuk diet dan penderita diabetes. Perlu diperhatikan bahwa daftar makanan ini tergolong berindeks glikemik rendah karena kadarnya ? 55.

1. Nasi Merah

Nasi Merah

img source: halodoc.com

Ketergantungan yang tinggi pada nasi putih harusnya dibuang jauh-jauh karena beras putih itu tinggi sekali indeks glikemiknya. Nilai terendah sebesar 34 yakni beras Cisokan. Dan yang tertinggi adalah Ciasem, si ketan putih yang mencapai 130.
Wah, itu sih banyak banget ya? Nah, makanya semua orang terlepas lagi diet atau tidak harus belajar makan nasi merah sebagai makanan pengganti nasi putih. Karena beras merah IG nya hanya 50. Sedangkan rata-rata beras putih Indonesia ternyata tembus 80.

2. Talas

Umbi yang satu ini menjadi ciri khas dari kota Bogor. Kalau kita berkunjung ke sana, banyak sekali penjaja talas segar maupun yang sudah diolah menjadi cake. Ternyata talas juga makanan pengganti nasi yang sehat loh. Indeks glikemiknya adalah 54.

Tapi kalau ingin makan talas, harus hati-hati ya! Maksudnya mending diolah secara sederhana saja dengan direbus. Karena kalau dibuat olahan makanan lain seperti cake dan gorengan maka sama saja bohong dietnya dong?

3. Tortilla Gandum

Tortilla Gandum

img source: awsimages.detik.net.id

Kini banyak sekali makanan di Indonesia yang terbuat dari tortilla, yaitu semacam kulit tepung dadar yang lunak dan cenderung tawar. Biasanya tortilla dipakai untuk membungkus junkfood, semacam kebab.

Tapi pada dasarnya kulit tortilla itu indeks glikemiknya rendah loh! Yang berbahan jagung 52, sedangkan tortilla gandum hanya 30. Makanya ini bisa dimanfaatkan untuk membuat makanan pengganti nasi. Misalnya dibuat kebab sehat, isinya salad buah dan sayur doang.

4. Brokoli

Sayuran yang satu ini memang sangat terkenal sebagai superfood. Sayur hijau keriting ini rasanya pun enak sekali sebagai campuran sup maupun direbus saja. Untuk itulah banyak yang menjadikan brokoli sebagai makanan pengganti nasi putih.

Sebenarnya berapa sih kandungan Indeks Glikemik brokoli? Ternyata IG nya hanya 15. Pantas saja ya cocok banget buat diet. Tapi kalau mau memasak brokoli jangan lama-lama ya! Jadi cukup direbus 1 menit saja maksimal agar gizi dan nutrisinya tidak hilang.

5. Jamur

Inilah alasan kenapa jamur menjadi menu andalan di restoran vegetarian. Para vegan atau vege memang harus bersyukur karena di dunia ini ada makanan alternatif selain nasi berupa jamur ini. Semua jenis jamur yang bisa dimakan punya Indeks Glikemik yang rendah.

Tapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari makan jamur. Alangkah baiknya bila jamur diolah secara sederhana saja. Jangan dibuat kudapan junkfood seperti misalnya steak jamur. Proses pemasakan yang terlalu lama dikhawatirkan melenyapkan kadar gizinya.

6. Wortel

Wortel

img source: malang-guidance.com

Orang yang membenci wortel sepertinya lebih banyak dibandingkan yang menyukainya. Khususnya untuk wortel mentah, sungguh rasanya yang tidak enak itu bikin bergidik. Padahal minum jus wortel atau makan wortel rebus setengah matang bisa menjadi alternatif pengganti nasi.

7. Yogurt

Terkadang bingung mau memasukkan yogurt ke dalam jenis makanan atau minuman? Yang jelas kudapan fermentasi ini memang sangat cocok untuk diet. Tahukah bahwa indeks glikemik yogurt ternyata hanya 33 loh.

8. Susu Kedelai

Buat yang maniak minum susu, tapi takut gemuk. Maka solusinya adalah susu kedelai. Jenis susu ini bisa menjadi makanan pengganti nasi juga. Maksudnya kalau lagi diet, minum susu kedelai 3 gelas per hari, sebagai selingan makanan lainnya.

9. Apel

fresh Apel

img source: www.kamusdata.com

Buah yang sangat bagus untuk diet selanjutnya adalah apel. Baiknya dimakan langsung sebagai buah tangan. Tapi kalau mau dijus, apel sebaiknya direbus dulu agar getahnya hilang. Ini memang teknik yang cukup aneh. Tapi buah apel sangat bagus sebagai makanan pengganti nasi. Lumayan untuk rotasi menu buah.

10. Jeruk

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada jeruk juga menjadikannya buah yang sangat bagus untuk menunjang gaya hidup kulineran ala Fruitarian. Tidak perlu bingung jeruknya mau diapakan. Langsung dimakan, diperas atau dijus semuanya oke-oke saja.

11. Anggur

Buah paling ajaib di muka bumi ini adalah anggur. Selain punya indeks glikemik yang rendah, makan anggur juga bisa melegakan saluran pencernaan dan pernapasan.

Anggur sering dijuluki sebagai buah yang jatuh dari surga. Khasiatnya yang mampu menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan rasa nyeri serta mengurangi tingkat stress. Itu semua amat baik untuk menunjang program diet.

12. Kentang

panen kentang

img source: agrowindo.com

Sering dianggap makanan segala penjuru, kentang kerap disajikan dalam bentuk digoreng atau direbus. Memang rasa kentang begitu mewah dan cocok sekali buat ngemil.

Buat kalian yang sedang diet, cobalah ngemil kentang rebus saja. Sebaiknya tidak perlu disiram bumbu kacang seperti pada kudapan siomay. Sebab nanti kalorinya bisa meningkat tajam. Namun secara keseluruhan, kentang cocok sekali sebagai makanan pengganti nasi putih.

13. Sup Tomat

Sangat jarang ada orang yang mau makan tomat, konon karena rasanya tidak enak. Memang makan buah tomat langsung agak kurang enak, apalagi kalau kecut.

Tapi cobalah untuk mengolahnya menjadi sup tomat. Kudapan ini amat baik untuk menurunkan berat badan loh! Dan tentunya cocok banget buat makanan pengganti nasi yang dimakan sehari-hari. Bisa juga disiramkan ke nasi merah agar lebih lezat.

14. Kacang-Kacangan

Kalau lagi diet, cobalah makan kacang-kacangan. Seperti kacang almond misalnya sangat bagus untuk kesehatan. Apalagi makan kacang juga cenderung bisa bikin kenyang. Jadi lumayan buat mengganjal perut yang sedang keroncongan karena menyantap makanan pengganti nasi ini.

15. Makaroni

Makaroni

img source: tokopedia.com

Ini nih makanan kesukaannya anak-anak zaman now. Ya, macaroni rupanya menjadi salah satu makanan dengan kadar glikemik rendah. Tapi tentu tergantung bagaimana cara mengolahnya. Cara teraman sepertinya adalah dengan merebusnya. Jadi dibuat kudapan seperti makaroni skotel lebih aman.

Dari berbagai daftar makanan pengganti nasi di atas, memang sangat nampak didominasi oleh jenis buah-buahan dan umbi-umbian. Oleh karena itu jika ingin sehat memang butuh perjuangan yang keras menahan rasa lapar karena lepas dari nasi putih.

Artikel Terkait


Konsumsi Makanan Ini untuk Kesehatan Hati Anda

Ini Dia 8 Racikan Jamu Tradisional yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Yoga atau Pilates, Manakah yang Cocok untuk Anda?

Tips Sehat Agar Mendapat Tidur yang Berkualitas

Jangan Sampai Salah! Beginilah Cara Merawat Wajah Yang Baik Dan Benar

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

15 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Inilah 7 Olahraga yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa Hal dalam Diri Kita yang Paling Mempengaruhi Kesehatan

Anak Sakit Kepala? Inilah 6 Penyebab Sakit Kepala Pada Anak

9 Gerakan Yoga untuk Pemula yang Wajib Anda Coba

Ternyata 11 Makanan ini Bisa Meredakan Sakit Kepala


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.