14 Jenis Sate Unik dan Nikmat Luar Biasa Asli Indonesia

Selain sate ayam, ternyata Indonesia memiliki cukup banyak variasi sate yang mungkin beberapa diantaranya belum pernah anda cicipi. Sate sendiri adalah salah satu olahan daging yang unik yakni dipotong kecil kecil kemudian ditusuk ke tusuk sate dan dibakar hingga matang. Nantinya, sate akan disajikan dengan bumbu seperti bumbu sambal kecap, acar dan pelengkap lainnya.

Jika anda ingin menikmati sajian sate yang berbeda, beberapa jenis sate dari berbagai wilayah Indonesia ini harus anda coba karena memiliki cita rasa yang berbeda.

  1. Sate Madura

sate maduraJenis sate pertama yang paling umum kita konsumsi adalah sate madura. Daging kambing yang digunakan umumnya sudah bebas lemak dan disajikan bersama sambal kacang dan irisan bawang serta cabai merah. Agar semakin nikmat, sate madura ini biasanya akan disantap bersama dengan lontong atau nasi hangat.

  1. Sate Padang

Sate PadangJenis sate kedua yang tidak kalah nikmat adalah sate padang. Seperti namanya, sate ini berasal dari Padang, Sumatera Barat yang dikenal sangat nikmat. Sate ini terbuat dari daging kambing, jeroan dan juga lidah di setiap tusuknya. Nantinya, sate padang ini akan disajikan dengan kuah kental yang kaya akan rempah.

  1. Sate Klathak

Sate KlathakJika anda berencana berkunjung ke Jogjakarta, maka sempatkan diri anda untuk mencicipi salah satu jenis sate bernama sate klathak yang sangat terkenal enak dan juga unik. Sate klathak terbuat dari daging kambing dan saat dibakar akan menimbulkan suara yang berisik sehingga dinamakan sate klathak. Bunyi tersebut berasal dari besi yang dijadikan tusuk sate dan akan memuai ketika dibakar di atas bara.

Sate ini memiliki cita rasa gurih dan manis dari kecap dan dagingnya sendiri terbuat dari daging kambing yang empuk dengan ketebalan sempurna. Sate ini biasanya akan disantap bersama dengan nasi yang biasanya dijajakan ketika sore hari.

  1. Sate Maranggi

Sate MaranggiSate maranggi juga menjadi salah satu jenis sate di Indonesia yang memiliki rasa khas dan juga nikmat yang berasal dari kota Purwakarta. Dulu, sate ini dikenal masyarakat karena dagingnya yang empuk dan masih memakai bahan dasar daging babi.

Nantinya, sate maranggi ini akan disajikan bersama dengan sambal kecap untuk menyempurnakan rasa. Namun kini, anda juga bisa menikmati sate maranggi yang terbuat dari daging halal seperti sapi dan kambing.

  1. Sate Taichan

Sate TaichanBeberapa waktu yang lalu, nama sate taichan ini sempat terkenal dan viral di dunia maya lewat media sosial. Sate ini memang unik dan menambah daftar aneka jenis sate yang ada di Indonesia dengan cita rasa sangat lezat. Keunikan sate taichan ini terletak dari cara penyajiannya yang tanpa tambahan sambal kacang atau bisa dikatakan polos. Akan tetapi, kelezatan daging sate taichan ini sudah terasa sangat sempurna sehingga harus anda cicipi.

  1. Sate Lilit

Sate LilitJenis sate berikutnya adalah sate yang berasal dari Bali bernama sate lilit. Sate ini juga berbeda dengan jenis sate lainnya yang terbuat dari potongan daging. Sate lilit terbuat dari daging yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan bumbu, jeruk nipis dan juga parutan kelapa mudah yang kemudian diaduk menjadi satu.

Sesudah semuanya tercampur, nantinya sate akan dililitkan pada batang sereh kemudian dibakar atau dipanggang hingga matang. Sate ini tidak hanya disukai orang Indonesia namun juga menjadi salah satu makanan favorit para turis.

  1. Sate Kerang

Sate KerangTidak hanya daging ayam, kambing, sapi dan daging babi yang bisa diolah menjadi sate, namun ternyata kerang juga dijadikan salah satu bahan dasar membuat sate. Di kawasan Jawa Timur sangat terkenal dengan sate kerang ini yang akan disajikan bersama dengan sambal, kecap dan juga lontong.

Sate kerang ini sangat unik karena pengolahan daging yang dipotong potong akan disusun pada bilahan bambu kecil yang dikenal sebagai tusuk sate.

  1. Sate Ragey

Sate RageySalah satu jenis sate yang harus anda cicipi selanjutnya adalah sate ragey yang berasal dari Manado. Ragey sendiri memiliki arti besar yang terlihat dari pemotongan daging dengan ukuran yang memang besar.

Sate ragey ini biasanya terbuat dari daging babi dan menjadi makanan khas Manado sehingga slalu ada dalam acara yang diadakan di Sulawesi Utara.

  1. Sate Loso

Sate LosoSate loso adalah sate yang berasal dari Pemalang, Jawa Tengah dan menggunakan bahan yang berbeda dari sate pada umumnya. Bukan terbut dari daging sapi, daging ayam atau daging kambing, namun sate loso ini terbuat dari daging kerbau atau juga bisa daging sapi yang dimasak bacem yakni campuran bumbu rempah gula merah dan juga kecap kemudian dibakar. Uniknya lagi, sate loso ini umumnya akan disajikan bersama dengan sup yang berisi tulang muda, taoge dan juga urat.

  1. Sate Ambal

Sate AmbalSate ambal adalah sate dari daerah Ambal, Kebumen, Jawa Tengah yang terbuat dari daging ayam. Yang membedakan sate ambal dengan sate pada umumnya adalah kuah sate yang cair berwarna kuning kecokelatan. Jika dilihat, sekilas kuah sate ini tampak seperti saus untuk sate padang akan tetapi dengan cita rasa yang berbeda. Selain itu, dalam kuah sate tersebut juga ditambahkan dengan tempe rebus yang dihaluskan sehingga menambah keunikan rasa dari sate loso ini.

  1. Sate Buntel

Sate BuntelBerlanjut ke jenis sate lainnya yakni sate buntel yang merupakan makanan khas dari kota Surakarta. Sate buntel ini umumnya terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing sebelum nantinya akan ditusuk ke tusuk sate dan dibakar.

Sate dengan cita rasa manis ini bahkan menjadi salah satu makanan favorit Presiden Joko Widodo ketika sedang pulang ke kampung halamannya. Ada dua tempat penjual sate buntel yang sudah sangat terkenal yakni sate buntel Haji Bejo langganan dari Presiden Jokowi dan juga sate kambing Mbok Galak.

  1. Sate Makassar

Sate MakassarSeperti namanya, ini adalah sate khas dari Kota Makassar. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate makassar umumnya terbuat dari jeroan sapi atau kambing yang kemudian diberi bumbu saus belimbing. Inilah yang membuat sate makassar sangatlah unik karena rasanya yang asam dan sedikit pedas.

Jika biasanya sate disajikan dengan saus, sate makassar ini tidak disajikan denga saus atau kuah namun penambahan bumbu hanya dilakukan ketika daging masih mentah.

  1. Sate Blora

Sate BloraSalah satu daerah di Indonesia lain yang juga terkenal dengan makanan khas berupa sate adalah Blora, Jawa Tengah. Sate blora disajikan sedikit berbeda dengan sate lainnya karena akan disajikan dalam satu piring penuh.

Penjual akan membakar sate dalam jumlah banyak kemudian akan dibagikan dalam satu piring tergantung dari jumlah pembeli. Sate blora ini terdiri dari tiga macam yakni sate ayam, sate sapi dan juga sate kambing.

Sate blora ini biasanya disajikan bersama nasi yang ditambah dengan kuah opor berwarna kuning kemudian ditaburi dengan bawang goreng sehingga menambah keunikan dari sate blora ini.

  1. Sate Banjar

Sate BanjarSate berikutnya yang tidak kalah unik adalah sate banjar yang memang berasal dari Banjarmasin. Bumbu sate banjar ini sangat berbeda karena sausnya berwarna kemerahan. Ketika disantap, sate ini memiliki aroma seafood yakni udang yang bercampur dengan daging ayam nan lembut.

Selain berbeda dari segi bumbu, sate bankar ini juga tidak menggunakan daging ayam yang ketika dibakar berwarna coklat kehitaman namun berwarna kemerahan sama seperti bumbunya dan sate ini diolah dengan cara dipanggang, bukan dibakar. Uniknya lagi, sate banjar ini nantinya akan dinikmati dengan acar, daun selada dan juga cabai rawit dan sate akan dicelup  ke dalam bumbu beraroma petis udang yang kental.

Artikel Terkait


Dessert Paling Enak di Berbagai Negara di Dunia, Wajib Anda Coba!

9 Kuliner Khas Korea Selatan yang Paling Digemari di Indonesia

Rahasia Sukses Untuk Anda yang Ingin Membuka Restoran Pizza

Varian Donat Unik di Berbagai Negara, Ada yang Berlapis Emas!

Inilah Dia 8 Makanan Khas India yang Cocok Untuk Dinikmati Bersama Keluarga

Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner

Wajib Dicoba, Kuliner Khas Bali yang Jarang Wisatawan Tahu

Ini Dia Kuliner Legendaris di Bali yg Tidak Boleh Anda Lewatkan

Wisata ke Bandung? Inilah 15 Makanan Khas Bandung yang Wajib Diketahui

Jajanan Pasar Khas Bali yang Enak dan Murah

Tips Usaha Kuliner Salad Bar Menjanjikan Sebagai Trend Kekinian

10 Makanan Khas Bali Yang Wajib Kamu Coba Saat Berlibur Ke Bali


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.