12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

Berburu makanan kaki lima memang sudah menjadi keseharian dari kita sebab selain harganya yang murah dan rasa yang enak, porsi jajanan kaki lima juga biasanya cukup banyak sehingga banyak orang yang menyukai berbagai jajanan kaki lima.

Namun ternyata, jajanan kaki lima yang sering dianggap tidak sehat sebetulnya bisa berubah menjadi makanan diet yang sehat asalkan anda lebih pintar memilihnya. Berikut kami berikan beberapa jajanan kaki lima khas Indonesia yang bisa anda konsumsi sebagai menu diet sehat yang tidak membosankan.

  1. Gado Gado

Gado GadoMungkin biasanya anda akan menyantap berbagai menu salad sayuran di restoran dan hotel sebagai menu diet yang sehat. Namun, anda juga bisa menyantap sayuran dengan cara yang lebih nikmat dan tentunya lebih terjangkau seperti salah satunya gado gado.

Dalam gado gado umumnya terdiri dari mentimun, irisan telur rebus, tahu goreng, kol, tauge, kentang, kangkung, wortel rebus dan juga bayam yang jika dilihat dari komposisinya tidak jauh berbeda dengan salad.

Namun yang berbeda dari gado gado dan salad adalah dari bumbunya karena gado gado terbuat dari bumbu kacang yang sebetulnya juga menjadi menu diet menyehatkan karena tinggi akan protein, lemak sehat dan berbagai vitamin lain untuk membantu program diet anda.

  1. Rujak Buah

Rujak BuahBuah tentunya sudah menjadi makanan yang akrab untuk seseorang yang menjalani program diet. Jika anda bosan menyantap langsung buah segar, maka jajanan kaki lima yakni rujak buah bisa anda jadikan sebagai alternatifnya.

Biasanya dalam satu porsi rujak, ada berbagai buah yang digunakan seperti bengkuang dengan kandungan vitamin C tinggi, nanas yang kaya akan serat, jambu air, pepaya, kedondong, mangga dan lain sebagainya. Semua buah tersebut kaya akan vitamin dan mineral yang tentunya sangat dibutuhkan selama menjalani program diet.

Selain itu, tambahan gula merah sebagai saus juga rendah kalori sehingga bisa dijadikan jajanan kaki lima yang aman dikonsumsi bagi pelaku diet.

  1. Asinan Betawi

Asinan BetawiAsinan Betawi menjadi salah satu makanan khas Jakarta yang ternyata juga sangat pas dikonsumsi ketika sedang berdiet. Dalam asinan betawi biasanya terbuat dari kacang tanah goreng, tauge, selada, kembang kol, sawi dan juga tahu putih.

Semua bahan bahan tersebut tentunya sangat aman dikonsumsi ketika sedang diet karena tidak menyebabkan berat badan meningkat dan bahkan bisa menambah berbagai vitamin dan mineral dalam tubuh anda.

  1. Sop Buah

Sop BuahJika anda sedang haus di siang hari namun masih menjalani program diet, maka sop buah menjadi pilihan yang tepat untuk anda cicipi. Jajanan kaki lima yang mudah ditemui ini seperti namanya terdiri dari berbagai jenis buah yang aman dikonsumsi selama diet.

Sop buah umumnya terdiri dari alpukat, apel, buah naga, anggur, melon, pear, semangka, mangga dan juga blewah yang semuanya kaya akan vitamin dan mineral. Namun untuk mengurangi kandungan kalori dari susu kental manis dan air gula, maka bisa anda ganti dengan madu yang lebih sehat dan minim kandungan kalorinya.

  1. Choipan

ChoipanChoipan adalah jajanan kaki lima yang bisa anda temui dengan mudah  di Pontianak dan Singkawang. Camilan ini terbuat dari bahan dasar bengkuang yang diiris tipis kemudian disantap dengan saus pedas manis yang menyegarkan. Jajanan ini rendah akan kalori dan lemak sehingga cocok disantap jika anda sedang melakukan program diet.

  1. Jagung Rebus

Jagung RebusJika anda tinggal di sekitar daerah Jakarta, tentu jagung rebus bisa anda temui dengan mudah yang biasanya dijajakan pedagang memakai gerobak atau juga bisa jagung rebus pipilan yang ditambahkan dengan keju dan susu kental manis.

Jagung rebus menjadi jajanan kaki lima yang aman dikonsumsi ketika sedang diet karena memang sudah umum dijadikan pengganti nasi. Jagung rebus dianggap lebih sehat dibandingkan dengan nasi karena kandungan seratnya yang lebih tinggi serta indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi.

  1. Urap

UrapSatu lagi hidangan seperti salad khas Indonesia yang sangat cocok dinikmati ketika sedang diet yakni urap. Urap sudah sejak lama menjadi jajanan kaki lima yang sehat, murah dan tidak kalah dengan gado gado dan karedok.

Biasanya, anda bisa dengan mudah menemukan sajian urap di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang terdiri dari banyak sayuran seperti kangkung, tauge, bayam, kol, kacang panjang, pepaya muda dan juga daun singkong.

Berbagai jenis sayuran tersebut nantinya akan disiram dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai, gula jaw dan juga garam sehingga jajanan kaki lima ini bisa anda santap tanpa perlu merasa bersalah karena sedang diet.

  1. Karedok

KaredokHampir mirip dengan gado gado, karedok juga menjadi jajanan kaki lima yang aman dan sehat dikonsumsi saat anda sedang menjalani program diet. Jika gado gado berasal dari Betawi, maka karedok adalah menu khas dari Sunda.

Tidak jauh berbeda, sayuran yang digunakan dalam karedok juga mirip dengan gado gado seperti taoge, kacang panjang, mentimun dan ada tambahan lain yaitu daun kemangi dan terong sehingga membuat gado gado dan karedok menjadi menu yang berbeda.

  1. Kacang Rebus

Kacang RebusSelain jagung rebus, pedagang kaki lima biasanya juga akan menjual kacang rebus bersama dengan jagung rebus yang juga bisa anda nikmati sebagai camilan ketika diet. Kacang mengandung banyak vitamin E, asam folat, lemak tak jenuh, protein dan juga tinggi akan antioksidan yang akan membantu program diet anda.

Selain itu, kacang juga bisa membuat perut anda terasa kenyang lebih lama sehingga sangat cocok dijadikan camilan sehat dibandingkan kacang yang diolah dengan cara digoreng.

  1. Siomay

SiomayMeski siomay terbuat dari tepung terigu, namun cara pengolahannya yakni dikukus akan lebih aman dikonsumsi ketika anda sedang melakukan program diet karena kandungan kalori didalamnya bisa berkurang.

Selain itu, tambahan ikan dalam siomay juga akan menambah nilai gizi pada jajanan kaki lima ini ditambah dengan berbagai sayuran seperti pare, kol dan kentang serta tahu yang semakin menyempurnakan gizi dalam siomay.

  1. Pecel

PecelJika dilihat, hidangan gado gado dari betawi dan juga pecel dari jawa memang memiliki tampilan yang hampir sama. Namun bedanya, dalam pecel juga ditambahkan dengan daun pepaya, daun singkong, taoge dan juga labu siam yang kemudian akan disiram dengan bumbu kacang bercita rasa manis dan pedas.

Untuk itu, tidak hanya gado gado yang cocok anda santap ketika diet, namun pecel juga aman dikonsumsi karena hanya terbuat dari berbagai jenis sayur yang kaya akan serat.

  1. Pepes

PepesJika anda ingin makan sesuatu yang memiliki kandungan protein tinggi, maka pepes bisa dijadikan pilihan yang tepat. Pepes ikan bisa banyak anda temui di berbagai pedagang kaki lima yang bahkan sampai restoran pun juga ikut menyajikan menu berbagan ikan ini.

Ada banyak ikan yang juga bisa digunakan untuk membuat pepes seperti ikan mas, teri dan berbagai jenis ikan lain atau juga bisa terbuat dari tahu yang semuanya tidak akan mengganggu program diet anda.

Artikel Terkait


Dessert Paling Enak di Berbagai Negara di Dunia, Wajib Anda Coba!

Segar Asam Rujak Es Krim, Jajanan Unik Khas Kota Jogja

Kuliner Pisang Kekinian yang Hits, Unik dan Paling Diminati

Wajib Dicoba, Kuliner Khas Bali yang Jarang Wisatawan Tahu

Ini Dia Kuliner Legendaris di Bali yg Tidak Boleh Anda Lewatkan

Nasi Gandul, Kuliner Khas Pati Yang Melegenda

Resep Membuat Kue Kekinian Yang Mudah, Sederhana Dan Enak

Wisata ke Thailand? Inilah 15 Makanan Nikmat Khas Thailand

16 Jenis Pizza Unik Dari Buah Hingga Daging Hewan Buas yang Harus Anda Coba

Liburan ke Turki? Inilah 15 Makanan Halal Khas Turki

Inilah Dia 8 Makanan Khas India yang Cocok Untuk Dinikmati Bersama Keluarga

Rekomendasi Restoran Bento di Jakarta yang Unik, Nikmat dan Mengenyangkan


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.