11 Wisata Gratis di Korea Selatan Paling Populer

Photo source : instagram.com/bintangjelajah

Wisata ke luar negeri tidak selalu membuat Anda harus menyiapkan dana ekstra. Dengan sedikit trik dan strategi, Anda tetap bisa jalan-jalan di luar negeri tanpa harus merogoh kocek lebih dalam. Salah satu strategi yang bisa Anda coba adalah mencari tahu tempat wisata populer yang gratis.

Korea Selatan mungkin terdengar mahal. Namun ternyata negara tujuan wisata populer ini memiliki banyak pilihan wisata gratis yang bisa Anda kunjungi. Bahkan hampir semua wisata gratis ini merupakan wisata yang hits dan populer di negeri ginseng.

Lalu apa saja wisata gratis di Korea Selatan? Berikut kami rangkum 11 tempat wisata di Korea Selatan yang bisa Anda kunjungi tanpa mengeluarkan biaya.

1. Gwanghwamun Square

Gwanghwamun Square menjadi pilihan utama wisatawan yang berkunjung ke Korea Selatan. Berada di pusat kota Seoul, Gwanghwamun Square sering menjadi starting point wisatawan untuk keliling Seoul. Di Gwanghwamun Square, Anda bisa menyaksikan patung besar Laksmana Yi Sun-Shin dan Raja Sejong. Anda juga bisa menambah wawasan dengan melihat replika hasil penemuan Raja Sejong pada masa pemerintahannya. Di waktu tertentu, Anda bisa menyaksikan pertunjukkan khas Korea di Gwanghwamun Square.

2. Changing of The Royal Guard Ceremony di Deoksugung Palace

Atraksi ini merupakan upacara pergantian pengawal yang berlangsung di depan Istana Deoksugung. Anda bisa menyaksikan pertunjukkan ini secara gratis pada jam tertentu, yakni pukul 11.00, 14.00 dan 15.30. Upacara pergantian pengawal ini selalu ramai ditonton wisatawan karena dilakukan dengan cara tradisional khas Korea. Setelah upacara selesai, Anda bisa foto bersama pengawal kerajaan di depan pintu masuk istana.

3. Cheonggyecheon Stream

Cheonggyecheon Stream menjadi destinasi wajib berikutnya. Sungai buatan ini memiliki panjang sekitar 5,8 kilometer dan 22 jembatan penghubung. Masing-masing jembatan memiliki gaya arsitektur berbeda. Wisatawan senang berada di Cheonggyecheon karena cocok untuk tempat istirahat dan duduk santai sambil mengobrol dengan ditemani gemericik air yang menenangkan. Tidak jarang para wisatawan juga senang jalan santai menyusuri pinggiran sungai Cheonggye. Jika Anda punya banyak waktu, datanglah ke Cheonggyecheon pada saat siang dan malam hari, karena Anda akan merasakan suasana dan atmosfer yang berbeda.

4. Bukchon Hanok Village

Jika Anda ingin melihat suasana tradisional khas Korea, datanglah ke Bukchon Hanok Village. Walaupun berada di tengah kota Seoul yang modern, di sini Anda bisa jalan-jalan di lingkungan yang rumah penduduknya masih bergaya arsitektur tradisional Korea. Namun ada peraturan yang harus Anda taati, karena rumah-rumah ini masih ditempati Anda tidak boleh berisik dan menghormati para pemilik rumah. Pemilik rumah yang tidak ingin rumahnya difoto biasanya akan memasang tanda 'no camera' di pintu masuk. Carilah spot menarik lain yang tidak mengekspos rumah pribadi yang tidak diizinkan untuk difoto.

5. Namsangol Hanok Village

Namsangol Hanok Village sama seperti Bukchon, hanya saja rumah tradisional Korea yang ada di sini adalah rumah percontohan seperti museum. Di sini Anda akan lebih leluasa mengenal seluk beluk rumah tradisional Korea. Tidak hanya rumah tradisional Korea, Anda juga bisa jalan-jalan di taman khas Korea yang menyegarkan. Di kejauhan Anda akan melihat menara Namsan menyembul dari balik pepohonan yang rimbun.

6. Han River dan Banpo Bridge

Han River atau Sungai Han adalah sungai besar yang membelah kota Seoul menjadi dua bagian. Sungai yang bersih dan fasilitas memadai membuat Sungai Han sangat layak dikunjungi. Warga lokal sering datang tempat ini untuk lari pagi, bersepeda atau sekadar jalan santai. Apalagi di sini ada Banpo Bridge, salah satu jembatan penghubung di Sungai Han, yang menampilkan atraksi permainan lampu warna-warni yang sangat cantik setiap pukul 20.00 dengan durasi 15 menit. Sayang sekali jika dilewatkan.

7. Bongeunsa Temple

Bongeunsa Temple berada di Gangnam, salah satu kawasan elit di Seoul. Lokasi kuil Buddha ini cukup unik karena berada di kawasan mal, bahkan berseberangan dengan COEX Mall yang merupakan salah satu mal terbesar di Seoul. Bongeunsa Temple dibuka untuk umum. Di sini Anda bisa melihat patung Buddha setinggi 23 meter yang melambangkan Buddha Maitreya yang turun ke bumi untuk menyelamatkan umat manusia.

8. Seoullo 7017

Seoullo 7017 tergolong wisata yang masih baru. Diresmikan pada 2017, Seoullo 7017 tadinya adalah sebuah jalan layang di sekitar stasiun Seoul. Sempat tidak difungsikan karena faktor keselamatan, akhirnya jalan layang tersebut disulap menjadi taman dan jalur pejalan kaki dengan desain modern. Seoullo 7017 dijuluki sebagai taman langit karena memberi warna hijau yang menyegarkan di ketinggian. Seoullo 7017 didukung fasilitas seperti pusat informasi dan cafe.

Pilihan angka 7017 di belakang nama Seoullo pun cukup unik. 70 melambangkan jalan ini sudah ada sejak tahun 1970an. 17 melambangkan tahun 2017 dimana jalan layang tersebut disulap menjadi taman langit, selain itu Seoullo memiliki 17 bagian dengan ciri khas berbeda-beda dan berada di ketinggian 17 meter.

9. Hongdae Area

Hongdae Area dikenal sebagai tempat gaulnya anak-anak muda Korea. Anda bisa jalan-jalan menyusuri jalanan Hongdae dan memanjakan mata Anda melihat kafe dan toko pakaian berkonsep unik. Setiap jumat malam, di Hongdae Anda juga bisa menyaksikan pertunjukkan musik akustik yang dimainkan oleh anak-anak muda Korea.

10.K-Star Road Gangnam

K-Star Road di Gangnam merupakan objek wisata yang sederhana tetapi mampu menarik perhatian wisatawan, terutama para K-Poppers. Bagaimana tidak, di sepanjang trotoar di K-Star Road, Anda akan melihat boneka-boneka besar ikonik yang menyimbolkan boy group dan girl group terkenal di Korea, seperti Super Junior, SNSD, EXO hingga BTS. Jika Anda seorang K-Poppers, Anda pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk foto bersama boneka-boneka ikonik itu. Menariknya lagi,  tidak jauh dari K-Star Road Anda juga bisa melihat gedung agensi besar di Korea Selatan seperti SM Entertainment, JYP Entertainment dan Cube Entertainment.

11. Ihwa Mural Village

Seperti namanya, Ihwa Mural Village adalah sebuah kawasan yang dihiasi mural-mural cantik sehingga membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung. Salah satu spot terkenal di Ihwa adalah permukaan tangga atau jalan berundak yang dilukis dengan gambar ikan koi. Selain banyak spot-spot menarik lainnya karena jalanan Ihwa memang penuh dengan mural. Dahulu sebanyak 60 seniman terlibat dalam proyek mural di Ihwa. Tidak hanya mural, pemandangan sekitar Ihwa pun sangat cantik. Lokasi tempat ini berdekatan dengan Naksan Park. Sebaiknya luangkan waktu Anda agar puas mengelilingi wisata unik dengan pemandangan alam yang indah ini.

Itulah objek wisata di Korea Selatan yang bisa Anda kunjungi tanpa harus membayar tiket masuk. Korea Selatan memang selalu punya cara untuk menarik perhatian wisatawan dengan ide-ide uniknya. Bahkan hal yang sangat sederhana pun bisa disulap menjadi objek wisata populer.

Anda yang sedang merencanakan liburan ke Korea Selatan sebaiknya menyisipkan tempat-tempat wisata ini ke dalam itinerary. Selain gratis, tempat-tempat wisata ini menawarkan pemandangan dan atraksi khas Korea yang akan Anda ingat selalu. Selamat berwisata!

Artikel Terkait


5 Kuil di Kyoto Jepang dengan Pemandangan Mengagumkan

Jalan-Jalan di Singapura ala Crazy Rich Asians

Ini Dia 8 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Cocok Untuk Liburan

Ini Dia 8 Tempat Wisata Hits di Bekasi 2019

Trik dan Tips Packing Praktis Saat Traveling

Inilah 13 Tempat Wisata Curug di Majalengka yang Pas Untuk Liburan

Tips Terbaik Saat Persiapan Untuk Travelling

Barang Barang Penting dan Multifungsi untuk Travelling Anda

Inilah 8 Tempat Belanja di Yogyakarta yang Murah Meriah

Menikmati Indahnya Tempat Wisata Taman Sari Yogyakarta

Panduan Liburan Di Labuan Bajo Yang Seru Dan Menyenangkan

Tidak Perlu Jauh-jauh Ke Eropa, Little Venice Bogor Tempatnya


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.