11 Variasi Pola Lantai Untuk Hunian yang Lebih Estetik

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan ketika memilih pelapis untuk lantai adalah daya tahan dari material tersebut. Entah itu memilih marmer, keramik atau kayu yang bisa menopang berat dari furnitur dan penghuninya, pola lantai juga harus dipikirkan dengan baik untuk menciptakan tampilan interior hunian yang lebih estetik.

Meski berguna untuk pijakan kaki sehingga sering tidak terlihat, namun pola lantai ternyata punya pengaruh besar pada tampilan ruangan secara menyeluruh. Tidak hanya akan mempengaruhi desain dinding, namun gaya furniture juga harus diperhatikan supaya tidak bertabrakan dengan pola lantai yang sudah anda pilih.

Supaya tidak menambah biaya renovasi rumah, maka pola lantai yang memiliki sifat permanen ini harus dipilih dengan teliti. Daripada anda memakai pola lanti biasa seperti persegi berwarna putih polos, sebaiknya cobalah variasi pola lantai dari segi bentuk, susunan dan juga warna dari beberapa ide berikut ini.

  1. Pola Lantai Papan Catur

Pola Lantai Papan CaturVariasi pola lantai pertama yang bisa anda lakukan adalah papan catur yang tergolong pola lantai klasik dan mudah untuk dibentuk. Anda hanya perlu menata ubin keramik berwarna hitam dan putih secara selang seling sehingga terlihat seperti papan catur.

Sesuaikan ukuran keramik yang anda pakai dengan ukuran ruangan sebab akan mempengaruhi pada jumlah ubin dan juga total harga pemasangan lantai keramik. Meski terlihat sederhana, namun pola lantai ini sangat tepat diaplikasikan untuk menambah nilai estetika di hunian bergaya minimalis.

  1. Pola Lantai Chrevron

Pola Lantai ChrevronPola lantai chevron sudah ada sejak tahun 1960-an yang kini kembali populer. Pola chevron berbentuk zig zag yang memadukan dua warna kontras dan bisa dikatakan jika pola lantai ini layaknya seperti ilusi mata.

Jika anda ingin menggunakan pola lantai chevron ini namun tidak ingin pusing karena melihat ilusi setiap hari, maka anda bisa memakai lantai kayu dengan motif chevron. Tidak hanya sesuai dengan impian anda untuk memiliki hunian yang terkesan natural, namun lantai kayu juga bisa memberikan suasana hangat dalam semua ruangan.

  1. Pola Sarang Lebah

Pola Sarang LebahJika anda bosan dengan bentuk ubin persegi, maka anda bisa mencoba bentuk heksagonal atau segienam. Pola lantai dengan keramik dengan bentuk seperti sarang lebah dari marmer bisa dipadikan dengan kayu untuk menciptakan desain kontemporer yang estetik.

Selain memadukan material berbeda, pola lantai heksagonal ini juga bisa dilakukan dengan memadukan warna keramik yang berbeda. Selain itu, jangan lupa juga jika semakin luas ruangan yang anda miliki, maka sebaiknya pilih juga keramik dengan ukuran yang lebih besar.

  1. Pola Herringbone

Pola HerringboneJika dilihat sekilas, pola lantai herringbone terlihat sama seperti pola chevron. Akan tetpi jika dilihat lebih cermat, maka susunannya akan terlihat sedikit berbeda.

Pola chevron dibuat dalam bentuk garis zig zag seperti tanpa sambungan, sedangkan pola herringbone adalah potongan potongan keramik atau kayu berbentuk persegi panjang yang disusun dalam bentuk zigzag. Pola lantai seperti ini sangat tepat digunakan untuk menambah nilai estetika pada rumah dengan interior bergaya Skandinavia atau vintage.

  1. Pola Segitiga

Pola SegitigaAnda bisa mendapatkan berbagai pola lantai ketika memakai keramik berbentuk segitiga. Sebagai contoh, anda bisa membentuk pola persegi dengan menggabungkan empat buah segitiga menjadi satu persegi. Anda bisa memanfaatkan variasi turunan warna yang netral supaya bisa terlihat pola lantai estetik dengan warna kontras yang cantik.

Namun pastikan anda tidak hanya fokus pada pola lantai yang terbentuk dari ubin lantai persegi saja, namun sebaiknya susun keramik segitiga sehingga akan terlihat seperti garis panjang dengan warna selang seling untuk tampilan yang lebih estetik.

  1. Pola Lantai Persegi Bergaya Tradisional

Pola Lantai Persegi Bergaya TradisionalPola lantai persegi nantinya akan terlihat jauh lebih estetik ketika ditambahkan dengan bingkai berwarna lebih terang seperti pada gambar diatas. Anda bisa meniru inspirasi ini dengan pola yang serasi dengan hunian bergaya tradisional.

Hampir serupa dengan bingka foto, potongan kayu tua berbentuk segiempat yang dikelilingi dengan kayu muda berbentuk segi panjang dengan kotak kecil berwarna coklat tua pada titik pertemuan garis bingkai nantinya akan memberikan tampilan tradisional pada hunian anda.

  1. Pola Lantai Bunga

Pola Lantai BungaPola lantai berikutnya yang bisa anda aplikasikan adalah pola lantai berbentuk bunga yang cukup rumit sebab dibuat memakai potongan keramik kecil dan harus disusun satu per satu.

Tampilan pola lantai ini akan terlihat sangat estetik layaknya karya seni lantai keramik mozaik. Untuk bagian latar lantai, anda bisa memakai material teraso yang sangat cocok diterapkan di area kamar mandi, teras atau dapur sebagai landasan gaya ruangan.

  1. Pola Lantai Geometrik

Pola Lantai GeometrikUntuk memberikan kesan yang artistik modern pada rumah, keramik lantai dengan motif geometrik ini sangat tepat digunakan. Untuk menghadirkan kesan geometrik yang artistik, anda bisa pakai keramik lantai dengan geometrik langsung atau memakai keramik lantai dengan bentuk geometrik seperti persegi enam, persegi delapan dan juga jajargenjang.

Susunan pola lantai ini akan membuat lantai rumah anda terlihat anti mainstream yang cocok untuk hunian bergaya modern, minimalis serta industrial.

  1. Pola Lantai Mozaik

Pola Lantai MozaikPola lantai mozaik ini termasuk motif keramik lantai klasik yang cocok digunakan kapan saja. Pada awalnya, pola lantai mozaik hadir dengan motif kotak kotak kecil dengan warna abstrak. Namun seiring berkembangnya zaman, anda kini bisa membeli berbagai keramik motif mozaik yang bervariasi supaya bisa terlihat lebih menarik.

Anda bisa memilih mozaik berbentuk gambar tertentu atau lantai keramik mozaik dengan ukuran tiles serta warna yang lebih kontras. Keramik mozaik ini biasanya dipakai untuk eksterior rumah dan juga kamar mandi karena bisa memberikan efek yang kasar dan tidak lixin ketika terkena air.

  1. Pola Lantai Monokrom

Pola Lantai MonokromJika anda bosan menggunakan satu warna pada lantai, maka anda bisa mengkombinasikan keramik lantai berwarna solid hitam putih atau monokromatik. Anda bisa menata keramik lantai ini memakai pola papan catur atau framing dengan hitam di bagian luar dan putih untuk bagian tengah.

Untuk pola lantai monokrom, maka pastikan anda juga memilih lampu yang sesuai agar bisa menonjolkan pola monokrom pada lantai tersebut. Pola lantai monokrom ini akan terlihat hidup dengan tile kecil warna hitam untuk setiap titik pertemuan keramik lantai warna putih. Apapun jenis penataannya, bebaskan diri anda untuk berkreasi sehingga bisa menampilan pola lantai monokrom terbaik yang biasanya cocok digunakan di kamar mandi.

  1. Pola Lantai Printed

Pola Lantai PrintedDengan kemajuan teknologi pembuatan keramik, kini hadir pola lantai keramik yang sangat cantik yakni printed sehingga anda bisa mengaplikasikan motif sesuai keinginan di atas permukaan lantai keramik rumah anda. Ini mengartikan jika anda bisa menyuguhkan pola modern atau gambar tertentu pada permukaan lantai dari mulai motif geometrik modern sampai floral yang bisa anda wujudkan dengan mudah.

Memakai pola lantai printed ini nantinya akan memudahkan anda untuk memilih dekorasi kreatif seperti menempatkan pajangan dinding, kalografi atau bantal dekorasi aneka warna.

Artikel Terkait


Strategi Jual Properti Sukses Dengan Harga Tinggi dan Cepat Laku

Cara Cerdas Bisnis Properti, Anti Bangkrut!

8 Tips Aman Membeli Rumah Tipe 36, Agar Tidak Menyesal

Inspirasi Rumah Minimalis Jepang yang Menenangkan, Cocok Untuk Hunian Mungil

Kelebihan dan Kekurangan yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memasang Lantai Teraso

10 Cara Memberikan Kesan Luas Pada Rumah Sempit Minimalis

Ingin Menjadi Broker Properti Ketika Krisis? Ini Tipsnya!

7 Taman Rumah Minimalis yang Keren Banget

11 Langkah Penting Dalam Membeli Rumah Untuk Investasi

Perbedaan Rumah Cluster dan Townhouse yang Wajib Dipahami Agar Tidak Menyesal

Lebih Untung Mana, Beli Rumah Inden atau yang Sudah Jadi?

Tembok Rumah Dicoret-Coret Anak? Ini Cara Menghilangkan Noda Coretan Pada Tembok


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.