11 Langkah Penting Dalam Membeli Rumah Untuk Investasi

Bisnis properti sekarang ini terus berkembang mengingat kebutuhan masyarakat yang juga terus meningkat. Peluang inilah yang bisa anda manfaatkan untuk meraup keuntungan seperti salah satunya adalah berinvestasi rumah.

Investasi rumah sendiri bisa memberikan anda dua keuntungan dalam waktu bersamaan yakni pendapatan sewa dan juga capital gain. Akan tetapi, supaya anda bisa mendapatkan dua keuntungan tersebut dengan maksimal, maka ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan ketika menentukan rumah yang akan anda beli.

Berikut ini akan kami jelaskan apa saja langkah yang bisa anda pertimbangkan ketika ingin membeli rumah sebagai investasi.

  1. Pertimbangkan Keuangan Anda

Strategi pertama yang harus anda lakukan ketika ingin membeli rumah untuk investasi adalah mempertimbangkan kondisi keuangan yang anda miliki. Tujuan utama ketika membeli rumah adalah agar keuangan bisa lebih sehat karena aliran penghasilan yang diperoleh dari rumah yang disewakan.

Akan tetapi, anda juga harus mempertimbangkan kondisi keuangan anda karena ini sangat penting pada saat anda ingin membeli rumah. Harga rumah yang ingin anda beli akan menentukan berapa DP minimal yang harus dibayar dan berapa cicilan yang harus dibayar dengan rutin di setiap bulan. Jangan sampai cicilan yang anda keluarkan setiap bulan sampai memberatkan kondisi keuangan anda saat ini. Jumlah cicilan ideal yang bisa anda ambil adalah sekitar 30?ri total penghasilan anda per bulan.

  1. Tentukan Lokasi Rumah yang Ingin Anda Beli

Jika anda memiliki tujuan membeli rumah untuk investasi, maka tentukan lokasi dan juga jenis rumah yang ingin anda beli. Lokasi yang tidak strategis dan tidak baik nantinya hanya akan menyulitkan anda untuk menarik penyewa dan menghambat perkembangan dari rata rata harga properti.

Untuk itu, pertimbangkan faktor fasilitas yang terdapat di sekitar lokasi rumah, sarana transportasi, fasilitas publik dan juga lokasi yang strategis. Jika anda menargetkan wisatawan sebagai penyewa rumah, maka sebaiknya pilih lokasi properti yang dekat dengan banyak tempat wisata. Jika anda menargetkan penyewa dari luar kota, maka pilih lokasi yang dekat dengan pusat bisnis strategis.

  1. Siapkan Modal untuk DP

Jika anda bisa membayar uang muka rumah lebih besar dari minimal pembayaran, maka pinjaman serta jumlah cicilan per bulan juga semakin rendah. Untuk sekarang, nilai minimal uang muka yang harus dibayar untuk sebuah rumah berkisar antara 10 hingga 20?ri harga jual.

Untuk mempersiapkan uang muka, sebaiknya jangan simpan uang di tabungan sebab waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan dana sangat lama dan memakan waktu. Cara terbaik yang bisa anda gunakan adalah berinvestasi pada instrumen investasi yang bisa menawarkan imbalan hasil kompotetitif.

  1. Pertimbangkan Metode Pembiayaan Lain

Dibandingkan meminjam uang di bank untuk membeli rumah, akan lebih baik jika anda meminjam uang dari teman atau keluarga. Pilihan pembiayaan ini tentu memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri yang harus anda pertimbangkan dengan matang.

Keuntungannya adalah anda tidak harus membayar pinjaman dengan beban bunga tinggi. Sementara kerugiannya adalah hubungan anda bisa saja rusak ketika anda tidak bisa membayar hutang tersebut tepat pada waktunya.

  1. Tentukan Biaya Sewa Rumah

Hal yang harus anda pertimbangkan dalam fase ini adalah mulai menentukan berapa biaya sewa yang akan diberikan setiap bulan. Biaya sewa rumah dipatok atas dasar fasilitas apa yang anda berikan pada calon penyewa, lokasi properti dan hal hal lainnya.

Jangan sampai biaya sewa yang anda tetapkan tidak bisa menutup biaya yang harus dikeluarkan untuk properti tersebut. Terapkan juga beberapa aturan untuk penyewa rumah supaya anda bisa meminta mereka untuk tanggung jawab ketika ada aturan yang dilanggar.

  1. Siapkan Asuransi Rumah

Ada tiga cara untuk mengelola risiko ketika berinvestasi rumah yakni menghindari risiko, mengalihkan risiko pada orang lain dan juga meminimalisir risiko. Asuransi menjadi salah satu cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk mengalihkan risiko pada pihak ketiga saat ada masalah dengan properti yang anda punya.

Beberapa risiko yang biasanya terjadi adalah bencana alam seperti tanah longsor dan gempa bumi, kebakaran, banjir dan lain sebagainya. Dengan adanya asuransi, maka akan membuat anda merasa lebih nyaman ketika berbisnis properti karena anda memiiki hak klaim ketika terjadi masalah atau bencana yang tidak diinginkan pada properti yang anda miliki.

  1. Pilih Waktu Membeli Properti yang Tepat

Strategi untuk bisnis properti rumah selanjutnya adalah membeli properti pada waktu yang tepat. Yang dimaksud dengan waktu membeli properti tepat adalah agar anda bisa mendapatkan harga yang lebih rendah.

Pada masa masa tersebut, banyak orang yang membutuhkan uang dalam waktu dekat sehingga biasanya juga akan menjual properti dengan harga lebih murah supaya lebih cepat laku.

  1. Pilih Zona yang Berkembang

Properti yang ada di tengah kota memang sangat strategis dan banyak dicari, namun biasanya juga memiliki harga yang tinggi. Untuk itu, ada baiknya jika anda mulai beralih memilih properti yang ada di pinggir kota.

Jangan pandang sebelah mata tentang properti di pinggir kota dengan harga murah, sebab ini sebenarnya bisa dijadikan investasi yang sangat baik untuk hari ke depan karena nilainya akan bertambah berkali lipat.

Pilih zona pinggir kota yang diprediksi bisa berkembang dengan pesat dan untuk informasinya bisa anda dapatkan lewat internet atau agen agen properti.

  1. Perhatikan Pengembangan di Masa Depan

Sebelum anda membeli properti rumah, ada baiknya ketahui lebih dulu pengembangan wilayah di sekitar properti tersebut untuk masa depan. Tidak menjadi masalah jika sekarang ini properti yang anda akan beli masih memiliki akses sulit. Namun, pastikan untuk 2 hingga 3 tahun ke depan, akan ada progres pembangunan fisik seperti jalan tol, transportasi massal, sarana hiburan seperti mal dan beberapa sarana lain yang bisa meningkatkan harga jual properti di masa depan.

  1. Ikuti Arah Pengembang Bergerak

Setiap pengembang selalu punya target pembangunan dan memiliki alasan kuat yang mendasar pengembangan sebuah daerah. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk terus memperbarui informasi dengan cara mengikuti berita dan informasi terbaru dari para pengembang tersebut.

Sebagai contoh, anda bisa mengikuti pengembang dari akun media sosial milik mereka, media online dan berbagai cara lainnya. Dengan begini, anda bisa mengetahui daerah mana saja yang memiliki potensi nilai investasi di kemudian hari.

  1. Beli Dengan Harga Tinggi, Jual Dengan Harga Lebih Tinggi

Harga sebuah properti khususnya rumah akan selalu naik dari tahun ke tahun. Akan tetapi untuk daerah yang sulit diakses, rawan banjir atau kurang akses transportasi tentu kenaikkannya akan berjalan dengan lambat dan tidak efektif untuk nilai investasi yang anda miliki.

Jika anda senang dengan tantangan dan berani mengambil risiko, maka anda bisa coba membeli properti yang ada di lokasi strategis dengan harga tinggi dan dalam 3 hingga 5 tahun berikutnya, anda bisa menjual rumah tersebut dengan harga yang jauh lebih tinggi lagi.

Artikel Terkait


Perbedaan Rumah Cluster dan Townhouse yang Wajib Dipahami Agar Tidak Menyesal

7 Taman Rumah Minimalis yang Keren Banget

Tembok Rumah Dicoret-Coret Anak? Ini Cara Menghilangkan Noda Coretan Pada Tembok

Cara Cerdas Bisnis Properti, Anti Bangkrut!

Lebih Untung Mana, Beli Rumah Inden atau yang Sudah Jadi?

Strategi Jual Properti Sukses Dengan Harga Tinggi dan Cepat Laku

11 Variasi Pola Lantai Untuk Hunian yang Lebih Estetik

10 Cara Memberikan Kesan Luas Pada Rumah Sempit Minimalis

Inspirasi Rumah Minimalis Jepang yang Menenangkan, Cocok Untuk Hunian Mungil

Kelebihan dan Kekurangan yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memasang Lantai Teraso

8 Tips Aman Membeli Rumah Tipe 36, Agar Tidak Menyesal

Ingin Menjadi Broker Properti Ketika Krisis? Ini Tipsnya!


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.