11 Jenis Ban Mobil Terbaik Untuk Melengkapi Performa Dengan Harga Terjangkau

Ban memang menjadi salah satu komponen terpenting dalam kendaraan bermotor termasuk mobil. Meski jika dilihat sekilas ban terlihat sama, namun material dari masing masing merk dan jenis ban sebenarnya sangat berbeda. Ada ban dengan kontur karet yang empuk dan ada juga dengan kontur karet yang cukup keras.

Jika anda salah ketika memilih ban, maka bukan nyaman yang akan anda rasakan sehingga pemilihan jenis ban mobil memang sangat penting dilakukan. Berikut ini akan kami berikan rekomendasi ban mobil terbaik yang bisa anda pakai pada mobil kesayangan anda.

  1. Bridgestone Turanza T005A

Jenis ban mobil terbaik pertama yang bisa anda gunakan adalah Bridgestone Turanza T005A. Ban ini memiliki daya kedap suara sangat baik dan bisa meningkatkan kenyamanan saat anda berkendara.

Bridgestone Turanza T005A juga memakai teknologi reinforced sidewall yang membuat dinding ban lebih kokoh dibandingkan jenis ban lain. Selain itu, teknologi ini juga akan membuat ban minim getaran dan meningkatkan kenyamanan saat berkendara di jalan berkontur kurang baik.

  1. GT Radial Champiro BXT Pro

GT Radial Champiro BXT Pro adalah salah satuban mobil terbaik yang meski buatan lokal namun memiliki daya cengkeram sangat baik di jalan aspal. Model dan desain ban ini juga sangat menarik sehingga terlihat seperti ban mahal namun dengan harga yang cukup terjangkau.

GT Radial Champiro BXT Pro juga memiliki daya tahan lebih lama jika dibandingkan dengan varian GT Radial lain. Rating kecepatan ban ini berada di hutuf T hingga T dan masalah kenyamanan ban ini juga sangat baik.

  1. Hankook Dynapro M/T

Jika anda pecinta SUV, maka Hankook Dynapro M/T ini menjadi jenis ban yang paling cocok digunakan. Ban dari Korea Selatan ini menjadi salah satu ban dengan ketahanan yang sangat baik.

Jika dilihat dari desain, Hankook Dynapro M/T juga bisa memperindah tampila mobil SUV anda. Sementara untuk ketahanan masa pakai, ban dengan kontur kasar ini juga bisa diandalkan yang memiliki pola tapak ban berbentuk zig zag sehingga bisa memberikan traksi maksimal ketika mobil sedang melaju pada trek bergelombang atau jalan berlumpur.

Handling dan juga stabilitas Hankook Dynapro M/T ini juga sangat baik meski akan menjadi sedikit lebih keras sesudah dipakai lebih dari 3 tahun.

  1. Bridgestone Ecopia EP150

Bridgestone Ecopia EP150 adalah jenis ban yang pas digunakan untuk mobil Low Cost green Car atau LCGC yang diklaim bisa membuat konsumsi bahan bakar mobil lebih irit dan bahkan bisa melaju di jalan bergelombang dan kurang mulus.

Bridgestone Ecopia EP150 terbuat dari material karet yang lebih soft sehingga bisa meningkatkan kenyamanan mobil saat melaju di daerah perkotaan. Ban ini memang diperuntukkan bagi mobil di area perkotaan meski memang daya tahan ban ini tidak memiliki patoka tersendiri.

Untuk awet dan ketahanan ban akan tergantung dari pemakaian mobil sehingga perawatan ban secara rutin bisa membuat ban ini lebih awet.

  1. Dunlop SP300

Dunlop SP300 adalah ban mobil original yang didesaindan diproduksi secara khusus oleh Dnlop. Ban ini sangat tepat bagi anda pengguna beberapa jenis mobil seperti Avanza, Mobilio dan juga Grand Livina. Dunlop SP300 ring 15 ini bisa memberikan kenyamanan saat berkendara dan juga kestabilan ketika anda melaju dengan kecepatan tinggi.

  1. GT Radial Champiro SX2

GT Radial Champiro SX2 adalah band mobil revolusioner yang dirancang khusus dengan bahan berkualitas untuk memberikan ketahanan yang kokoh dan juga daya cengkeram yang stabil. GT Radial Champiro SX2 ini tidak hanya tahan lama, namun akan tetap membuat kendaraan melaju stabil dalam kecepatan kencang termasuk juga pada kondisi jalan yang basah. GT Radial Champiro SX2 ini bisa anda beli dengan harga sekitar 890 ribu.

  1. Achilles ATR Sport 205/55 R16

Jenis ban mobil terbaik lainnya adalah Achilles ATR Sport 205/55 R16 yang tangguh dalam segala macam medan. Ban mobil ini sangat cocok digunakan bagi anda yang senang berpetualang ke berbagai medan menggunakan mobil karena memang didesain tangguh untuk memberikan keamanan dan kenyamanan di segala kondisi jalan, cerah atau hujan dan tidak akan menyebabkan masalah serius yang mengganggu perjalanan. Ulir pada Achilles ATR Sport 205/55 R16 ini didesain secara khusus untuk menyapu air dan juga debu atau pasir dengan sempurna.

  1. Hankook Dynapro HT RH12 225/65

Hankook Dynapro HT RH12 225/65 adalah ban dengan harga sekitar 760 ribu yang sangat berkualitas. Hankook sendiri adalah perusahaan ban Korea yang menempati urutan tujuh perusahaan ban terbesar di dunia. Hankook Dynapro HT RH12 225/65 ini menjadi salah satu produk unggulan Hankook yang dirancang memakai bahan bahan berkualitas serta menyematkan empat alur melingkar yang bisa mencegah ban mobil dari aquaplaning di jalan yang basah sehingga bisa tetap berkendara dengan nyaman.

  1. Falken ZE912 195/50 R16

Falken ZE912 195/50 R16 dengan harga sekitar 700 ribu ini merupakan ban yang tangguh di segala musim. Sebagai produsen untuk mobil dan berbagai alat berat asal jepang, Falken juga terus berinovasi mengembangkan berbagai produk untuk memberikan kepuasan pada para pelanggan.

Salah satu produk unggulan Falken adalah Falken ZE912 195/50 R16 yakni ban yang dirancang agar bisa tetap berfungsi dengan baik di segala macam musim sebab sudah dilengkapi dengan hidrokarbon yang tangguh serta pola asimetris yang kokoh.

  1. Toyo Open Country MT Ban Mobil 275/70 R18

Meskai dibanderol dengan harga yang jauh lebih tinggi dari merk ban lain yakni sekitar 4 juta, namun Toyo Open Country MT Ban Mobil 275/70 R18 adalah ban yang memiliki performa sempurna dan sangat mengagumkan.

Toyo adalah produsen manufaktur ban asal Jepang dan sudah mendistribusikan berbagai produknya ke berbagai negara. Dari begitu banyak produk ban mobil yang sudah diproduksi, Toyo Open Country MT Ban Mobil 275/70 R18 ini menjadi salah satu pilihan ban yang paling direkomendasikan.

Toyo Open Country MT Ban Mobil 275/70 R18 memadukan berbagai bahan berkualitas tinggi dan didesain tapak asimetris yang bisa memberikan performa sempurna serta mengagumkan, stabil, nyaman, aman sekaligus mempunyai kontrol responsif dimana saja, kapan saja dan dalam semua kondisi.

  1. Dunlop ST30

Dunlop ST30 adalah ban yang dibanderol dengan harga sekitar 900 ribu yang juga paling recommended. Ban mobil ini didesain dengan bahan serta rancangan yang berkualitas lewat pola telapak asimetris sehingga bisa meningkatkan kestabilan ketika berkendara bahkan ketika melaju dengan kecepatan tinggi. Hebatnya lagi, Dunlop ST30 ini juga memiliki ring 17 dengan tingkat kebisingan yang bisa dikatakan rendah.

Jika dilihat sekilas, ban mobil memang terlihat sama dan tidak mempunyai perbedaan. Akan tetapi seperti yang sudah dijelaskan di atas, ban mobil juga memiiki varian, tipe dan juga ukuran yang berbeda beda. Anda juga bisa menentukan jenis ban dari gaya berkendara atau tipe jalan yang sering anda lalui serta lama perjalanan.

Untuk perjalanan yang jauh, anda bisa menggunakan ban tebal yang awet dan mempunyai desain ulir khusus supaya bisa tetap menjejak dengan baik meski pada jalan berpasir atau basah.

Artikel Terkait


6 Vespa Matic Termahal di Indonesia, Harganya Ratusan Juta

Cara Ampuh Merawat Mobil Supaya Tidak Sering Masuk Bengkel

13 Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Tahun 2019

Deretan Mobil Bekas Terbaik yang Bisa Anda Beli Dibawah 100 Juta

9 Kriteria Mobil yang Cocok untuk Taxi Online

Catatan Penting yang Harus Diketahui Saat Beli Mobil Lewat Lelang

Pengertian Otomotif: Ruang Lingkup, Cabang Ilmu, Teknik dan Sistemnya

6 Kendaraan yang Lazim Digunakan di Kota London, Inggris

Cara Terbaik Merawat Aki Motor Agar Lebih Awet

10 Rekomendasi Helm Stylish Untuk Perlindungan Saat Berkendara

Sejarah Vespa, Scooter Piaggio yang Tak Lekang Usia


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.