11 Cara Mendapatkan Investor Untuk Memulai Bisnis Startup

Startup adalah bisnis rintisan atau bisnis yang dijalankan sekaligus dibangun dari nol. Ini membutuhkan dari sekedar berani untuk membangun sebuah bisnis dari awal namun juga tentu membutuhkan modal.

Mencari investor untuk meluncurkan startup atau untuk memperluas bisnis memang sangat penting dilakukan. Seberapa pun hebat ide atau produk bisnis, operasi yang sangat efisien dan pertumbuhan perusahaan yang pesat, modal dan juga pengaruh keuangan akan selalu menjadi kebutuhan.

Bahkan, perusahaan besar yang memiliki dana sampai miliaran dolar dan bernilai jutaan dolar juga pernah terlibat dalam penggalangan dana. Berikut ini, kami punya beberapa cara yang bisa membantu perusahaan anda agar bisa dilirik oleh investor modal terbaik dan paling efektif.

  1. Pakai Platform Penggalangan Dana Online

Cara startup pertama yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan investor adalah dengan memakai platform penggalangan dana online. Ini menjadi sangat populer dengan investor individu yang merambah ke dunia online dan terpercaya. Bahkan, bank dan juga investor korporasi juga mencari berbagai cara baru untuk mengucurkan modal mereka.

Biasanya ini dijalankan ivestor dari situs peer to peer [P2P] lending yang memberi penawaran pinjaman bisnis pada portal crowdfunding berbasis pinjaman, donasi dan juga ekuitas.

  1. Hadiri Banyak Acara

Jika anda ingin sukses dalam bisnis dan dalam urusan dana, maka anda harus mendapatkan perhatian oleh investor yangbaik, siapa yang anda kenal dan siapa yang mengenal anda yang semuanya bisa anda lakukan dengan menghadiri banyak acara.

Sebaiknya, cari tahu siapa saja yang menghadiri acara tersebut sebab ini bisa anda jadikan kesempatan emas untuk bertemu dengan para investor aktif, terlibat dalam maraton pencarian dana atau sekedar bergabung untuk menambah jaringan profesional.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial bisa anda jadikan cara startup agar bisa memperoleh traksi sampai menarik perhatian para investor. Media sosial bisa anda jadikan tempat untuk menjangkau berbagai kalangan.

Anda bisa posting secara berkala dengan pembaruan perusahaan atau berkolaborasi menjadi sponsor. Jika anda bisa memperoleh profil sosial dari investor yang tepat, maka mungkin anda hanya perlu satu pesan bagus supaya bisa terhubung dengan investor modal yang dibutuhkan oleh startup anda. Beberapa media sosial yang bisa anda gunakan diantaranya adalah Facebook, Instagram, Twitter dan juga LinkedIn.

  1. Manfaatkan Blog

Blogging juga menjadi cara terbaik untuk mencari investor. Dengan memiliki blog, maka anda bisa menceritakan kisah anda dan mengungkapkan pemikiran pada calon investor yang ingin berinvestasi pada perusahaan anda.

Selain itu, anda juga bisa masuk dan membaca blog milik para investor yang sudah anda jadikan target. Terkadang, mereka akan membaca semua komentar dan tidak jarang juga menanggapi beberapa diantaranya. Tinggalkan komentar bijaksana supaya bisa menarik perhatian dan akhirnya mulai membangun hubungan.

  1. Pakai Email

Email sederhana sudah terbukti efektif untuk menarik perhatian para investor bahkan vice president terkemuka. Bahkan, mereka juga bertanggung jawab pada peluncuran beberapa startup yang sangat penting sehingga anda juga bisa mencoba menggunakan email untuk menarik para investor.

  1. Kompetisi Startup

Program kompetisi startup sangat terkenal sebab terbuka untuk aplikasi atau wirausahawan serius. Jika anda diterima, maka anda bisa mendapatkan dana sementara agar bisa mengembangkan usaha anda atau mungkin juga bisa diperkenalkan pada investor lain, memperoleh saran bisnis dan juga bantuan menyusun putaran penggalangan dana berikutnya.

Sebelum anda mengajukan permohonan atau menerima bantuan, maka pastikan anda sudah paham tentang ketentuan dan mencari kecocokkan. Umumnya, program kompetisi termasuk dalam hari demo mereka. Sangat disarankan untuk melakukan riset ekstensif agar bisa memverifikasi kisah sukses serta rekam jejak dari program kompetisi.

  1. Bagikan Produk Anda

Penggalangan dana dan juga pertumbuhan harus dilakukan dengan strategis jika anda ingin sukses. Akan tetapi, ada banyak pengusaha dan perusahaan rintisan yang tidak fokus untuk menempatkan produk atau layanan mereka supaya bisa terlihat menarik untuk pelanggan, influencer dan juga para investor.

Jika anda bisa mendapatkan pelanggan nyata seperti orang terdekat anda, maka bisa mengurangi tekanan dari berbagai hal. Saat anda bisa melakukannya, maka anda mugnkin bisa mendapatkan investor yang lebih berkualitas.

  1. Berikan Presentasi Margin yang Jelas

Investor berpengalaman di dunia bisnis tidak akan mau asal untuk menginvestasikan dana. Mereka tidak akan langsung menyerahkan dana sehingga anda harus yakni pada visi misi dan juga kesan yang anda berikan.

Buat para investor bisa melihat potensi bisnis anda dari segi keuangan atau finansial dan berapa keuntungan yang bisa didapat dari bisnis yang sedang anda jalankan. Untuk itu, anda harus memperlihatkan angka margin bisnis yang akan dijalani dengan jelas supaya perhitungan juga akan terlihat dan investor bisa mempertimbangkan niat mereka untuk meletakkan dana pada anda.

Ini juga akan semakin memperlihatkan tingkat profesionalitas anda atau bisnis yang sedang dijalankan serta bisa menunjukkan keseriusan anda dalam berbisnis. Ini harus dilakukan karena semua investor memiliki sifat sama yakni mencari bisnis yang awet dalam arti bisnis bisa berjalan dalam waktu panjang serta mempunyai marketplace stabil dan memiliki banyak pelanggan.

Anda tidak perlu menjelaskan panjang lebar namun langsung merujuk pada poin tentang bagaimana potensi bisnis yang sedang anda jalankan agar bisa menjangkau banyak orang dan berapa besar pontesi perkembangan bisnis yang anda jalani.

  1. Tetapkan Kebutuhan Usaha

Sebagai seorang pemilik startup, maka anda harus mengetahui dengan baik apa saja kebutuhan yang diperlukan usaha anda. Dengan begini, anda juga bisa mengetahui jenis investor apa yang dibutuhkan untuk bergabung dengan perusahaan anda.

Tetapkan peran apa yang dibutuhkan seorang investor, apakah sebagai penyedia keuangan, penyedia nasihat atau partner untuk mengembangkan usaha anda. Namun sayangnya, banyak pendiri startup yang masih salah ketika menetapkan kebutuhan usaha yang dimiliki.

Banyak pendiri startup yang terlalu ambisius sehingga yang didapatkan hanya berupa keinginan. Dengan menetapkan kebutuhan, maka secara otomatis anda akan memiliki gambaran investor apa yang tepat untuk bergabung dengan perusahaan anad.

  1. Buktikan Kestabilan Keuangan Bisnis Anda

Sebaiknya, jangan menganggap investor adalah orang utama dalam membiayai usaha anda sebab mereka hanya berperan sebagai penolong dan bukan penyedia utama. Untuk itu, salah besar jika anda menginginkan investor untuk bergabung ketika kas aliran keuangan perusahaan yang anda miliki masih belum stabil atau bahkan sedang menurun.

Ada baiknya, perbaiki lebih dulu kondisi keuangan perusahaan anda dan barulah bisa mengundang investor sebab semua investor tidak akan mau menanam modal meski dalam jumlah kecil pada sebuah perusahaan yang terlihat sakit atau bahkan nyaris bangkrut. Untuk itu, pastikan jika keuangan bisnis startup anda dalam kondisi stabil sehingga anda bisa lebih percaya diri ketika memperlihatkan laporan keuangan cash flow perusahaan yang anda miliki.

  1. Tunjukkan Visi Misi Perusahaan

Tidak hanya menjelaskan konsep, namun investor juga akan menanyakan pertanyaan sederhana namun penting yakni tentang visi dan misi bisnis startup yang anda miliki. Dari sini, calon investor bisa mengetahui apa saja arah tujuan akhir dari perusahaan anda dan juga strategi apa yang ingin anda lakukan supaya tujuan bisa tercapai.

Tetapkan visi dan misi anda dengan hari hati dan pastikan tetap logis. Hindari membuat visi dan misi yang terkesan mengambang sebab calon investor akan berpikir kembali untuk bergabung dengan usaha yang anda jalankan.

Baca Juga

1 Balasan untuk artikel "11 Cara Mendapatkan Investor Untuk Memulai Bisnis Startup"

  • Sandra walker loan
    02 September 2019 18:13
    Halo semuanya Ini adalah PINJAMAN SANDRA WALKER kami memberikan kredit / pinjaman kepada semua klien kami yang terhormat yang telah kehilangan harapan untuk mencapai kemandirian finansial bahkan dengan nilai kredit nol. Anda dapat menjadi dermawan yang baik ketika Anda melalui layanan keuangan yang akan kami berikan kepada Anda. Lupakan kedatangan keuangan singkat yang Anda hadapi dengan fokus kami pada kami dan kami menjamin Anda bahwa tidak ada yang bisa menandingi kehidupan kredit Anda ketika pinjaman Anda telah dicairkan dalam waktu sesingkat mungkin karena semua proses kami sangat fleksibel dan ramah. Silakan hubungi kami segera melalui. email kami: [[email protected]]

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.