10 Makanan Khas Malang Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Malang

Kota malang adalah salah satu kota yang terdapat di provinsi jawa timur. Kota malang berada di dataran tinggi yang berjarak 90 kilometer dari kota Surabaya. Karena kota malang terletak di tempat yang tinggi, maka tidak heran jik akota ini memiliki udara yang sejuk dan nyaman untuk disinggahi.

Kota malang merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Timur setelah kota Surabaya. Kota malang disebut sebagai Kota pelajar atau Kota Bunga. Tidak heran disebut demikian karena di kota malang ini pemandangan alamnya masih asri dan udaranya yang dingin.

Selain itu, di kota malang juga terkenal dengan berbagai destinasi wisata menarik seperti museum angkut, jatim park 1, jatim park 2, dan masih banyak lagi. Tidak hanya tempat wisata, di malang juga banyak wisata alam, wisata religi, wisata edukasi dan yang terakhir adalah wisata kuliner.

Membahas kuliner khas malang, banyak kuliner khas yang wajib kalian coba saat berkunjung ke kota ini. Banyak makanan khas malang yang dijual dengan harga terjangkau, dan yang pasti rasanya tidak akan mengecewakan.

Kota malang memiliki cita rasa tersendiri yang membuat semua masakan khas malang terasa lezat. Untuk itu, berikut merupakan 10 makanan khas malang yang wajib dicoba saat berkunjung ke malang sebagai berikut:

  1. Bakso malang

Seringkali kita melihat pedagang bakso yang memiliki nama bakso malang. Ya, bakso malang memang dikenal memiliki porsi yang komplit dan terkenal enak. Siapa yang tidak kenal makanan satu ini. Makanan ini sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia. Uniknya, bakso malang ini berisi banyak hal seperti siomay goreng, usus goreng, tahu isi, dan bahan pelengkap lain yang membuat bakso malang ini sangat nikmat. Terlebih dikonsumsi langsung di kota ini. Suhu yang dingin mampu menghangatkan tubuh dengan makan bakso malang.

  1. Nasi groeng mawut

Nasi goreng mawut merupakan salah satu makanan khas malang. Mungkin sebagian dari kalian tidak mengenal apa itu nasi groeng mawut. Nasi goreng mawut merupakan nasi goreng yang dilengkapi dengan sayur, mie, sosis dan daging ayam. Terkadang nasi goreng mawut juga ditambahkan dengan ati ampela. Harga yang ditawarkan relative terjangkau mulai dari 10 ribu hingga 20 ribu rupiah saja. Nasi goreng mawut ini sangat cocok dimakan sambil menikmati indahnya pemandangan alam di malang pada malam hari.

  1. Cwie mie malang

Tidak banyak orang yang mengenal makanan khas malang satu ini. Cwie mie malang mungkin terlihat seperti mie ayam biasa. Hanya saja, yang membedakan dari cmie mie malang dengan mie ayam biasa adalah pada daging ayamnya sangat unik karena daging ayamnya sangat empuk seperti abon. Pada mie ayam biasa hanya disajikan dalam mangkuk dengan tambahan pangsit, daging ayam dan daun bawang. Sementara swie mie malang disajikan di atas pangsit goreng yang menyerupai mangkuk. Sudah terbayangkan bagaimana kelezatannya?

  1. Orem orem

Orem orem merupakan salah satu makanan khas malang yang wajib dicoba. Jika dilihat dari segi fiisknya mungkin terlihat seperti ketupat sayur. Hanya saja orem ore mini disajikan dengan irisan tempe goreng dan ayam yang memiliki kuah santan yang kental dan gurih. Rasanya hampir mirip seperti ketupat sayur, opor ataupun sayur lodeh, hanya saja kuahnya lebih kental. Selain dengan tempe goreng, orem orem biasanya juga diberi lauk mendol semacam gorengan terbuat dari bahan tempe yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan bumbu kemudian digoreng. Hmm kebayang kan bagaimana kelezatan makanan khas malang yang satu ini.

  1. Nasi bhuk malang

Nasi bhuk menjadi salah satu makanan khas malang. Nasi bhuk ini bisa dibilang sebagai makanan khas perpaduan antara kuliner malang dengan Madura. Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu kuliner ini  dijual oleh orang Madura yang menetap di kota malang. Nasi bhuk ini terdiri atas nasi yang diberikan sayur tewel atau nangka yang kemudian diberi lauk seperti daging ayam, jeroan, tempe, tahu dan lauk lainnya. Yang membuat lezat makanan ini adalah adanya ‘kara’ yakni semacam kelapa parut yang dibumbui dengan rempah-rempah khusus kemudian di goreng. Satu porsi nasi bhuk biasa dijual sekitar harga 10 ribu hingga 30 ribu rupiah tergantung berapa banyak lauk yang dipilih.

  1. Mendol

Mendol merupakan salah satu makanan khas malang yang dari segi fisiknya sekilas terlihat seperti combro. Namun ternyata mendol ini terbuat dari kedelai yang bercampur dengan tempe. Kemudian makanan ini dicampur dengan berbagai bumbu khas seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, dan bumbu lainnya dan kemudian diaduk menjadi sayu bersama tempe dan kemudian dibentuk menyerupai bulat memanjang seperti combro. Rasanya sangat lezat sehingga kalian yang berkunjung ke malang jangan lupa cicipi makanan khas yang satu ini.

  1. Tahu campur

Tahu campur merupakan salah satu makanan khas malang yang tidak boleh terlewatkan. Tahu campur merupakan salah satu makanan khas malang yang sangat popular. Tahu campur menjadi makanan sehat karena mengandung karbohidrat, protein dan lemak hewani. Biasanya satu porsi tahu campur terdiri atas sayuran seperti selada dan kecambah. Kemudian ditambahkan lontong, lentho yang terbuat dari singkong, tahu, soun, daging sapi, dan tetelan ataupun kikil. Ditambah dengan petis membuat tahu campur ini tampak lezat. Satu porsi tahu campur biasa dihargai mulai 10 ribu hingga 30 ribuan tergantung porsi yang dimakan.

  1. Es durian dempo

Sebagian orang pasti pernah makan es durian. Namun, di kota malang ini tidak hanya terkenal dengan buah apelnya saja melainkan es durian dempo juga sangat dicari wisatawan. Sudah pasti bahwa bahan dasar dari es ini adalah buah durian. Namun tidak hanya itu saja, satu porsi es durian dempo terdiri atas susu kental manis dan ditambahkan sirup dan es serut yang membuat siapapun yang melihatnya tergoda untuk mencicipinya.

  1. Angsle malang

Mungkin sebagian orang tidak mengenal makanan khas malang yang satu ini. Hanya saja jika dilihat dari segi fisik hampir mirip dengan sekuteng. Hanya saja angsle malang berbeda dengan sekuteng. Meski terdiri atas irisan roti, kacang tanah, dan kacang hijau. Namun angsle malang ini ditambah dengan petulo yakni tahu dengan putu mayang, kemudian ditambahkan juga tape singkong, ketan putih kukus dan bubur mutiara. Dari gambarnya saja sudah membuat kita ngiler ya. angsle malang sangat cocok dimakan saat santai atau sebagai makanan penutup.

  1. Rawon

Semua orang mengenal makanan yang satu ini. Ya, namanya adalah rawon. Rawon merupakan salah satu makanan khas kota malang yang bisa kita temui di kota mana saja khususnya di kota Jakarta. Satu porsi rawon terdiri atas sup daging sapi yang disajikan dengan kuah berwarna hitam dan telur asin sehingga memiliki cita rasa yang sangat unik dan menggoda. Kuahnya terasa sangat segar sehingga membuat siapa saja yang mencicipinya akan ketagihan. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi karena rawon ini menjadi salah satu makanan khas malang yang sangat popular.

Itulah 10 makanan khas kota malang yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota malang. Bagaimana? Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk menemukan makanan khas malang saat kalian berkunjung kesana.

Artikel Terkait


Inilah 16 Makanan Khas Daerah yang Populer di Indonesia

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

Varian Donat Unik di Berbagai Negara, Ada yang Berlapis Emas!

Ini Dia Kuliner Legendaris di Bali yg Tidak Boleh Anda Lewatkan

Resep Membuat Kue Kekinian Yang Mudah, Sederhana Dan Enak

Gudeg, Kuliner Khas Jogja Yang Harus Anda Coba

Intip 7 Kuliner Khas Vietnam Ini yang Ternyata Sehat dan Enak

Modal Terpenting yang Harus Disiapkan Untuk Membuka Toko Es Krim

Wisata ke Thailand? Inilah 15 Makanan Nikmat Khas Thailand

7 Snack Jadul Generasi 90an, Yang Ada Hadiahnya!

Jajanan Pasar Khas Bali yang Enak dan Murah


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.