10 Makanan Khas Bali Yang Wajib Kamu Coba Saat Berlibur Ke Bali

Siapa yang tidak kenal dengan pulau Bali. Ya, pulau bali dikenal memiliki keindahan alam yang tidak ada habisnya. Bali memiliki pemandangan alam yang memukau serta pantai dengan nuansa eksotis. Sehingga bali menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Banyak destinasi wisata di bali yang memiliki pemandangan alam memukau. Dimana, di bali ini memiliki pantai yang berpasir putih dan lembut yang membuat siapa saja yang menginjaknya betah berlama-lama di pantai tersebut.

Di bali, banyak wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata edukasi, wisata religi dan yang tidak lupa yakni wisata kuliner. Bali merupakan tempat yang sangat menjunjung tinggi nilai budaya. Sehingga tidak heran jika saat anda berkunjung ke Bali akan banyak anda temukan berbagai upacara keagamaan serta tradisi budaya itu sendiri.

Selain tempat wisata, salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah tempat kuliner. Tentu siapa saja yang berkunjung ke Bali tidak lupa mencicipi berbagai macam kuliner khasnya. Tahukah anda bahwa makanan khas bali memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan karena umumnya masakan bali selalu diracik dengan bumbu rempah-rempah yang kuat dan pedas.

Untuk itu, berikut merupakan 10 makanan khas bali yang wajib dicoba saat berlibur ke Bali.

  1. Ayam betutu

Ayam betutu menjadi makanan khas bali yang popular di kalangan para wisatawan. Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas dan cocok bagi kalian yang suka dengan makanan pedas. Ayam betutu khas bali ini kaya akan rempah-rempah dengan tekstur pedas dan mampu membuat siapa saja yang mencicipinya merasa ketagihan. Uniknya dari makanan ini adalah, bumbu tersebut dimasukkan ke dalam perut ayam kampung dan dagingnya dibungkus dengan daun. Cara memasak ayam betutu yakni dipanggan menggunakan bara api dengan waktu 24 jam. Tidak sia-sia memasak dengan waktu yang lama karena ayam betutu ini bertekstur gurih, lembut dan pedas yang unik. Tidak hanya ayam saja, menu betutu ini juga menyajikan hidangan bebek dengan cara masak yang sama.

  1. Babi guling

Babi guling menjadi salah satu makanan khas bali yang difavoritkan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun perlu diingat bahwa babi guling ini tidak halal. Untuk itu berhati-hatilah saat hendak memilih tempat makan. Babi guling ini memiliki warna kecokelatan yang renyah di lidah. Terlebih dagingnya empuk dan kaya akan rempah-rempah. Sama seperti ayam betutu, bumbu babi guling ini dimasukkan ke dalam perut babi dan diguling di atas bara api.

  1. Sate lilit bali

Sate lilit bali menjadi salah satu makanan khas bali yang berbentuk sate. Uniknya, sate ini tidak ditusuk melainkan dililit. Namun, sebelum dililit dagingnya dicincang halus dan diberikan bumbu bali. Rasa sate lilit akan membuat anda ketagihan karena sate lilit memiliki rasa yang empuk dan gurih. Uniknya daging tidak dililit di kayu melainkan di batang daun serai sehingga anda akan mencium aroma serai yang sedap. Daging yang digunakan biasa berupa daging ayam, babi ataupun daging ikan tenggiri.

  1. Nasi campur khas bali

Nasi campur merukaan makanan khas bali yang sangat popular di kalangan penduduk asli bali karena nasi campur menjadi makanan mereka sehari-hari. Nasi campur ini biasa disajikan dengan lauk seperti sate lilit, suwiran ayam bumbu basa genap, sayur urap, dan lawar ayam. Agar lebih nikmat maka bisa ditambahkan sambal matah atau sambel embe khas bali. Setiap tempat makan yang menyediakan nasi campur memiliki menu yang berbeda-beda.

  1. Lawar kuwir

Lawar kuwir merupakan makanan khas bali yang berbahan dasar sayuran dan daging yang diberikan bumbu khusus khas bali. Pada umumnya lawar kuwir ini diolah menggunakan daging babi dan bebek. Daging akan dicincang dan dicampur dengan potongan sayur kacang panjang dan parutan kelapa. Kemudian disiram dengan bumbu khas bali. Biasanya wisatawan mengkonsumsi lawar kuwir dengan nasi putih hangat.

  1. Serombotan bali

Serombotan ini merupakan salah satu makanan khas bali yang disajikan berupa campuran sayur-sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, terong bulat, pare dan tauge. Serombotan bali diberi bumbu yang disebut dengan kalas. Kalas adalah santan yang berisi campuran kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, kencur dan ketumbar yang dikombinasikan dengan bumbu kacang yang pedas.

  1. Nasi jinggo

Nasi jinggo merupakan makanan khas bali yang mirip seperti nasi kucing. Nasi jinggo ini merupakan makanan khas bali yang murah meriah. Karena satu porsi nasi jinggo anda hanya perlu membayar kurang dari 5 ribu rupiah. Uniknya, nasi jinggo ini dibungkus dengan daun pisang dan dengan sambal yang cukup pedas. Akan tetapi, nasinya tidak begitu banyak kurang lebih sekepal tangan orang dewasa. Banyak varian lauk tersedia di kedai penjual nasi jinggo seperti mie goreng, tempe, ayam suwir, dan lauk lainnya. Satu porsi nasi jinggo tentu tidak akan membuat anda kenyang sehingga anda perlu membeli beberapa bungkus nasi.

  1. Nasi tepeng

Nasi tepeng merupakan makanan khas bali yang disajikan dengan cukup lembek menyerupai bubur. Nasi tepeng ini diracik dengan bumbu rempah-rempah ala bali yang kemudian disiram di atas tepeng sehingga menjadi daya tarik pecinta kuliner. nasi tepeng memiliki cita rasa yang cukup pedas. Ada beberapa lauk yang melengkapi satu porsi nasi tepeng yakni kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, kelapa parut, suwiran ayam goreng, telur dan masih banyak lagi.

  1. Tipat blayag

Tipat blayag merupakan salah satu makanan khas bali yang tidak familiar jika anda melihatnya. Tipat blayag hampir mirip dengan ketupat satur yang disajikan dengan ketupat ataupun lontong. Yang membedakan, Tipat blayag disajikan dengan bumbu yang berasal dari olahan tepung beras dan campuran bumbu bali. Teksturnya begitu kental dan nikmat. Tipat blayag dilengkapi dengan sayur urap, ayam sisit, kerupuk kulit dan kacang kedelai yang menggoyang lidah anda.

  1. Rujak bulung

Masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan rujak. Ya seperti rujak pada umumnya dengan potongan buah-buahan dan sambal atau kuah sambal yang asam dan pedas. Namun, rujak bulung ini disajikan dengan bumbu kuah ikan tuna loh. Unik bukan? Makanan ini mempunyai cita rasa pedas dan segar. Rujak bulung berbahan dasar potongan buah-buahan atau rumput laut yang disajikan dengan kuah pindang. Terdengar aneh namun rasanya tidak aneh justru membuat anda merasa ingin mencobanya lagi. Rujak bulung bisa anda temukan dimana saja disepanjang jalan bali.

Itulah 10 makanan khas bali yang wajib kamu coba saat berlibur ke bali. Semoga dapat menjadi rekomendasi untuk anda sebelum berlibur ke bali. Jika anda berkunjung ke Bali, maka tidak ada salahnya mencoba makanan khas bali seperti yang telah disebutkan diatas. Selamat berlibur!.

Artikel Terkait


Berkunjung Ke Bogor? Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Khas Kota Bogor Berikut Ini

Dessert Paling Enak di Berbagai Negara di Dunia, Wajib Anda Coba!

Kuliner Pisang Kekinian yang Hits, Unik dan Paling Diminati

Cara Mudah Membuat Bolu Kukus Mekar Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Liburan ke Banten? Ini Dia 8 Makanan Khas Banten

7 Snack Jadul Generasi 90an, Yang Ada Hadiahnya!

Wisata ke Bandung? Inilah 15 Makanan Khas Bandung yang Wajib Diketahui

Lezatnya Nasi Kandar Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba!

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

Ini Dia 14 Makanan Khas Papua yang wajib Diketahui

Tips Usaha Kuliner Salad Bar Menjanjikan Sebagai Trend Kekinian

9 Kuliner Khas Korea Selatan yang Paling Digemari di Indonesia


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.