10 Kebiasaan Pagi yang Membuat Anda Lebih Sehat

img source: madeinapinch.com

Tahukah Anda, bahwa kesehatan tubuh Anda dipengaruhi oleh kebiasaan yang Anda lakukan di pagi hari? Jika selama ini Anda terbiasa bangun siang atau bermalas-malasan di pagi hari, sebaiknya Anda segera mengubah kebiasaan itu. Ada banyak hal positif yang bisa Anda lakukan di pagi hari untuk tubuh yang lebih sehat.

Lalu apa saja kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan di pagi hari? Kami sudah merangkum kebiasaan baik itu untuk Anda. Orang yang sehat akan melakukan hal-hal positif berikut ini di pagi hari.

1. Mulai Hari dengan Pikiran Positif

img source: thinkstock via health.detik.com

Pikiran positif adalah sebuah modal yang baik untuk memulai hari Anda. Sambutlah hari dengan rasa optimis, buang segala pikiran negatif dan yakinkan diri Anda bahwa hari ini adalah hari yang baik. Pikiran positif dan rasa optimis sangat bagus untuk membangkitkan semangat. Dengan begitu, sepadat apa pun jadwal Anda hari itu, selama Anda menjalaninya dengan semangat Anda akan merasa segalanya menjadi lebih ringan.

Hentikan kebiasaan mengeluh begitu Anda bangun pagi di hari Senin. Jangan malas memulai hari hanya karena Anda harus menyelesaikan banyak pekerjaan dan hanya karena hari itu adalah hari Senin. Senin boleh jadi menjadi hari yang paling hectic, tetapi jangan sampai Anda menjadi kehilangan semangat dan menjadi tidak bergairah.

2. Minum Air Putih

imge source: vemmedaily.com

Minum air putih saat bangun tidur sangat disarankan, karena Anda harus mengganti cairan tubuh yang hilang. Dengan air putih Anda akan terhindar dari dehidrasi dan metabolisme tubuh Anda akan lebih terjaga. Bila terjadi dehidrasi Anda merasa lemas, kurang bersemangat dan metabolisme menjadi terganggu. Tanda tubuh Anda mengalami dehidrasi atau tidak bisa dilihat dari warna urin. Semakin gelap warna urin Anda itu artinya semakin rendah tingkat hidrasi tubuh Anda. Maka dari itu jangan pernah melewatkan kebiasaan minum air putih di pagi hari.    

3. Olahraga

img source: hollyegare via lifestyle.okezone.com

Olahraga baik untuk tubuh. Seperti yang sudah banyak diketahui, olahraga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Cobalah melakukan pemanasan atau gerakan ringan setelah bangun tidur. Olahraga akan membantu memperlancar peredaran darah Anda dan pemanasan atau pelemasan otot yang cukup akan membantu Anda untuk menghindari cedera. Selain itu, Anda memiliki energi untuk memulai hari dan badan menjadi lebih segar. Jika Anda sudah memiliki cukup energi dan badan yang segar, Anda pun akan lebih bersemangat untuk menjalani hari yang berat sekalipun.

4. Meditasi

img source: joss.co.id via google

Meditasi juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Meditasi membantu Anda untuk lebih tenang, fokus dan meningkatkan konsentrasi. Jadi saat bangun pagi, sempatkanlah diri Anda untuk duduk sejenak dan bermeditasi. Jika Anda rutin melakukannya setiap pagi akan membantu mengurangi stres, mengontrol rasa cemas dan membuat Anda lebih bersemangat menjalani hari. Meditasi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit. Jadi yang penting bukan hanya fisik yang sehat, tetapi juga pikiran yang sehat.

Manfaat lain dari meditasi yang akan membantu Anda dalam menjalani aktivitas adalah membantu daya ingat dan meningkatkan kualitas tidur Anda. Mungkin Anda pernah mengalami susah tidur atau kelelahan setelah pulang bekerja yang mempengaruhi mental Anda. Dengan meditasi, Anda akan tidur lebih cepat dan nyenyak. Daripada mengkonsumsi obat tidur, akan lebih baik Anda melakukan meditasi yang lebih aman dan memiliki banyak manfaat lain.

5. Sarapan Bergizi

img source: pexels.com

Sarapan adalah waktu makan yang penting karena Anda akan mendapatkan asupan energi untuk beraktivitas. Sebaiknya sarapanlah dengan makanan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan karena akan membantu membersihkan racun pada sistem pencernaan Anda dan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat sepanjang hari, Anda bisa mencoba sarapan dengan biji-bijian karena akan membuat Anda kenyang lebih lama. Jadi jangan pernah melewatkan waktu sarapan.

6. Menghindari Mengecek HP

img source: pexels.com

Mungkin sebagian dari kita tanpa sadar memiliki kebiasaan mengecek ponsel begitu bangun tidur. Saat bangun pagi, jangan terburu-buru mencari ponsel. Dibanding langsung mengecek ponsel, Anda bisa melakukan hal lain yang lebih sehat seperti olahraga, meditasi atau berbincang santai dengan pasangan Anda. Mengawali hari dengan hal yang lebih sehat akan memberikan lebih banyak manfaat untuk tubuh Anda.

Beri jeda sejenak bagi pikiran Anda untuk tenang dan fokus agar memulai hari dengan positif, dan jangan biarkan pikiran Anda terdistraksi oleh hal-hal yang muncul di media sosial dulu. Jika Anda sudah telanjur sibuk dengan ponsel, Anda akan keasyikan dan melupakan hal lain yang lebih penting.

7. Membaca Buku

img source: pexels.com

Membaca buku di pagi hari juga memiliki manfaat. Dibanding sibuk dengan gadget, Anda bisa mengganti kebiasaan itu dengan membaca buku atau koran di pagi hari. Aktivitas membaca bisa menjadi pemanasan untuk otak Anda sebelum melakukan pekerjaan atau kegiatan yang lebih serius. Mulai sekarang, buatlah list buku-buku yang ingin Anda baca dan sekiranya memberi manfaat untuk Anda. Setidaknya Anda akan memiliki lebih banyak wawasan dengan membaca buku.

8. Mendengarkan Musik

img source: rawpixel via pexels.com

Mendengarkan musik akan membuat Anda lebih rileks. Sembari melakukan aktivitas lain di pagi hari seperti olahraga atau memasak, Anda bisa menyetel musik favorit untuk mengiringi kegiatan Anda. Anda bisa memilih musik upbeat untuk membangkitkan semangat sekaligus menyegarkan otak Anda, atau musik easy listening yang lebih santai untuk membantu Anda melepaskan ketegangan dan lebih rileks.

9. Menulis Daftar Kegiatan

img source: negative space via pexels.com

Jika Anda termasuk orang yang memiliki banyak kegiatan dalam sehari, biasakan menulis daftar kegiatan yang akan Anda lakukan hari itu. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih disiplin dan membuat kegiatan Anda menjadi lebih teratur. Anda bisa mengecek daftar kegiatan atau daftar hal penting yang harus Anda lakukan sewaktu-waktu agar tidak ada yang terlewatkan. Menulis daftar kegiatan juga membuat Anda lebih kreatif karena secara tidak langsung melatih kemampuan Anda dalam hal manajemen waktu.

10. Mengkonsumsi Vitamin

img source: pixabay via pexels.com

Vitamin akan membantu Anda untuk tetap bugar sepanjang hari, terlebih untuk Anda yang sehari-hari melakukan aktivitas padat. Selain mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan yang kaya akan vitamin, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung omega 3, B12 atau vitamin E. Vitamin ini tidak hanya bermanfaat untuk menambah energi, tetapi juga untuk menyehatkan kulit dan rambut, serta membuat Anda lebih bersemangat. Jadi tidak ada salahnya melengkapi kebutuhan nutrisi Anda dengan mengkonsumsi suplemen vitamin.

Itulah kebiasaan-kebiasaan yang akan membuat tubuh Anda lebih sehat jika rutin dilakukan setiap pagi. Apakah Anda sudah melakukan kebiasaan tersebut? Jika belum, mulailah kebiasaan baik ini untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Awali dengan hal yang paling sederhana yang bisa Anda lakukan.

Tubuh dan pikiran yang sehat akan memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Badan menjadi lebih segar, Anda merasa lebih bersemangat dan pikiran menjadi lebih fokus. Dengan begitu, seberat apa pun hari yang akan Anda jalani, Anda akan melaluinya dengan lebih ringan. Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas apa yang sudah Anda dapat hari ini.

Artikel Terkait


Brain Food, Makanan untuk Kecerdasan Otak Anda

Ini Dia 11 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Daftar Makanan Pemicu Asam Lambung, Sebaiknya Hindari Agar Maag Tidak Kambuh

Ini Dia 7 Tips Untuk Mencegah dan Mengusir Nyamuk

Ini Dia Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat dan Aman

15 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Tubuh Anda

10 Aturan Diet Sehat Ibu Menyusui Yang Aman Dan Benar

Tanaman Obat Keluarga, Obat Alami untuk Keluarga di Rumah

Inilah 10 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Konsumsi Makanan Ini untuk Kesehatan Hati Anda

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

7 Cara Mudah Dan Alami Ini Ternyata Dapat Mengencangkan Kelopak Mata Atas


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.