10 Hal yang Dicari Investor Agar Mau Berinvestasi Kepada Anda

Dalam membangun bisnis baru atau dibutuhkan keseriusan dari pengusaha mulai dari tahap perencanaan dan pendanaan usaha. Selain itu, tentu untuk mensukseskan bisnis dibutuhkan dana yang cukup untuk membangun dan mengembangkan bisnis Anda. Semakin banyak investor yang dapat dipikat, maka semakin banyak pula bantuan finansial atau keuangan yang Anda peroleh. Dengan begitu, Anda memiliki kepastian sumber pendanaan guna membangun dan mengembangkan bisnis startup.

Mencari investor untuk tambahan modal usaha adalah hal yang biasa dilakukan oleh para pengusaha. Dengan memiliki dana tambahan dari para investor, perusahaan akan memiliki keluasan untuk melakukan sebuah ekspansi bisnis. Karena semakin bisnis berkembang, se

Bicara soal menarik investor bukan perkara yang mudah. Perlu trik tersendiri, agar si penanam modal merasa yakin bahwa uang yang digelontorkannya akan bertumbuh di perusahaan yang tepat. Tidak mungkin kan, mereka menaruh modal di perusahaan yang tidak memiliki prospek. Namanya investor, yang memiliki uang, pasti memiliki pertimbangan sebelum berinvestasi atau menjalin kerja sama. Namun buat mereka pendiri startup, jangan takut. Kalau Anda bisa meyakinkan calon investor, maka uang akan mudah mengalir ke dompet perusahaan.

Biasanya kebanyakan orang mencari pinjaman di bank yang tentunya banyak syarat yang harus disiapkan, namun hal ini bisa digantikan dengan peran investor yang menyuntikkan dana sesuai dengan kebutuhan dan nantinya hasil bisa dibagi bersama sesuai dengan kesepakatan. Sebelum itu, tentunya Anda harus bisa menarik hati investor untuk berinvestasi di perusahaan Anda. Adapun beberapa hal yang bisa membuat investor tertarik agar mau berinvestasi kepada Anda.

  1. Bentuklah Tim Kerja

Membangun tim kerja terbaik ditambah dengan produk yang luar biasa adalah cara untuk membangun bisnis yang baik. Hal tersebut adalah kunci utama jika ingin bisnis startup Anda dilirik oleh para investor. Yang lebih penting lagi adalah bagaimana membuat investor dapat percaya pada tim kerja untuk mensukseskan bisnis Anda. Dengan pilihan partner kerja yang baik dan tim kerja yang kompak akan memiliki dasar bisnis yang kedepannya akan sukses, Anda juga dapat membentuk sebuah tim impian yang kemungkinan besar akan dilirik para investor.

  1. Ketahui dan Pelajari Investor

Pastikan Anda tidak salah untuk menargetkan investor. Dengan mempelajari tentang investor yang sedang diincar, sangatlah penting karena akan menentukan kelanjutan bisnis Anda kedepannya. Pelajari para investor yang akan Anda tuju. Lalu, selanjutnya Anda bicarakan dengan investor kalau perusahaan Anda telah siap untuk bisa mendapatkan dana yang lebih besar.

  1. Yakinkan bahwa Bisnis yang Dijalankan Punya Nilai Jual

Dalam hal ini jangan cuma berbicara dengan satu investor. Sebab kesempatan yang bisa Anda dapatkan sangat luas. Galilah lebih dalam mengenai investor lain karena masih ada banyak peluang yang bisa Anda dapatkan. Tapi, perlu diketahui bahwa pemain baru haruslah mencari Investor yang sesuai dengan usaha yang telah dikembangkan sebelumnya.

  1. Prototype produk yang menarik

Buat Prototype yang Anda buat dengan semenarik mungkin dari sisi tampilan dan penjelasan tentunya akan menarik hati investor bahkan termasuk juga konsumen. Prototype yang dibuat dengan penjelasan yang jelas juga akan membuat investor tertarik untuk terjun ke bisnis Anda dan menerima ide bisnis Anda. Prototype bisa dibuat dalam bentuk berbagai macam seperti video atau gambar dengan desain yang jelas dan menarik. Jika Anda tidak memiliki keahlian untuk membuat tampilan prototype yang menarik, mintalah bantuan orang yang ahli untuk membantu Anda membuat Prototype.

  1. Test Produk Ke Konsumen

Faktor yang penting bagi pengusaha baru yakni mempresentasikan ide bisnis di depan investor adalah test produk tersebut. Jika produk belum ditest, tentunya investor belum terlalu yakin dengan produk yang Anda jual nantinya. Dengan adanya test ini, maka Anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan produk yang Anda jual sebelum dipersentasikan ke investor. Selain itu, test ini merupakan bentuk dukungan dari prototype yang sudah Anda buat sehingga Anda berani menawarkan kepada investor bahwa produk yang akan Anda jual layak untuk dipasarkan.

  1. Pendukung Bisnis Lainnya Dari Prototype

Pendukung bisnis merupakan sarana agar bisnis Anda tetap berjalan dengan baik. Ini salah satu fitur yang Anda gunakan untuk mendukung jalannya prototype yang sudah Anda buat sebelumnya. Sebagai contoh, jika Anda bergerak pada penjualan barang, maka Anda bisa membuat pendukung bisnis ini berupa toko online atau ikut ke e-commerce. Buktikan bahwa toko online Anda sudah berjalan dengan baik dan sudah memiliki pelanggan. Layaknya konsumen yang suka dengan produk yang sudah jelas, investor lebih suka pada usaha yang sudah jalan ketimbang masih dalam bentuk ide.

  1. Monetisasi Bisnis Anda

Monetisasi bisa dikatakan cara yang dilakukan untuk membuat bisnis Anda menghasilkan pendapatan yang besar. Jika daya tarik konsumen terhadap produk Anda sudah bagus, monetisasi mungkin tidak lagi diperlukan. Tapi, cobalah memonetisasi bisnis Anda sehingga investor akan memiliki minat yang lebih tinggi lagi untuk berinvestasi pada usaha Anda. Investor akan melihat bagaimana Anda mengelola dan mengembangkan bisnis tersebut sehingga mereka akan percaya untuk mendanai usaha Anda.

  1. Pengembangan

Anda yang sudah memiliki pendapatan dari produk, maka langkah selanjutnya adalah  buatlah alasan yang akan memaksa investor untuk mendanai pengembangan bisnis tersebut. Pengembangan disini bisa dimaknai berbagai hal dari mulai dari pengembangan jumlah produk, peralatan, sampai dengan penambahan jumlah toko.

  1. Buat Produk Memiliki Daya Tarik

Sebelum berbicara panjang lebar di depan investor, buatlah daya tarik produk Anda dengan mempersentasikan keunikan produk Anda yang berbeda dengan kompetitor yang lain. Iklan bisa menjadi daya tarik dengan iklan gratis atau berbayar. Maksimalkan berbagai media online gratis untuk membuat iklan produk Anda.

  1. Pitching

Gaya bahasa Anda yang meyakinkan investor bahwa produk Anda memang layak untuk dipasarkan dan dikembangkan dengan cara Anda mempresentasikan materi yang membuat Anda terlihat bertanggungjawab penuh dan menguasai bisnis tersebut, disinilah pentingnya sebuah pitching maka investor akan dengan mudah mempercayai Anda serta yakin kepada Anda bahwa produk Anda memang menguntungkan.

Perlu diingat, calon investor mampu membaca dan melihat keseriusan Anda dalam membangun perusahaan. Buatlah mereka kagum dan yakin akan rencana dan prospek bisnis Anda dalam jangka panjang. Jika Anda bisa menunjukkan itu, maka dijamin banyak investor yang terpikat di bisnis startup Anda. Bisa jadi mereka akan berinvestasi atau menaruh dana dalam jumlah besar di perusahaan Anda.

Dalam proses perjalanan usaha, Anda pasti akan senang ketika mengalami peningkatan usaha. Namun, untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha, Anda membutuhkan modal tambahan untuk berbagai keperluan seperti pemasaran, kantor atau gudang inventaris baru, renovasi, rekrut karyawan baru, dan sebagainya. Mencari investor untuk tambahan modal usaha adalah hal yang biasa dilakukan oleh para pengusaha. Dengan memiliki dana tambahan dari para investor, perusahaan akan memiliki keluasan untuk melakukan sebuah ekspansi bisnis. Karena semakin bisnis berkembang, semakin besar pula biaya operasional yang dibutuhkan.

Demikian 10 Hal yang Dicari Investor Agar Mau Berinvestasi Kepada Anda. Tentu bagi Anda yang ingin membangun bisnis baru, 10 hal tersebut harus Anda lakukan demi meyakinkan investor untuk mendanai bisnis yang nantinya akan bersama-sama Anda jalankan. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.