10 Cara Memberikan Kesan Luas Pada Rumah Sempit Minimalis

Cara memberikan kesan luas pada rumah sempit minimalis, ini adalah teknik yang seringkali mengundang decak kagum. Pertanyaan kekaguman seperti “kok bisa?” selalu saja terlontar.

Bagaimana bisa ada sebuah rumah yang ukurannya kecil, barang-barangnya banyak, tapi tetap saja terkesan luas rumahnya. Padahal kalau di rumah sendiri, bisa bikin kumuh dan pengap kalau kebanyakan barang.

Kelemahan terbesar dari rumah yang kecil, sempit dan minimalis memang adalah perihal kapasitas ruangnya yang terbatas. Maka dari itu, pemiliknya harus cerdas dalam mengatur tata-letak dan isi benda-benda.

Sebenarnya rahasia apa yang dimiliki dalam desain dan dekorasi rumah sempit, sehingga ia tampak sangat luas? Inilah trik dan tips yang dibagikan berdasarkan riset dan pengalaman pribadi banyak orang:

img souce: moneymarketing.co.uk

1. Gunakan Teknik Menyekat

Inilah seni di balik desain interior yang bisa dibilang paling kuno. Rahasia di balik cara memberikan kesan luas pada rumah sempit minimalis ternyata adalah dengan membuat sekat-sekat di lokasi tertentu.

Penyekatan dilakukan untuk membatasi ruangan yang tidak ada batas pemisahnya yang jelas. Misalnya antara dapur dengan ruang keluarga. Atau antara ruang keluarga dengan ruang tamu.

Sekat ini bisa dengan membeli sekat lipat dari rotan. Maupun justru dengan meletakkan sebuah furniture atau hiasan seperti bunga artificial dalam guci. Pokoknya berilah penanda batas untuk tempat yang berbeda fungsinya.

2. Cobalah Teknik Menepi

Cara memberikan kesan luas pada rumah sempit minimalis selanjutnya adalah dengan memakai teknik menepi. Ini merupakan trik desain interior rumah minimalis agar nantinya barang-barang furniture diletakkan dengan mengikut alur tembok.

Jadi harus ditata dengan cara menepi pada dinding. Trik ini cocok untuk memberikan kesan luas pada ruang tengah (ruang keluarga). Namun benda-benda perabotan yang dipinggirkan ke tembok, jangan sampai menempel sekali, ya! Beri sedikit gap untuk mencegah penumpukan debu.

3. Terapkan Teknik Menyudut

Hampir mirip cara memberikan kesan luas pada rumah sempit minimalis dengan poin yang nomor 2. Jika sudah menepikan barang-barang, maka saatnya menyudutkan barang-barang. Tapi trik ini jangan terlalu disengaja secara kaku.

Jadi harus pandai memilih furniture apa yang paling pas diletakkan di pojok dinding. Misalnya penggunaan kursi sudut juga sangat tepat untuk ini. Atau meletakkan guci berisi bunga-bungaan dapat memberikan kesan fresh.

4. Hanya Masukkan Barang yang Vital Fungsinya

Ini jangan sampai terlupakan bahwa untuk cara memberikan kesan luas pada rumah sempit minimalis sangat dibutuhkan kebijaksanaan dan kerelaan untuk hanya menggunakan barang yang vital fungsinya.

Jangan dibiasakan untuk membeli perabotan yang tidak berguna karena ini hanya akan memenuhi tempat saja. Penerapan bijak ada pada kamar misalnya. Biasanya ukuran kamar di rumah minimalis hanyalah maksimal 4 meter panjang atau lebarnya. Maka bisa gunakan model dipan tingkat, jika memang kamarnya digunakan untuk 2 anak.

5. Singkirkan Benda-Benda yang Sudah Rusak atau Jelek

Tidak ada keindahan tanpa sebuah dedikasi membeli barang bagus. Mengupdate perlengkapan rumah tangga memang bisa dibilang hanya mampu dilakukan oleh mereka yang memiliki anggaran untuk ini.

Tapi setidaknya, jika pun belum sanggup beli meuble baru, maka eliminasi saja barang-barang lama yang sudah rusak, jelek, rayapan atau rapuh. Ini memang cara memberikan kesan luas pada rumah sempit minimalis yang sangat jitu. Pada akhirnya nanti, rumah akan terlihat lebih terawat dan bersih pula.

6. Jaga Kebersihan Dinding dan Gunakan Warna Cat yang Bersih dan Terang

Cleany & shiny, itulah 2 prinsip yang harusnya dimiliki oleh sebuah rumah yang minimalis. Gunakanlah warna cat tembok yang bisa memadukan dua unsur tersebut untuk menciptakan kesan segar, luas dan fresh.

Cara memberikan kesan luas pada rumah sempit minimalis tidak hanya terlihat dari lantainya saja memang. Tapi juga dindingnya yang bersih dan bercahaya. Apalagi kalau dindingnya juga didekor dengan baik.

7. Memberi Tirai pada Ruang Tamu

Hal yang sangat sepele, tapi kerap dilupakan para pemilik rumah minimalis. Cobalah untuk selalu memberikan sekat berupa tirai antara ruang tamu dengan ruang tengah. Ini bilamana kedua ruangannya memang tersambung tanpa sekat.

Fungsinya adalah untuk menjaga privacy sekaligus memberikan kesan luas pada sang tamu. Sebab sang tamu hanya akan melihat kondisi ruang tamunya saja. Sekalipun nantinya sang tamu akan masuk ke dalam untuk melihat-lihat, maka akan jadi surprise tentang bagaimana penataan ruangan lainnya. Ya, surprise di balik tirai.

8. Selalu Memiliki Ruang Keluarga Sesempit Apapun

Ruang keluarga adalah sebuah ruangan di titik tengah rumah. Biasanya dibuat paling luas karena fungsinya untuk duduk-duduk santai dengan seluruh anggota keluarga. Memiliki ruang keluarga yang luas bukan urusan gampang untuk rumah yang sempit.

Tapi cara memberikan kesan luas pada rumah sempit minimalis ini bisa dipraktekkan. Jadi sebanyak apapun kebutuhan akan ruangan, sisakan untuk ruang keluarga. Sekecil apapun, berikanlah. Tandai ruang keluarga ini dengan menaroh televisi dan sofa misalnya.

9. Manfaatkan Rak-Rak Dinding untuk Menggantikan Lemari Konvensional

Tidak banyak yang menyadari bahwa penggunaan rak dinding sangat membantu memberikan kesan luas dan rapi. Cara memberikan kesan luas pada rumah sempit minimalis ini dapat diterapkan dari sekarang juga.

Cobalah tengok lemari yang berisi barang-barang kecil belaka, misalnya koleksi gelas atau merchandise. Daripada dimasukkan dalam buffet, cobalah saja taroh di rak dinding. Bila belum punya raknya, tengok saja olshop sudah banyak yang menjual.

10. Memasang Kanopi di Halaman Depan dan Belakang Rumah

Cara memberikan kesan luas pada rumah sempit minimalis dimulai dari eksterior rumah. Jadi pada dasarnya, kesan luas juga dapat dimulai dengan mendekor dengan baik sisi depan dan belakang rumah.

Halaman depan rumah minimalis, apalagi kalau di perumahan paling lebar hanyalah 5 meter. Ini pun jarang, karena biasanya hanya sisa 3 meteran saja. Mau diapakan dengan sisa ruang segini?

Tidak usah bingung-bingung, segera saja telpon tukang kanopi. Mintalah mereka memasang kanopi yang maksimal hingga batas gerbang rumah. Mungkin setelah itu bisa membuat terkejut karena ternyata cara ini sangat ampuh.

Nah, dari 10 cara di atas, manakah yang sudah pernah Anda praktekkan? Jika belum ada, cobalah untuk mengombinasikan beberapa cara sekaligus. Untuk memperoleh rumah kecil, sempit, minimalis idaman.

Tidak akan pernah lahir sebuah rumah yang bagus dan nyaman tanpa adanya usaha sejak hari ini. Maka tidak ada kata terlambat untuk memulai desain dan dekorasi rumah minimalis sekarang juga. Karena sempit tidaknya sebuah rumah tergantung dari watak dan kebiasaan penghuninya. Walaupun sempit, kalau pandai menata, maka bisa jadi bagus dan luas.

Pun dengan rumah yang luas, kalau penghuninya malas dan suka menimbun benda. Maka akan jadi seperti gudang belaka yang pengap dan kumuh. Untuk itu, jangan ragu menerapkan berbagai cara memberikan kesan luas pada rumah sempit minimalis ini.

Artikel Terkait


7 Taman Rumah Minimalis yang Keren Banget

11 Langkah Penting Dalam Membeli Rumah Untuk Investasi

Ingin Menjadi Broker Properti Ketika Krisis? Ini Tipsnya!

Perbedaan Rumah Cluster dan Townhouse yang Wajib Dipahami Agar Tidak Menyesal

11 Variasi Pola Lantai Untuk Hunian yang Lebih Estetik

Strategi Jual Properti Sukses Dengan Harga Tinggi dan Cepat Laku

Tembok Rumah Dicoret-Coret Anak? Ini Cara Menghilangkan Noda Coretan Pada Tembok

Kelebihan dan Kekurangan yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memasang Lantai Teraso

8 Tips Aman Membeli Rumah Tipe 36, Agar Tidak Menyesal

Inspirasi Rumah Minimalis Jepang yang Menenangkan, Cocok Untuk Hunian Mungil

Cara Cerdas Bisnis Properti, Anti Bangkrut!

Lebih Untung Mana, Beli Rumah Inden atau yang Sudah Jadi?


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.